5 Alasan Memiliki Kaki yang Kuat, Kunci Otak yang Sehat

Tak disangka, memiliki kaki yang kuat ternyata berhubungan dengan otak yang sehat

oleh Sulung Lahitani diperbarui 05 Apr 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 05 Apr 2021, 18:00 WIB
lari
ilustrasi lari/Photo by Nathan Cowley from Pexels

Liputan6.com, Jakarta - Lari adalah salah satu olahraga paling populer di seluruh dunia. Dan masalah berat badan biasanya menjadi alasan utama orang mempraktikkannya.

Namun, olahraga ini sebenarnya memberikan bonus besar lainnya. Siapa sangka, latihan yang melibatkan kaki ternyata memiliki efek yang besar pada kesehatan otak Anda.

Berikut beberapa alasannya seperti dilansir dari Brightside.me:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


1. Memperlambat penuaan otak

Ilustrasi otak
Ilustrasi tentang otak dan kecerdasan. (Sumber Pixabay)

Sebuah penelitian yang dilakukan di King's College London menemukan bahwa memiliki kaki yang kuat dapat memperlambat penuaan pada otak. Para ilmuwan melacak kesehatan lebih dari 150 pasang saudara kembar perempuan berusia antara 43 dan 73 tahun.

Dan hasilnya menunjukkan bahwa saudara kembar yang memiliki kaki lebih kuat pada awal penelitian memiliki lebih sedikit perubahan otak yang terkait dengan penuaan, yang diukur setelah 10 tahun.

Ini dijelaskan oleh fakta bahwa olahraga yang ditujukan khusus pada kaki melepaskan bahan kimia dalam tubuh yang dapat meningkatkan otak lansia.

 


2. Meningkatkan sel-sel sehat

Ilustrasi
Ilustrasi lari virtual. (dok. pexels/Andrea Piacquadio)

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidak dapat menggunakan kaki mereka secara aktif, seperti pasien rumah sakit yang terbaring di tempat tidur atau bahkan astronot dalam perjalanan yang lama, telah mengubah zat kimia tubuh mereka.

Sebaliknya, saat kita menggunakan kaki, terutama dalam latihan menahan beban, sinyal dikirim ke otak yang sangat penting untuk produksi sel saraf yang sehat.

 


3. Meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

jalan kaki
Ilustrasi Jalan Kaki. (Sumber: Pixabay)

Studi ini juga mengungkapkan bahwa ketika tubuh mengalami kesulitan memproduksi sel saraf baru karena aktivitas kaki yang buruk, hal tersebut dapat berdampak pada sistem saraf kita. Itu karena sel-sel ini sangat penting bagi kita untuk menangani stres dan beradaptasi dengan tantangan dalam hidup kita.

Jadi berolahraga yang cukup bisa memberikan efek yang sangat positif pada seluruh tubuh kita.

 


4. Itu bagus untuk memori dan pembelajaran

ilustrasi jalan kaki
Photo by Daniel Reche from Pexels

Studi lain yang dilakukan di University of British Columbia mengatakan bahwa latihan aerobik secara teratur dapat meningkatkan ukuran hipokampus, area otak yang terlibat dalam memori dan pembelajaran verbal. Jadi, aktivitas seperti lari, bersepeda, dan jalan cepat sangat dianjurkan untuk segala usia.

 


5. Itu mempengaruhi metabolisme

[Bintang] Usai Jalan Kaki Sejauh 32 Km karena Mobil Mogok, Pria Ini dapat Hadiah Mengejutkan dari Sang Bos
Mobil mogok di hari pertama kerja, pria ini memutuskan untuk jalan kaki sejauh 32 km. Si bos pun langsung memberikan hadiah yang tak terduga. (Ilustrasi: Pexels.com)

Juga, dengan mengurangi olahraga kita, kita menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh kita. Yang, seperti yang dikatakan para peneliti, mengubah metabolisme kita dan memengaruhi gen yang bertanggung jawab untuk melepaskan energi yang kemudian dapat digunakan tubuh.

Itulah mengapa menggunakan kaki sangat penting untuk kesehatan kita.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya