Lionel Messi Jadi Satu-Satunya Pemain yang Raih Dua Kali Golden Ball di Piala Dunia

Lionel Messi menjadi pemain pertama yang meraih golden ball dua kali di Piala Dunia.

oleh Haya Aulia diperbarui 19 Des 2022, 11:00 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 11:00 WIB
Lionel Messi Sabet Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia 2022
Pemain Argentina Lionel Messi mengangkat trofi penghargaan Bola Emas usai melawan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. Lionel Messi dinobatkan sebagai peraih Bola Emas atau Golden Ball sebagai perlambang pemain terbaik selama Piala Dunia 2022 setelah memimpin Argentina menaklukkan Prancis dalam babak final. (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi memecahkan rekor sebagai pemain pertama yang berhasil memenangkan Golden Ball sebanyak dua kali di Piala Dunia.

Pesepak bola asal Argentina ini tampil begitu cemerlang sepanjang pertandingan dan mencetak tujuh gol untuk tim nasionalnya.

Dalam laga kontra dengan Prancis, Messi juga menyumbang dua gol yang mengantarkan Les Albiceleste meraih kemenangan sebagai juara Piala Dunia 2022.

Sebelum pertandingan berlangsung, Messi sempat mendapat tekanan, karena ini menjadi Piala Dunia terakhir baginya. Ia pun ingin memberikan yang terbaik dan tak mau mengecewakan negaranya.

Messi membuktikan kehebatan dengan langkah yang sangat baik. Dirinya berhasil memboyong Timnas Argentina untuk mengangkat trofi sebagai juara Piala Dunia 2022.

Selama di Piala Dunia 2022 berlangsung, Messi sungguh menampilkan performa terbaik, hingga memukau para penggemar yang setia menyaksikan perjalanan kariernya. Apalagi saat Argentina harus berhadapan dengan Australia dan Krosia di babak sistem gugur.

Melansir dari Daily Mail, Senin (19/12/2022), Messi telah mencetak tujuh gol luar biasa selama membela Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar. Bahkan, dirinya pun menyumbang tiga assist berharga kepada rekan setimnya.

Lionel Messi membawa La Albieceleste meraih gelar dunia pertamanya, sejak terakhir kali pada Piala Dunia 1986. Dirinya juga mendapatkan pengharagaan Golden Ball untuk kedua kalinya, setelah dinobatkan di Piala Dunia 2014.

Penutupan yang sungguh hebat dari Lionel Messi, sanggup mengangkat trofi Piala Dunia 2022 dan dinobatkan sebagai pemain pertama yang berhasil menyabet dua kali Golden Ball di tahun 2014 dan 2022.


Raih Lima Kali Man of The Match

Foto: Lionel Messi Bersama Dua Trofi Bergengsi
Bintang Argentina sukses meraih pemain terbaik Piala Dunia 2022 usai mengantarkan Argentina juara. (Instagram/fifaworldcup)

Lionel Messi meniru pergerakan dari mendiang Diego Maradona yang berhasil keluar sebagai pemain terbaik dalam kemenangan Argentina di Piala Dunia 1986.

Melakoni peran sebagai pahlawan bagi Timnas Argentina, Lionel Messi benar-benar menunjukkan performa terindah darinya.

Dilansir dari Bein Sports, Messi dinobatkan sebagai Man of The Match dalam lima pertandingan selama Piala Dunia 2022. Termasuk pertandingan sistem gugur dan final Piala Dunia.

Messi mengalahkan rekor empat pertandingan yang sebelumnya setara dengan Wesley Sneijder dari Belanda, setelah penampilannya di Piala Dunia 2014.

Dirinya juga memenangkan tujuh kali Ballon d’Or dan mengakhiri kisahnya melalui penampilan paling berpengaruh sepanjang masanya.


Rekor Lionel Messi di Piala Dunia

Lionel Messi - Argentina - Piala Dunia 2022
Penyerang Argentina Lione Messi mencetak tujuh gol dan membuat tiga assist dalam tujuh penampilan di Piala Dunia 2022. (AP Photo/Petr David Josek)

Raih kemenangan setelah adu penalti, Argentina unggul 4-2 atas Prancis. Peran Lionel Messi sangat menentukan Timnas Argentina untuk membawa pulang trofi Piala Dunia 2022.

Dalam laga ini, Messi menyumbang dua gol dan satu assist kepada Di Maria, hingga berhasil menjebol gawang Prancis. Dirinya pun membuktikan kehebatan melalui keberhasilan tendangan dalam adu penalti.

Melalui aksi dan kehebatannya, Messi langsung dinobatkan sebagai Man of The Match. Dengan total, meraih lima kali Man of The Match.

Ini adalah catatan sejarah baru bagi Piala Dunia, karena pertama kalinya ada pemain yang berhasil menyabet lima Man of The Match dalam satu edisi Piala Dunia.

Melansir dari Guinness World Record, Lionel Messi meraih lima penghargaan Man of The Match paling banyak selama Piala Dunia dengan jumlah 11 penghargaan.

Sebelumnya, Messi mendapatkan gelar Man of the Match di Piala Dunia 2010 dan Piala Dunia 2014. Tak lupa, dirinya juga menerima penghargaan Golden Ball dan trofi Piala Dunia 2022 untuk Timnas Argentina.


Messi Rayakan Kemenangan Piala Dunia 2022

Foto: Momen Kemeriahan Timnas Argentina setelah Kandaskan Prancis di Final Piala Dunia
Bintang Argentina, Lionel Messi memilih merayakan kemenangan dengan bercengkrama dengan keluarga yang ikut datang ke stadion, yaitu sang istri Antonella Rocuzzo beserta anak mereka. (AP Photo/Manu Fernandez)

Meraih kemenangan sebagai juara Piala Dunia 2022, Messi meluangkan waktu selebrasi bersama keluarganya. Dirinya pun langsung berlari ke arah tribun menemui sang istri dan anak-anaknya, setelah Gonzalo Montiel berhasil membobol gawang Les Blues.

Momen emosional pun tersorot kamera saat IBUNYA, Celia Maria Cuccittini memeluk Messi di tengah lapangan setelah pertandingan.

Dirinya juga merayakan kemenangan dengan keluarga yang setia mendukung selama perjalanan kariernya ini.

Sang Istri, Antonela Roccuzzo membagikan unggahan penuh pujian untuk Lionel Messi. Unggahan tersebut memperlihatkan kebersamaan Messi dengan Antonela dan ketiga anaknya, Thiago, Mateo dan Ciro.

infografis lionel messi
lionel messi terbaik di La Liga (Liputan6/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya