Beredar Video Serpihan Pesawat Lion Air JT 610 di Perairan Karawang

Tak hanya video, beredar pula foto-foto yang menunjukkan serpihan puing-puing pesawat Lion Air JT 610.

oleh Camelia diperbarui 29 Okt 2018, 11:30 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2018, 11:30 WIB
Pesawat Lion Air terparkir di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang. Meski berulang kali diguncang gempa, penerbangan menuju Lombok masih berjalan normal.
Tercatat, penerbangan pada Minggu, 19 Agustus 2018 hingga hari ini, 20 Agustus 2018, masih berjalan normal.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Lion Air rute penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang dengan nomor penerbangan  JT 610 dipastikan jatuh setelah dilaporkan hilang kontak. Pesawat ini jatuh di area Mike, lapangan minyak lepas pantai blok ONWJ milik Pertamina milik di laut utara Bekasi.  

Pesawat tipe B737-8 Max milik operator Lion Air yang terbang dari Bandar Udara Soekarno Hatta Banten menuju Bandar Udara Depati Amir di Pangkal Pinang dilaporkan telah hilang kontak pada 29 Oktober 2018, sekitar pukul 06.33 WIB.

Dalam keterangan tertulis yang diterima dari Basarnas, ada saksi atas nama Suyadi yang mengaku melihat pesawat Lion Air jatuh di sekitar Tanjung Karawang. Saat ini pihak SAR Jakarta sedang bergerak ke lokasi koordinat kejadian untuk melakukan operasi SAR.

"Posisinya di 1 nautical mile dari posisi lost contact. Setelah kita sampai di lokasi, kita menemukan puing, pelampung, HP, ada potongan-potongan," ujar Kepala Basarnas M Syauqi di Jakarta, Senin (29/10/2018).

Hal ini semakin diperkuat oleh Kepala  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho yang juga menyampaikan adanya indikasi serpihan pesawat Lion Air tersebut di perairan Karawang. Melalui akun twitter pribadinya, Sutopo mengunggah sebuah video yang menunjukkan beberapa kapal tug boad yang tengah melalukan evakuasi.

Serpihan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang. Beberapa kapal tug boad membantu menangani evakuasi. Video diambil petugas tug boad yang ada di perairan Karawang” tulis Sutopo pada keterangan video berdurasi 45 detik itu.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Puing-puing pesawat

Pesawat Lion Air
Ilustrasi Pesawat Lion Air (ROSLAN RAHMAN / AFP)

Tak hanya video, Sutopo juga mengunggah beberapa foto yang menunjukkan puing-puing pesawat dan beberapa barang pribadi penumpang seperti ponsel dan dompet.

Dalam foto tersebut terlihat petugas Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) di lepas pantai di utara Bekasi tengah melakukan evakuasi dan mengambil dokumentasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya