Unik Banget, Sekolah Ini Terapkan Tes Menyetrika Bagi Calon Siswa

Penerapan tes menyetrika ini dinilai unik karena biasanya sekolah mengadakan ujian berbasis pelajaran sekolah.

oleh Loudia Mahartika diperbarui 01 Feb 2019, 10:30 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2019, 10:30 WIB
Tes Menyetrika
Tes Menyetrika (sumber: worldofbuzz)

Liputan6.com, Jakarta Sekolah adalah merupakan sebuah kewajiban yang harus dilalui oleh anak-anak. Dengan bersekolah anak-anak akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan dasar untuk masa depannya. Selain itu sekolah juga berfungsi sebagai wadah untuk mengembangkan bakat anak.

Untuk mengetahui minat dan bakat yang dimiliki oleh anak-anak, di beberapa sekolah terdapat tes bagi calon siswa baru yang akan bersekolah. Wajarnya, tesnya adalah tentang membaca atau menghitung.

Namun, ada juga sekolah yang menggunakan tes unik. Seperti sekolah berikut ini yang menerapkan tes menyetrika bagi calon siswanya.


Sekolah terapkan tes Menyetrika

Salah satu sekolah menengah di Lahad Datu, Sabah, Malaysia menerapkan calon siswanya untuk mengikuti tes menyetrika. Tes menyetrika ini merupakan bagian dari proses wawancara sebelum terpilih di sekolah tersebut.

Berita ini viral setelah satu orang mempostingnya di Twitter pada Senin, 10 Desember 2018 lalu. Tweet ini mendapatkan 7000 retweet dan 5000 like. Ia menuliskan “Tidak pernah ada sekolah yang memasukkan tes menyetrika sebagai bagian dari wawancara untuk masuk sekolah,” tulisnya di Twitter seperti dikutip dari Worldofbuzz, Jumat (1/2/2019).

Tes Menyetrika
Tes Menyetrika (sumber: worldofbuzz)

Dinilai bertujuan positif

Salah satu alumni siswa sekolah tersebut, Hasif yang sekarang menimba ilmu di Universits Outra Malaysia, mengatakan bahwa ia tidak melalui tes tersebut karena memang belum diterapkan. Ia juga menambahkan bahwa skill ini penting karena menyetrika adalah hal yang dilakukan sehari-hari.

Tes Menyetrika
Tes Menyetrika (sumber: worldofbuzz)

“Bagi saya, itu adalah hal kecil yang memberikan perubahan. Sangat penting bagi anak sekolah untuk mengenakan baju yang rapi ke sekolah.” Ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya