Tak Banyak yang Tahu, 10 Benda Ini Ternyata Miliki Masa Kedaluwarsa - Part 2

Berikut deretan benda sehari-hari yang memiliki kedaluwarsa.

oleh Camelia diperbarui 28 Okt 2021, 10:05 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2021, 10:05 WIB
Ilustrasi bantal (Pixabay)
Ilustrasi bantal (Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak yang menyadari bahwa ada begitu banyak benda sehari-hari yang rupanya memiliki masa kedaluwarsa. Ya, Anda seharusnya tau bahwa sandal, bantal, handuk dan masih banyak lagi benda lainnya memiliki masa pakai. 

Benda-benda itu memiliki masa kedaluwarsa yang berbeda-beda. Ada yang harus diganti setiap 6 bulan sekali bahkan ada yang sampai 2 tahun. Dilansir dari Brightside, berikut deretan benda sehari-hari yang memiliki kedaluwarsa. 

6. Ganti bantal Anda setiap 2-3 tahun

 

Mengubah Posisi Tidur
Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay

Bantal kita gunakan setiap hari saat tidur. Seiring waktu, bantal menyerap minyak tubuh, kotoran, sel kulit mati, dan tungau debu, serta berbagai noda. Itu mengpa bantal bisa menjadi tempat berlindung bagi bakteri dan alergen.

Ingatlah untuk membersihkan dan mengeringkan bantal Anda setiap satu atau dua bulan dan mencucinya dengan deterjen lembut setiap 6 bulan. Idealnya Anda mengganti bantal setiap 1-2 tahun sekali.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


7. Sendok kayu bertahan 1 tahun

[Bintang] Dibuat dari Kayu, 10 Sendok Ini Bikin Kamu Dekat dengan Alam
Daun. (Via: mymodernmet.com)

Sendok dan peralatan makan kayu mudah mengalami retakan kecil dari waktu ke waktu. Bahkan jika Anda membersihkannya dengan rajin, kemungkinan besar, celah-celah di dalamnya adalah tempat berkembang biaknya bakteri.

Cara yang baik untuk memeriksanya adalah dengan merendam sendok dan sendok kayu Anda dalam air mendidih. Jika airnya berbau atau terlihat tidak enak, saatnya untuk menggantinya.


8. Sepatu lari memiliki jarak tempuh maksimal

Pakai Sepatu Berbau Busuk, Penumpang Bus Ini Ditangkap Polisi
Ilustrasi kaus kaki (pixabay.com)

Sebagian besar perusahaan sepatu lari mengatakan bahwa sepatu lari harus diganti setiap 450-550 mil. Artinya jika Anda berlari 5 mil sehari, Anda harus menggantinya dalam 90-110 hari.

Tentu saja, jika Anda jarang menggunakan sepatu lari, atau lebih menyukai latihan olahraga daripada berlari di aspal atau tanah, sepatu itu bisa bertahan lebih lama. Umumnya, saat sepatu mulai terasa tidak nyaman atau menyebabkan kaki sakit merupakan indikator bahwa sudah waktunya untuk membeli yang baru.


9. Sisir rambut harus diganti setelah 6 bulan

Menyebabkan Timbulnya Jerawat dan Perontokan Pada Rambut
Ilustrasi Rambut Rontok Credit: pexels.com/pixabay

Saat Anda menyisir rambut, sel-sel mati dan residu produk dipindahkan ke sikat rambut. Seiring waktu, ini menumpuk dan membuat sikat rambut menjadi tidak bersih. Membersihkan rambut setelah setiap kali digunakan dan mencuci sikat rambut seminggu sekali dapat memperpanjang umurnya. Namun meskipun demikian, menggantinya setiap 6 bulan sekali adalah ide yang baik untuk menjaga kulit kepala dan rambut Anda dalam kondisi terbaik.


10. Spons tubuh dan loofah perlu digunakan setelah 1-2 bulan

Ilustrasi Mandi
Ilustrasi mandi (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Lingkungan kamar mandi yang hangat, basah, dan lembab merupakan tempat yang ideal bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Loofah atau spons mandi pun rentan terhadap bakteri. Jadi para ahli merekomendasikan agar loofah alami diganti setiap bulan atau lebih, sedangkan loofah sintetis bisa bertahan hingga 2 bulan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya