10 OST Drama Korea yang Wajib Masuk Playlist

Selain alur cerita yang menarik dan sulit di tebak, drama korea juga terkenal dengan original soundtrack (OST).

oleh Ine Vania Putri diperbarui 15 Okt 2022, 08:06 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2022, 08:06 WIB
Drakor Bulan September (sumber : Soompi)
Kumpulan Drama Korea yang tayang bulan September (sumber:Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Selain alur cerita yang menarik dan sulit ditebak, drama Korea juga terkenal dengan original soundtrack (OST). OST drama Korea terbaik selalu berhasil membuat penonton ikut terhanyut ke dalam kisah yang dibawakan di dalam drama. Maka dari itu, kehadiran OST dalam sebuah drama menjadi hal yang penting.

OST yang dibuat untuk drama korea ini eksklusif untuk masing-masing serial agar sesuai dengan alur cerita yang dibawakan. Dengan lagu yang tepat dan nuansa yang beragam, cerita yang dibawakan akan terasa semakin nyata. kamu akan diajak sedih, semangat dan bahkan sampai senyum-senyum sendiri ketika menonton drama Korea dengan OST yang tepat.

Terlebih lagi, OST drama Korea juga biasnya dibawakan oleh penyanyi populer dan grup idol terkenal K-pop, hal itu menjadikan OST pun semakin menarik dan kian popular di kalangan pecinta K-pop.  

Beberapa OST dari drama Korea juga menjadi hits dan cocok untuk didengarkan berkali-kali, sehingga membuat drama tersebut menjadi populer.  Beberapa OST bahkan masuk dalam berbagai ajang penghargaan dengan kategori OST terbaik.

Melansir buzzfeed, Jum’at (14/10/2022), berikut adalah 10 OST yang wajib masuk playlist kamu!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Christmas Tree - V BTS (Our Beloved Summer)

Our Beloved Summer. (SBS via Soompi)
Our Beloved Summer. (SBS via Soompi)

Siapa yang tidak suka lagu ini? Lagu ini seperti pelukan hangat di malam musim dingin yang dingin. Christmas Tree yang diyanyikan oleh V BTS ini merupakan salah satu OST drama Our Beloved Summer.

Lagu ini sebagian besar berbahasa Inggris dan beberapa bagian dalam bahasa Korea, tentu ini membuatnya lebih istimewa bagi penggemar berbahasa Inggris dan Korea. Lagu ini juga sangat cocok dengan kisah di dalam drama yang membahas tema persahabatan dan cinta yang damai.

Poster Hospital Playlist Season 2. (tvN via Soompi)
Poster Hospital Playlist Season 2. (tvN via Soompi)

Introduce Me to a Good Person - Joy Red Velvet (Hospital Playlist)

Lagu ini dibawakan Joy Red Velvet untuk OST drama Hospital Playlist. Lagu ini merupakan remake dari sebuah lagu yang awalnya dirilis oleh Basis pada tahun 1996, namun Joy tak ada masalah dalam penyampaiannya dengan melodi yang upbeat dan vokal Joy yang luar biasa.

Joy dapat diandalkan untuk membawakan lagu yang menyenangkan dan ceria. Faktanya, lagu ini menjadi sangat populer hingga menduduki posisi 5 di Billboard K-pop 100.

Twenty Five Twenty One
[Foto: Instagram tvn_drama]

Stardust Love Song - Jihyo Twice (Twenty Five, Twenty One)

Stardust Love Song yang dinyanyikan Jihyo Twice ini merupakan OST dari drama Twenty Five, Twenty One yang berlatar tahun 1990-an ketika dua pemuda berlari menuju impian mereka di tengah krisis keuangan dan menemukan cinta pertama mereka di sepanjang jalan.

Lagu yang lambat namun kuat ini adalah gambaran sekilas tentang jangkauan vokalnya yang penuh perasaan. Lagu ini adalah representasi yang sempurna tentang bagaimana rasanya cinta pertama.


Good Person - Haechan NCT (PLY FRIENDS)

Good Person By Haechan From NCT
Good Person By Haechan From NCT (credit: naver.com)

Good Person awalnya dinyanyikan oleh Toy pada tahun 2001, dan pada dasarnya lagu ini menceritakan kisah cinta bertepuk sebelah tangan. Haechan NCT me-remake lagu ini untuk drama PLY FRIENDS: Seo Yeon University Class of 22, Sekaligus menjadi debut perdananya sebagai pengisi OST drama. Dengan nada yang catchy dan vokal Haechan yang cerah, cocok merepresentasikan kebahagia tentang kenyataan memilukan dari cinta pertama.

Twenty Five Twenty One. (Netflix)
Twenty Five Twenty One. (Netflix)

With - Bona WJSN, Kim Tae Ri, Nam Joo Hyuk, dan Choi Hyun Wook (Twenty Five, Twenty One)

Secara teknis, lagu ini tidak hanya dinyanyikan oleh idol K-pop, namun juga menampilkan aktor yaitu Kim Tae Ri, Nam Joo Hyuk, and Choi Hyun Wook. Lagu ini memiliki instrumental yang berfokus pada piano dengan lirik yang penuh harapan.

Tidak diragukan lagi bahwa Bona WJSN luar biasa dengan gaya nyanyiannya yang manis merangkum lirik yang membangkitkan semangat dengan sempurna. Aktor lain juga layak mendapat pengakuan dengan berbagai rentang vokal dan nada unik mereka semua menyatu menciptakan harmoni yang sempurna.

Our Blues. (tvN via Soompi)
Our Blues. (tvN via Soompi)

Once Again - Winter dan NingNing Aespa (Our Blues)

Once Again yang dinyanyikan oleh Winter and NingNing Aespa ini menjadi salah satu OST drama Our Blues. Lagu ini ni menjadi debut bagi Winter dan Ningning Aespa melantunkan OST drama sejak awal karier mereka di panggung musik.

Lagu Once Again merupakan lagu bergenre pop soulful, piano organik, serta dentuman drum. Dengan lirik yang membangkitkan semangat dan vokal sejernih kristal, ini adalah lagu yang bagus untuk ditambahkan ke daftar putar belajar Anda atau didengarkan saat jalan-jalan.


Stay with Me - Chanyeol EXO and Punch

Lee Dong Wook, Malaikat Maut di ‘Goblin’ yang Perankan Dokter Gigi di ‘Strangers from Hell’
Drama yang meraih kesuksesan dengan rating tinggi ini juga dibintangi oleh para aktor dan aktris ternama lainnya seperti Gong Yoo, Kim Go Eun, dan idol-actor Yook Sung Jae BTOB. (Liputan6.com/IG/@leedongwook_official)

Chanyeol dan Punch menjadi perpaduan yang tidak salah. Punch dikenal luas sebagai ratu OST drama korea, ia memiliki lebih dari 20 lagu dalam diskografi soundtracknya sejak tahun 2014.

Rap Chanyeol memberikan pukulan yang kuat, sementara suara penuh perasaan Punch memberikan nada sentimental. Tidak heran jika produser Goblin memilih OST ini, lagu ini dengan sempurna merangkum perasaan rindu dan cinta.

 

Kisah Cinta Masa Muda, Deretan Potret Yeong-joo dan Hyeon dalam Our Blues
Kisah Cinta Masa Muda, Deretan Potret Yeong-joo dan Hyeon dalam Our Blues (Instagram.com/Tvn_drama)

With You - Jimin BTS dan Ha Sung Woon (Our Blues)

With You yang dinyanyikan Jimin BTS merupakan OST untuk drama Our Blues. Lagu ini merupakan OST drama korea  pertamanya. Lagu ini menjadi spesial karena bekerja sama dengan Ha Sung Woon, mantan anggota Wanna One dan veteran OST berpengalaman.

Lagu ini lambat, namun penuh gairah, dengan kedua penyanyi menyanyikan nada tinggi dengan mudah. Bagian terbaik lagu ini adalah saat kedua penyanyi berpadu, menciptakan melodi yang indah.

Kisah Cinta Masa Muda, Deretan Potret Yeong-joo dan Hyeon dalam Our Blues
Kisah Cinta Masa Muda, Deretan Potret Yeong-joo dan Hyeon dalam Our Blues (Instagram.com/Tvn_drama)

By My Side - Taeyeon (Our Blues)

Lirik lagu ini sangat memilukan, Vokal tak terkalahkan Taeyeon yang dipersembahkan untuk OST drama Our Blues membuatnya terdengar begitu penuh harapan. Dengan instrumen gitar yang tenang, ini adalah lagu yang sempurna untuk bersantai di pantai saat musim panas.


Give You My Heart - IU (Crash Landing On You)

IU
Crash Landing on You antar IU raih Perfect All Kill di chart musik. (Twitter)

Dari lirik yang luar biasa hingga vokal IU yang luar biasa, sulit untuk tidak jatuh cinta dengan lagu ini.  Lagu ini Ini merupakan salah satu OST drama Crash Landing On You yang populer. Sejak pertama kali dirilis, dalam hitungan jam lagu ini langsung menempati posisi puncak sejumlah tangga musik, seperti Melon, Genie, Bugs dan Soribada, termasuk berada di Top 5 tangga musik Flo.

[Bintang] Infografis Goblin
Drama Korea Goblin memiliki deretan soundtrack yang sangat digemari. (Desain: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya