Ini Lho Manfaat Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental

Di masa pandemi seperti sekarang ini, ada banyak manfaat menulis jurnal bagi kesehatan mental

oleh Liputan6dotcom diperbarui 15 Feb 2021, 16:02 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2021, 16:02 WIB
Ini Lho Manfaat Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental
Doc: Istimewa

Liputan6.com, Jakarta Rutin menulis jurnal bukan hanya bermanfaat untuk menata hidup dan rencana kalian jadi lebih baik, lebih dari itu aktivitas tersebut bisa jadi terapi mengurangi stres dan menjaga kesehatan mental kalian, lho. Terlebih selama masa pandemi ini, sebagian besar orang memiliki sangat rentan mengalami stres dan kecemasan.

Melansir dari artikel berjudul The Benefit of Journaling for Stress Management yang dimuat di Verywellmind.com, aktivitas mengisi jurnal adalah metode yang cukup efektif dalam mengelola stress. Adapun, cara menulis jurnal yang baik adalah dengan menuliskan perasaan dan pikiran kalian secara rinci.

Menulis jurnal tentunya akan melatih kita untuk jujur pada diri sendiri. Bersikap jujur pada diri sendiri adalah cara untuk kita lebih mengenal pribadi dengan lebih baik. Dengan terapi tersebut kalian bisa mengidentifikasi dan mengontrol emosi negatif. 


Menulis kreatif bawa perubahan kesehatan mental

Ini Lho Manfaat Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental
Doc: Istimewa

Tinjauan lebih rinci mengenai hal ini pernah ditulis di sebuah jurnal ilmiah berjudul Emotional and physical health benefits of expressive writing yang ditulis oleh Karen A. Baikie dan Kay Wilhelm. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa praktik yang disebut “expressive writing” atau dalam istilah kita menulis kreatif dapat membawa pada perubahan mental dan manfaat kesehatan pikiran.

Penelitian tersebut pun menemukan bahwa menulis jurnal secara ekspresif bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi sistem kekebalan. Dan orang-orang yang rajin menulis jurnal  lebih sedikit melakukan kunjungan atau periksa ke dokter.

Selain itu, sebuah tinjauan dari peneliti di University of Minnesota menyebutkan dapat membantu kalian untuk lebih fokus pada bidang-bidang kehidupan yang sedang dijalani. Penelitian itu pun menunjukan bahwa orang yang rutin menulis jurnal, bisa lebih bersyukur atas apa yang telah diraih.  

 


Menulis Jurnal di Media yang Tepat

Ini Lho Manfaat Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental
Doc: Istimewa

Banyak sekali ternyata manfaat dari menulis jurnal. Selain bisa menjadi terapi stress kalian, kegiatan ini pun kini telah menjadi gaya hidup baru. Menjadi hal yang lebih menyenangkan. Ditambah kalau kalian menuliskannya pada media yang tepat.

Kini banyak produk buku catatan harian atau jurnal yang keren. Salah satunya adalah produk dari Paperielab. Produsen jurnal yang satu ini memiliki sejumlah produk jurnal yang disesuaikan dengan kebutuhan kalain lho. Mulai dari buku catatan mingguan, wedding planner, dan juga Gratitude Journal.

Kekhasan produk Paperielab terletak pada desainnya yang minimalis. Memadukan warna-warna pastel yang kalem membuat aktivitas menulis jurnal menjadi hal yang menyenangkan. Selain itu, produk Paperielab pun sangat collectable.

 


Jurnal keren Paperielab

Ini Lho Manfaat Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental
Doc: Istimewa

Salah satu produk favorit Paperielab adalah Gratitude Journal. Produk yang satu ini sangat cocok bagi kalian yang terbiasa mencatat hal-hal positif yang didapatkan dari refleksi kalian setiap harinya. Produk tersebut dilengkapi dengan quotes motivasi dan halaman daily gratitude, yang dikemas secara interaktif. Gratitude Journal ini juga sangat cocok untuk kado.

Nah, yang penasaran dengan produk-produk Paperielab kunjungi aja Instagramnya @paperielab. Atau kalian bisa langsung mengunjungi website Paperielab.com

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya