Cara Mengatasi Insecure dan Pentingnya Membangun Kepercayaan Diri

Merasa insecure tentang diri sendiri sepanjang waktu dapat berdampak buruk pada setiap aspek kehidupan Anda, mulai dari kesehatan fisik hingga kinerja Anda dalam pekerjaan.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 18 Okt 2022, 14:52 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2022, 14:01 WIB
Ilustrasi percaya diri, tertawa, bahagia
Ilustrasi percaya diri, tertawa, bahagia. (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Menjadi hal yang normal jika sesekali Anda merasa tidak percaya diri dan tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar. Tetapi merasa insecure tentang diri sendiri sepanjang waktu dapat berdampak buruk pada setiap aspek kehidupan Anda, mulai dari kesehatan fisik, kesejahteraan emosional hingga kinerja Anda dalam pekerjaan.

Melansir Very Well Mind, insecure adalah perasaan tidak mampu yang lahir dari kurangnya rasa percaya diri. Hal ini dapat menyebabkan Anda meragukan kemampuan, naluri, dan hubungan Anda, sehingga membuat Anda sulit untuk percaya pada diri sendiri dan mempercayai orang lain.

Insecure bisa menjadi emosi yang menyakitkan dan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental serta hubungan Anda. Rasa insecure biasanya muncul akibat kritikan negatif yang membuat Anda merasa tak mampu dan tidak percaya diri sehingga membentuk pengalaman yang menyakitkan yang melukai self-esteem.

Sementara itu, self-esteem atau harga diri adalah penilaian yang dimiliki seseorang tentang dirinya sendiri. Saat seseorang memiliki self-esteem yang baik, ia cenderung memiliki pikiran yang baik tentang diri sendiri dan kehidupannya secara umum dan lebih mampu menjalani kehidupan yang naik-turun.

Self-esteem yang rendah dapat berarti kondisi saat seseorang cenderung melihat diri sendiri dan kehidupannya dengan pandangan negatif dan mungkin juga merasa tidak percaya diri untuk menghadapi tantangan hidup.

Memiliki perasaan tidak cukup baik juga dapat sangat berbahaya dalam hubungan romantis dengan pasangan dengan membuat Anda lebih rentan terhadap perasaan cemas dan cemburu. Tidak hanya dapat mempengaruhi Anda, Penelitian menunjukkan bahwa self-esteem atau harga diri yang rendah dapat memengaruhi kepuasan hubungan Anda dan pasangan.

Semua orang berurusan dengan rasa insecure pada tingkat tertentu, tetapi jika dibiarkan, itu dapat berdampak besar pada kehidupan Anda sehari-hari. Kabar baiknya adalah ada cara untuk berhenti insecure dan membangun self-esteem.

Membangun self-esteem tidak selalu mudah, meskipun itu tidak akan terjadi dalam semalam, dengan strategi dan pola pikir yang tepat, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengubah cara Anda merasa tentang diri sendiri. Melansir healthline, Selasa (18/10/2022) berikut adalah cara berhenti insecure dan membangun self-esteem. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tegaskan Nilai Diri Sendiri

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Gian Cescon.

Catat semua yang Anda lakukan dengan benar. Kemungkinannya adalah, pemikiran Anda tentang diri Anda tidak memperhitungkan ratusan keputusan mikro positif yang kita buat setiap hari.

Mengingat bagaimana Anda membantu tetangga Anda dengan belanjaan mereka atau membantu atasan Anda selama pertemuan penting dan hal positif lainya, dapat membantu Anda fokus pada kontribusi dan kelebihan Anda daripada kekurangan Anda.

Perhatikan Kebutuhan Terlebih Dahulu

Jika Anda selalu memperhatikan kebutuhan orang lain dan melupakan kebutuhan Anda sendiri, itu berarti Anda tidak cukup menghargai diri sendiri. Menambahkan lebih banyak perawatan diri ke rutinitas harian Anda dapat membantu Anda melawan pikiran negatif dan membangun self-esteem. Berikut adalah beberapa cara agar Anda dapat menunjukkan cinta pada diri sendiri:

  • Rawat tubuh Anda dengan pijat atau facial
  • Lakukan olahraga favorit Anda setidaknya 30 menit setiap hari
  • Istirahat dari ponsel Anda atau lakukan detoks media sosial
  • Manjakan diri Anda dengan makanan bergizi
  • Latih belas kasih diri dengan berbicara dengan baik pada diri sendiri
  • Bahkan hanya memastikan Anda makan secara teratur dan memprioritaskan tidur dapat meningkatkan harga diri Anda

Tantang Pikiran Negatif

Mengubah Hujatan Menjadi Tantangan
Ilustrasi Berpikir Positif Credit: pexels.com/pixabay

Sangat mudah untuk keras pada diri sendiri setelah tersandung atau membuat kesalahan. Tetapi menyalahkan diri sendiri karena Anda tidak dapat melakukan suatu hal dengan baik akan membuat Anda terjebak dalam lingkaran negatif rasa malu dan membenci diri sendiri. Cobalah berlatih melawan pikiran negatif Anda saat muncul dengan:

  • Maafkan diri Anda dan pahami bahwa ini adalah contoh terisolasi yang tidak mendefinisikan pribadi Anda.
  • Tuliskan pikiran negatif Anda sehingga Anda dapat mundur dan mengamatinya.
  • Pertimbangkan apa yang telah Anda pelajari dari pengalaman dan kembali fokus pada hal positif. Bagaimana hal ini mengajarkan Anda untuk menciptakan hasil yang lebih baik di masa depan.

Renungkan Hal yang Baik

Rayakan kesuksesan Anda dan bicaralah pada diri sendiri ketika Anda mendapatkan kemenangan besar di tempat kerja atau dimanapun. Bangga dengan apa yang Anda lakukan, bahkan jika pada awalnya terasa canggung, namun hal itu dapat memiliki efek yang kuat pada self-esteem Anda. Simpan hal tersebut sebagai pengingat untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda sepanjang hari dengan:

  • Menyimpan pujian yang diberikan orang kepada Anda di desktop atau aplikasi catatan Anda
  • Tuliskan semua pencapaian Anda untuk meninjaunya saat Anda merasa insecure
  • Luangkan beberapa menit setiap hari untuk membuat daftar tiga hal yang Anda hargai tentang diri Anda sendiri

Habiskan Waktu Bersama Orang-Orang yang Mencintai Anda

Ilustrasi Kerja Sama, Berkumpul
Ilustrasi kerja sama, berkumpul (Photo by Ali Yahya on Unsplash)

Tidak ada yang lebih baik daripada mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang penuh kasih dan suportif untuk membangun kepercayaan diri dan membuat Anda merasa diterima apa adanya.

Buat rencana untuk mengatur lebih banyak tanggal kumpul-kumpul dengan orang terdekat dan tersayang Anda. Melihat diri Anda melalui mata orang-orang yang peduli dengan Anda akan membantu Anda menghargai kualitas dan perspektif unik diri sendiri.

Menjauh dari Situasi yang Menyusahkan

Pikirkan tentang saat-saat Anda merasa sangat insecure. Bersama siapa saja dan apa yang kamu lakukan? Memperhatikan orang-orang dan situasi yang menurunkan self-esteem Anda dapat membantu Anda menentukan apa yang harus anda hindari.

Jika Anda mengelilingi diri Anda dengan apa yang disebut "teman" atau seseorang yang terbiasa menunjukkan kekurangan Anda, itu adalah tanda yang jelas bahwa anda harus menemukan teman atau seseorang yang lebih baik.

Rangkullah Rasa Canggung

Akan ada saat-saat ketika Anda merasa canggung akan suatu momen dalam hidup yang membuat malu atau minder. Namun, itu hanya bagian dari kehidupan. Menerima fakta tersebut dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dengan diri sendiri. Lain kali Anda merasa malu atau minder, cobalah untuk santai dan menertawakannya.

 


Lakukan Hal-Hal yang Membuatmu Bahagia

Ilustrasi bebas, kehidupan, bahagia, semangat
Ilustrasi bebas, kehidupan, bahagia, semangat. (Photo by Becca Tapert on Unsplash)

Prioritaskan menghabiskan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang memberi Anda kegembiraan dan kebahagiaan, apakah itu meringkuk dengan buku atau memasak makanan enak dari awal.

Lebih baik lagi, pertimbangkan untuk mempelajari keterampilan baru atau melakukan hobi yang selalu ingin Anda coba. Selain membuat Anda bahagia, menguasai keterampilan baru adalah pengingat yang baik tentang bakat dan minat Anda.

Fokus pada Langkah Kecil

Mengatasi rasa insecure dan membangun self-esteem tidak terjadi dalam semalam. Cobalah untuk bersikap baik kepada diri sendiri selama proses ini dan jangan berkecil hati jika segala sesuatunya tidak membaik secepat yang Anda inginkan.

Bahkan jika Anda tidak merasa percaya diri hari ini, langkah kecil yang Anda ambil sekarang pada akhirnya akan tumbuh menjadi langkah yang lebih besar dan membuat Anda terus maju.

Bicara dengan Terapis

Berbicara dengan terapis yang berkualifikasi dapat membantu Anda menjelajahi ketakutan dan rasa insecure Anda dengan memahami dari mana asalnya rasa tersebut. Mereka juga dapat membantu Anda mengembangkan alat baru untuk menavigasi situasi yang merusak kepercayaan diri Anda.

Banner Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Banner Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya