Tanggal 2 Februari 2024 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Lahan Basah Sedunia

Tanggal 2 Februari yang jatuh pada hari ini menjadi peringatan penting internasional, yakni Hari Lahan Basah Sedunia.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 02 Feb 2024, 14:02 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2024, 14:02 WIB
Tanggal 2 Februari 2024 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Lahan Basah Sedunia
Tanggal 2 Februari 2024 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Lahan Basah Sedunia (Photo by Debby Hudson on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda ada momen penting apa di tanggal 2 Februari 2024? Tanggal 2 Februari yang jatuh pada hari ini menjadi peringatan penting internasional, yakni Hari Lahan Basah Sedunia.

Selain itu, di tanggal 2 Februari 2024 terdapat beberapa momen penting lainnya. Berikut beberapa daftar peringatan yang jatuh pada 2 Februari, seperti melansir dari National Today, Jumat (2/2/2024).

1. Hari Lahan Basah Sedunia

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati setiap 2 Februari tiap tahunnya. Tujuan peringatan ini untuk mengakui dan merayakan pentingnya lahan basah bagi dunia, dan keanekaragaman kehidupan yang didukungnya.

Menyadari hal ini, PBB memutuskan untuk secara resmi menetapkan Hari Lahan Basah Sedunia pada hari yang diperingati oleh para aktivis lingkungan hidup, yaitu pada 2 Februari.

Lahan basah dapat berupa wilayah yang sangat kecil atau sangat luas di mana tanahnya jenuh dengan air sepanjang tahun.

Lahan basah adalah salah satu ekosistem yang paling banyak disalahpahami. Lahan basah memiliki banyak keanekaragaman hayati, dan sejumlah besar hewan, tumbuhan, dan burung hidup di sana.

Selain itu, juga sangat bermanfaat di antaranya mencegah erosi tanah dan memberikan perlindungan terhadap banjir. Tanggal 2 Februari juga menandai tanggal diadopsinya Konvensi Lahan Basah di kota Ramsar, Iran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Hari Rheumatoid Arthritis

Ilustrasi Kesemutan, Pegal, Sakit
Ilustrasi Kesemutan, Pegal, Sakit. Photo by Imani Bahati on Unsplash

Hari Rheumatoid Arthritis (R.A) diperingati setiap 2 Februari setiap tahunnya. Artritis Reumatoid adalah suatu kondisi autoimun yang menyerang sendi dan menyebabkan peradangan serta kondisi berbahaya lainnya.

Penyakit ini juga merupakan salah satu kondisi autoimun yang paling umum di dunia.

Artritis Reumatoid dapat menyebabkan pembengkakan pada lapisan sendi dan dapat mengakibatkan peradangan, nyeri hebat, kelainan bentuk, erosi tulang dan lainnya.

Efek Artritis Reumatoid dapat menyebar ke seluruh tubuh dan dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Kondisi tersebut dapat memengaruhi kesehatan jantung, ginjal, otot, dan tulang.

Belum ada obat yang dapat menyembuhkan kondisi ini – seperti halnya sebagian besar penyakit autoimun. Namun, dengan kebiasaan gaya hidup dan pengobatan yang tepat, individu dapat menangani R.A.

 


3. Hari Pembaruan Diri

Ilustrasi Wanita Cantik, Apa Adanya, Sederhana
Ilustrasi Wanita Cantik, Apa Adanya, Sederhana. Photo by Uliana Soboleva on Unsplash

Hari Pembaruan Diri dirayakan setiap tahun di Amerika Serikat pada 2 Februari. Tujuannya adalah untuk membantu lebih banyak orang meningkatkan diri dan meningkatkan keterampilan mereka.

Pembaruan diri dapat merujuk pada apa pun yang dilakukan setiap hari untuk pertumbuhan pribadi. Biasanya hal ini membutuhkan keluar dari zona nyaman dan mencoba hal-hal yang meningkatkan pertumbuhan dan kedewasaan.

Aktivitas yang dilakukan seseorang saat inilah yang memberikan manfaat di masa depan.

Orang-orang menggunakan kesempatan ini untuk memperbarui berbagai aspek kehidupan mereka: persahabatan, kehidupan cinta, atau hobi lama yang hilang

Saat ini, perawatan diri bisa berupa pemeriksaan rutin di rumah sakit. Ada baiknya menerapkan gaya hidup yang menjaga kesehatan. Praktikkan kebersihan yang baik, makan makanan bergizi sehat, hindari zat dan racun berbahaya, bermeditasi, berolahraga, dan habiskan waktu bersama orang-orang terkasih.

Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit
Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya