Berapa Usia Kucing dalam Hitungan Tahun Manusia?

Ada beberapa metode yang memungkinkan pemilik kucing untuk mengonversi usia hewan peliharaan mereka.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 16 Nov 2022, 19:31 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2022, 19:31 WIB
Arti Mimpi Menggendong Kucing
Ilustrasi Mimpi Menggendong Kucing Credit:Freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kita memelihara anak kucing, kita akan jatuh cinta kepada mereka hingga dewasa dan tua.

Seiring berjalannya waktu, kita para pemilik hewan peliharaan belajar cara merawat kucing kita dari awal hingga akhir, memahami seluk beluknya, seperti sterilisasi, memandikan dan memvaksin, serta ukuran berat badan dan makanan kesukaan.

Kita dengan cepat mengetahui bahwa ada berbagai tahap perkembangan yang dialami kucing, yang mengharuskan kita untuk merawat mereka dengan cara-cara baru.

Untungnya, kita dapat memahami perkembangan kucing kita dengan lebih mudah jika kita memiliki gambaran umum tentang usia mereka dalam hitungan tahun manusia.

Melansir The Spruce Pets, Rabu (16/11/2022) ada beberapa metode yang memungkinkan pemilik kucing untuk mengonversi usia hewan peliharaan mereka, dan proses berikut ini menggunakan rata-rata.

Dengan kata lain, perkembangannya berubah-ubah dari satu kucing ke kucing lainnya. Beberapa kucing ras, seperti Maine Coon, dewasa jauh lebih lambat daripada yang lain dan tidak mencapai perkembangan penuh selama tiga atau empat tahun.

Seperti halnya manusia, usia kucing berkaitan dengan genetika, makanan, olahraga, perawatan di rumah, dan perawatan dokter hewan.

Misalnya, anak kucing bisa berusia enam atau tujuh minggu tetapi tampak jauh lebih maju secara fisik dibandingkan bayi manusia pada usia yang sama.

Terlepas dari rata-rata, ada baiknya Anda mengetahui berapa usia kucing kesayangan Anda sebenarnya dalam hitungan tahun manusia:

- Pertama, berikan 15 tahun manusia untuk tahun pertama kehidupan kucing Anda.

- Kemudian, tambahkan 9 tahun untuk tahun kedua. Misalnya, kucing berusia 2 tahun akan berusia sekitar 24 tahun manusia.

- Selanjutnya, tambahkan 4 tahun manusia untuk setiap tahun berikutnya dalam kehidupan kucing Anda.

Untuk memeriksa kembali perhitungan Anda, lebih mudahnya sebagai berikut:

  • 1 bulan kucing = 1 tahun manusia
  • 3 bulan kucing = 4 tahun manusia
  • 6 bulan kucing = 10 tahun manusia
  • 1 tahun kucing = 15 tahun manusia
  • 2 tahun kucing = 24 tahun manusia
  • 3 tahun kucing = 28 tahun manusia
  • 5 tahun kucing = 36 tahun manusia
  • 10 tahun kucing = 56 tahun manusia
  • 15 tahun kucing = 76 tahun manusia
  • 20 tahun kucing = 96 tahun manusia

 


Indikator Usia

Kucing
Ilustrasi Kucing Credit: freepik.com

Menentukan usia kucing Anda biasanya tidak menjadi masalah jika Anda memelihara anak kucing Anda sejak lahir. Namun, jika Anda memelihara kucing penyelamat atau kucing liar, Anda mungkin tidak yakin.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melihat gigi. Misalnya, jika Anda melihat gigi susu muncul, kemungkinan besar itu adalah anak kucing. Namun, jika Anda melihat ada noda dari karang gigi, kemungkinan kucing Anda adalah kucing dewasa atau kucing senior.

Anda juga dapat mencari tanda-tanda tambahan kematangan seksual. Jika kucing jantan menyemprotkan air seni atau menunjukkan testisnya, kemungkinan kucing jantan tersebut berusia sekitar 5 bulan dan mengalami pubertas.

Kucing betina di sekitar usia ini akan mengalami masa birahi, yang akan dapat Anda lihat dan dengar. Perhatikan tanda-tanda lain seperti perkembangan bulu dan mata.


Berapa Lama Kucing Anda Dapat Hidup?

Ilustrasi nama, kucing, lucu
Ilustrasi nama, kucing, lucu. (Photo by Kari Shea on Unsplash)

Hingga usia enam bulan, hewan peliharaan Anda dianggap sebagai anak kucing. Kemudian, dari anak kucing menjadi junior hingga usia dua tahun.

Sekitar usia tiga hingga enam tahun, kucing Anda memasuki tahun-tahun perkembangan utamanya, sebelum memasuki tahap kehidupan dewasa, sekitar usia tujuh hingga 10 tahun.

Ketika kucing Anda akhirnya mencapai usia seniornya (11 hingga 14 tahun), perawatan mulai berubah lebih dramatis. Bahkan, kehidupan kucing Anda mulai berubah lebih banyak lagi selama tahap geriatri, yaitu ketika mencapai usia 15 tahun ke atas.

Kucing Anda dapat hidup dalam waktu yang lama, tergantung pada gaya hidup. Pertimbangkan apakah kucing Anda adalah kucing dalam ruangan atau luar ruangan, misalnya.

Beberapa kucing liar hidup sekitar empat hingga lima tahun, sementara banyak kucing dalam ruangan yang hidup sekitar 13 hingga 17 tahun.

Meskipun demikian, bukan hal yang aneh bagi kucing dalam ruangan untuk hidup hingga 20 tahun lamanya. Namun, jika kucing Anda kelebihan berat badan, kemungkinan besar mereka akan hidup antara 12 hingga 15 tahun.


Mengontrol Proses Penuaan Hewan Peliharaan Anda

Arti Mimpi Seputar Kucing Lainnya
Ilustrasi Mimpi Menggendong Kucing Credit:Freepik.com

Saat menghitung usia kucing Anda dalam satuan tahun manusia, penting untuk mengetahui bahwa berbagai faktor dapat memengaruhi perbandingan usia kucing Anda dengan manusia.

Hal ini dapat mencakup berbagai variabel, seperti faktor keturunan, pola makan, lingkungan, serta perawatan fisik dan medis. Meskipun kemungkinan besar Anda tidak dapat menentukan faktor keturunan, Anda memiliki pilihan untuk mengendalikan faktor lain yang berpengaruh pada proses penuaan kucing Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki kucing senior, Anda dapat menyediakan kebutuhan khusus bagi mereka dengan melakukan pemeriksaan fisik mingguan, menyikat rambut dan gigi setiap hari, dan memberi mereka nutrisi yang tepat.

Namun, jika Anda memiliki anak kucing, Anda dapat memperhatikan tahap perkembangan utama dalam delapan minggu pertama. Pada minggu pertama, Anda harus memahami bahwa anak kucing Anda akan lahir dengan mata tertutup dan telinga terlipat, serta berat badannya antara 90 hingga 100 gram.

Sekitar hari ketiga, tali pusarnya akan lepas. Setelah tujuh hari, berat badannya akan berlipat ganda. Pastikan bahwa pada minggu kedua mata anak kucing Anda terbuka dan gigi bayi mulai terbentuk.

Pada minggu ketiga, telinga menjadi runcing dan beberapa anak kucing akan mulai menjelajahi lingkungan. Pada minggu keempat, Anda dapat mengharapkan beberapa gigi lagi dan pendengaran yang lebih baik.

Pada minggu kelima hingga kedelapan, anak kucing akan dapat melihat sepenuhnya, mencoba makan makanan padat, dan perubahan warna mata serta aktivitas. Selama masa ini, Anda harus mempersiapkan vaksinasi pertama anak kucing Anda.

Kucing dari segala usia harus dipantau secara ketat dalam hal-hal seperti perkembangan, makanan, dan vaksinasi.

 

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19
Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya