Terungkap, Simbol Semangka Awalnya Digunakan Imbas Postingan Pro Palestina Kerap Dibatasi

Simbol semangka awalnya digunakan imbas postingan pro Palestina kerap dibatasi di media sosial

oleh Sulung Lahitani diperbarui 03 Nov 2023, 15:07 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2023, 15:07 WIB
Emoji Semangka untuk Palestina
Emoji buah Semangka yang viral di media sosial, pada Oktober 2023 untuk mendukung kemenangan Palestina. (Liputan6.com/Laudia Tysara)

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin memperhatikan emoji semangka yang muncul di media sosial. Orang-orang menambahkan emoji semangka ke akun Instagram atau bio mereka, poster-poster yang menampilkan semangka di foto-foto protes, dan bahkan surat terbuka bertema semangka dari mantan staf Bernie Sanders yang mendesak senator untuk menyerukan gencatan senjata. Ya, mungkin Anda pernah melihat postingan semangka berbintik itu di feed Anda.

Krisis kemanusiaan di Gaza telah meningkatkan perhatian terhadap simbol dan frasa protes warga Palestina—termasuk semangka, makanan pokok warga Gaza yang memainkan peran penting dalam sejarah Palestina.

Seni “terkadang bisa lebih bersifat politis daripada politik itu sendiri,” kata Khaled Hourani kepada Washington Post, seorang seniman Palestina yang tinggal di Ramallah, Tepi Barat, yang karyanya ditampilkan di antara gambar semangka yang beredar secara online.

Simbolisme semangka berasal dari taktik pengorganisasian Palestina sebelum intifada pertama, periode sebelum perjanjian Oslo tahun 1993 membentuk Otoritas Palestina dan menggerakkan proses perdamaian yang kini sudah tidak ada lagi. Namun hal ini telah menemukan resonansi baru.

Seniman Palestina menggunakan semangka “sebagai metafora bendera Palestina dan untuk menghindari larangan tersebut,” kata Hourani. 

Di dunia daring, tradisi ini tetap ada: masyarakat Palestina, yang tidak percaya pada platform media sosial dan takut akan pengawasan online Israel, berusaha menghindari jaring yang menurut mereka merupakan algoritma dan metode moderasi konten yang tidak menguntungkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


'Gangguan algoritmik' Meta

Kisah Semangka yang Menjadi Simbol Perlawanan Rakyat Palestina
Lukisan semangka karya Khaled Hourani untuk projek Atlas of Palestine tahun 2007. (dok. Instagram @khaledhourani6/https://www.instagram.com/p/CPNiXl0NhoL//Gabriella Ajeng Larasati)

Raksasa media sosial Meta telah dikecam oleh beberapa suara pro-Palestina karena “sengaja” membatasi konten yang mengekspos kebrutalan Israel terhadap warga Palestina.

Analis media Sabri Ege mengatakan kepada TRT World bahwa META bersembunyi di balik kedok “gangguan algoritmik” untuk mengabaikan tanggung jawab dalam menjaga pluralitas suara.

“Istilah 'gangguan algoritmik' cocok dengan konsep 'kekerasan algoritmik',” kata Ege.

“Menekan suara warga Palestina berkontribusi pada normalisasi penindasan Israel. Dengan menghambat dukungan terhadap perjuangan Palestina, mekanisme ini tidak hanya memperburuk dan melanggengkan kekerasan yang ada namun juga menghambat pemenuhan kebutuhan mendasar mereka,” tambahnya.

Jutaan unggahan di media sosial yang sebagian besar pro-Palestina dihapus secara keliru oleh Facebook dan Twitter di tengah krisis terbaru ini, yang menurut perusahaan tersebut merupakan gangguan teknologi, meningkatkan kemarahan warga Palestina yang telah lama merasa bahwa pidato mereka di dunia maya mendapat hukuman yang berlebihan. Pada tingkat tertinggi, hashtag dan akun terkait Palestina juga diblokir atau kontennya dihapus.

“Anda memiliki generasi baru Palestina. Tujuh puluh persen berusia di bawah 30 tahun [di Tepi Barat dan Gaza], di mana media sosial dan alat digital adalah sumber inspirasi utama dan akses utama mereka terhadap dunia,” kata Fadi Quran, direktur kampanye di Avaaz yang berbasis di Ramallah. 

“Masyarakat perlu menggunakan media sosial untuk menyebarkan berita tentang apa yang terjadi di sini, sehingga hal ini mengarah pada berbagai taktik… untuk mengatasi penindasan digital.”

 


Raksasa media sosial berkilah

Atta Halilintar
Atta Halilintar unggah emoji semangka sebagai dukungan untuk Palestina. (Instagram @attahalilintar)

Instagram, Facebook, dan platform media sosial lainnya menolak tuduhan bahwa mereka sengaja memoderasi, menyensor, atau menurunkan prioritas konten Palestina atau pro-Palestina secara berlebihan. Perusahaan melarang postingan yang menghasut atau mengagungkan kekerasan, dan peraturan lainnya.

“Kami tahu ada beberapa masalah yang berdampak pada kemampuan orang untuk berbagi di aplikasi kami,” kata juru bicara Facebook Andy Stone melalui email. 

“Meskipun kami telah memperbaikinya, hal ini seharusnya tidak pernah terjadi dan kami mohon maaf kepada siapa pun yang merasa mereka tidak dapat memberikan perhatian pada peristiwa penting, atau yang merasa ini adalah penindasan yang disengaja terhadap suara mereka.”

Namun banyak aktivis hak-hak digital yang menolak penjelasan ini dan mengatakan bahwa ini adalah tren lama yang semakin meningkat saat warga Palestina menggunakan media sosial untuk mengorganisir rangkaian peristiwa yang semakin mempersatukan warga Palestina di Israel, Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Israel diaspora.

Mona Shtaya, manajer advokasi lokal di 7amleh yang berbasis di Haifa, Pusat Arab untuk Kemajuan Media Sosial, mengatakan pihak berwenang Israel dan perusahaan media sosial berusaha untuk “membungkam warga Palestina secara online… dengan mencegah kami membagikan narasi dan cerita kami sendiri dan Pelanggaran Israel.”

Terlepas dari tantangan-tantangan ini, para seniman muda telah menemukan cara-cara baru untuk melawan disinformasi Israel dan menghindari sensor Meta terhadap suara-suara kritis yang mengungkap kebrutalan Israel di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki.

Sekali lagi, simbol semangka telah berperan penting dalam menyebarkan informasi di Facebook dan Instagram tentang protes Palestina terhadap kebiadaban Israel tanpa diblokir atau dihapus oleh algoritma Meta.

 


Melewati pelarangan bayangan algoritmik

Raffi Ahmad
Raffi Ahmad unggah emoji semangka sebagai dukungan untuk Palestina. (Instagram @rans.entertainment)

Pada tanggal 15 September, podcaster Turki Elif Nuran Ozgun-Alboshi memulai kampanye di media sosial menggunakan simbol semangka disertai dengan moto: “Tanah zaitun dan lemon, kami bersamamu!”

“Cerita Instagram saya biasanya dilihat lebih dari 1.000 kali, tetapi cerita saya tentang jumlah anak yang dibunuh Israel hanya dilihat oleh 12 orang. Ketika saya menyadari hal ini, saya memutuskan untuk mencari solusi terhadap pelanggaran yang terjadi di media sosial demi Palestina,” kata Alboshi kepada TRT World.

Dia menggabungkan dua gambar menjadi satu postingan dan menggunakan gambar semangka berbentuk Palestina.

Hal ini bergema secara luas di seluruh platform Meta, menarik lebih banyak keterlibatan daripada yang dia harapkan.

Ini lah yang kemudian diikuti oleh para seniman, desainer, bahkan mereka yang tak bisa membuat karya seni bertema semangka, namun mengerti akan makna tersebut. Orang-orang akhirnya menyebarkan emoji dan gambar semangka tersebut di media sosial sambil menjelaskan arti dari gerakan tersebut.

Infografis Perang Hamas Vs Israel Kembali Berkecamuk. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Perang Hamas Vs Israel Kembali Berkecamuk. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya