Tidak Perlu Baking Soda, Ini Trik Empukkan Cumi Pakai 1 Bahan Dapur Saja

Kini masak cumi tak perlu khawatir lagi akan teksturnya yang jadi alot dan keras. Dengan satu bahan dapur ini, olahan cumi cadi auto empuk. Yuk, simak penjelasannya!

oleh Eka Fadhila Kharisma Putri diperbarui 02 Agu 2024, 19:15 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 19:15 WIB
cumi
ilustrasi cumi/copyright Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Cumi merupakan salah satu jenis seafood yang cocok diolah menjadi berbagai hidangan lezat, seperti cumi goreng tepung, cumi balado, sambal cumi, dan masih banyak lagi.

Namun demikian, dibutuhkan teknik yang tepat dalam mengolahnya karena cumi termasuk bahan masak yang cukup sensitif. Durasi masak yang terlalu lama akan membuat teksturnya alot, sedangkan jika hanya dimasak sebentar berisiko meninggalkan bau amis.

Untuk mengantisipasi hal ini, warganet TikTok, @amia_zerin, memberikan tips mengempukkan cumi hanya dengan satu bahan dapur, tapi bukan baking soda. Berikut informasi lengkapnya, dirangkum pada Jumat (2/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan-bahan

Dalam video singkatnya, @amia_zerin menjadikan gula pasir sebagai agen yang membantu mengempukkan tekstur cumi. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


1. Bersihkan Kulit Cumi

Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu cumi dari kulit serta kemungkinan plastik yang ada di dalamnya. Lalu, cuci dengan air mengalir. 


2. Taburi Gula

Bukan Baking Soda, Begini Trik Bikin Cumi Jadi Empuk Pakai 1 Bahan Dapur
Foto: TikTok/amia_zerin

Selanjutnya, taburi cumi dengan gula pasir, sekitar satu sendok makan atau menyesuaikan dengan banyak cumi yang akan diolah. Ratakan dan remas-remas agar gulanya meresap, lalu cuci kembali dengan air bersih. 


3. Rebus Sebentar

Bukan Baking Soda, Begini Trik Bikin Cumi Jadi Empuk Pakai 1 Bahan Dapur
Foto: TikTok/amia_zerin

Siapkan panci berisi air dan tambahkan satu sendok makan gula pasir. Lalu, masukkan cumi dan rebus sebentar, sekitar satu menit, sampai sebelum airnya mendidih. 


4. Cumi Siap Diolah

Bukan Baking Soda, Begini Trik Bikin Cumi Jadi Empuk Pakai 1 Bahan Dapur
Foto: TikTok/amia_zerin

Ketika air rebusannya hampir mendidih, segera angkat cumi dan tiriskan. Setelahnya, cumi bisa diolah untuk semua masakan tanpa perlu dicuci lagi. 


Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Mengempukkan Cumi


Bagaimana Cara Memasak Cumi Agar Tidak Keras?

Rendam dalam susu tawar dan perasan air jeruk nipis. Selain menghilangkan bau amis, bahan ini juga bisa mengurangi tekstur keras pada cumi-cumi. Namun, pastikan untuk tidak merendam cumi-cumi terlalu lama, karena hal tersebut dapat menghilangkan aroma khas yang membuat cumi-cumi menjadi lezat.


Berapa Lama Masak Cumi Agar Tidak Alot?

Jika cumi dimasak lebih dari tiga menit, teksturnya akan menjadi sangat kenyal dan keras seperti karet. Jika sudah terlanjur memasak cumi terlalu lama, solusinya adalah dengan memasak cumi lebih lama lagi, sekitar tiga puluh menit.


Berapa Lama Cumi Direndam Baking Soda?

Untuk mempersiapkan cumi, campurkan satu sendok teh baking soda dalam secangkir kecil air, lalu rendam cumi selama 15 hingga 20 menit. Jangan lupa mencuci cumi sebelum dimasak.


Berapa Lama Cumi Direndam Jeruk Nipis?

Untuk menghilangkan bau amis pada cumi-cumi, salah satu metode yang dapat dicoba adalah dengan merendamnya dalam larutan air perasan jeruk nipis dan jahe yang sudah diparut. Biarkan cumi-cumi terendam dalam campuran tersebut selama tiga puluh menit sebelum dicuci hingga bersih.


Apakah Cumi Basah Harus Direbus Dulu sebelum Dimasak?

Tahap terpenting dalam memasak cumi-cumi adalah ketika merebusnya. Ini karena tahap tersebut akan mempengaruhi tekstur daging cumi setelah matang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya