Ide Desain Rumah Minimalis Ukuran 8x10 dengan 1 Lantai Bergaya Modern

Apakah kamu memiliki lahan yang cukup besar untuk membangun rumah? Desain rumah berukuran 8x10 ini sangat cocok untuk menjadi inspirasimu. Ayo, lihatlah desain rumah modern dengan 1 lantai berukuran 8x10 ini!

oleh Ega Ayu Agustin diperbarui 18 Jun 2024, 00:50 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2024, 00:45 WIB
7 Desain Rumah Jadul dan Klasik yang Lagi Hits, Sentuhan Nostalgia Masa Lalu
Desain Rumah Jadul Modern Aesthetic (Sumber: Pinterest/Susana Gómez)

Liputan6.com, Jakarta Rumah 8x10, atau dikenal sebagai rumah tipe 80 sesuai dengan namanya, memiliki luas bangunan 80 meter persegi. Rumah dengan ukuran 8x10 ini dapat dibangun di atas lahan tanah beragam mulai dari 100 hingga 150 meter persegi.

Desain rumah ini sangat sesuai untuk keluarga besar yang membutuhkan ruang yang luas untuk beraktivitas bersama.

Berikut ini ada 6 inspirasi desain rumah 8x10 dengan 1 lantai, dirangkum dari berita99 pada Jumat (14/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Desain Rumah 8x10 1 Lantai dengan 3 Kamar

Desain Rumah 8x10 1 Lantai dengan 3 Kamar
ilustrasi rumah 8x10 by rumahminimal.com

Inspirasi desain rumah 8x10 dengan 1 lantai yang pertama ini berdiri di lahan yang cukup luas, sekitar 120x90 meter persegi. Denah rumah ini menampung beberapa fungsi ruang yang cukup luas dan nyaman, meliputi 2 kamar tidur utama, 1 kamar tidur tamu, ruang keluarga, dapur yang menyatu dengan ruang makan, 1 kamar mandi, serta taman yang cukup luas di bagian depan dan belakang rumah.


Desain Rumah 8x10 1 Lantai dengan 3 Kamar dan Konsep Terbuka

Desain Rumah 8x10 1 Lantai dengan 3 Kamar dan Konsep Terbuka
ilustrasi rumah 8x10 by insinyurbangunan.co

Inspirasi desain rumah type 80 yang satu ini cocok digunakan untuk bangunan rumah yang berdiri di lahan tidak terlalu luas. Dengan konsep terbuka, rumah ini bisa mencakup beberapa ruang fungsionalis, seperti ruang makan, ruang keluarga, serta dapur yang berada dalam satu ruangan memanjang tanpa sekat. Desain rumah ini juga masih ideal untuk menampung 2 kamar mandi dengan salah satunya berada di dalam kamar tidur.


Desain Rumah 8x10 dengan 4 Kamar

Desain Rumah 8x10 2 Lantai dengan 4 Kamar
ilustrasi rumah 2 lantai tipe 80 by desain.id

Desain rumah selanjutnya ini terdiri dari 2 lantai dan 4 kamar tidur. Lantai satu dimanfaatkan untuk 1 kamar tidur berukuran sedang yang bisa digunakan untuk tamu. Sedangkan di lantai dua, terdapat tiga kamar tidur yang berukuran cukup besar. Desain rumah ini sangat ideal untuk keluarga dengan 2 atau 3 orang anak.


Desain Rumah 8x10 1 Lantai Minimalis dengan Roster

Desain Rumah 8x10 1 Lantai Minimalis dengan Roster
ilustrasi rumah 8x10 by Satrugna-Studio

Desain rumah 8x10 yang satu ini hadir dengan model fasad modern dan minimalis, sehingga tampak unik dan kekinian. Hal itu bisa dilihat melalui adanya roster di salah satu sisi bangunan, serta di bagian pagar tembok. Sentuhan bata di sisi kanan bangunan juga menambah kesan cantik rumah ini.


Desain Rumah 8x10 1 Lantai dengan Fasad 2 Lantai Minimalis Natural

Desain Rumah 8x10 1 Lantai dengan Fasad 2 Lantai Minimalis Natural
ilustrasi rumah 8x10 by astudioarchitectdotcom

Rumah 8x10 yang satu ini memiliki tampilan unik dan segar. Fasad yang tampak asri dan natural diciptakan melalui penggunaan material bangunan yang alami, seperti bata alam dan kayu.


Desain Rumah 8x10 1 Lantai dengan Fasad Minimalis Mewah

Desain Rumah 8x10 1 Lantai dengan Fasad Minimalis Mewah
ilustrasi rumah 8x10 by homeshabbycom

Penggunaan dinding roster yang dipadukan dengan elemen marmer dan kaca transparan pada desain rumah satu ini mampu menghasilkan bangunan yang sederhana sekaligus mewah dan stylish. Material marmer travertine pada sisi dinding eksterior rumah ini memberikan tampilan khas dengan lubang-lubang alami pada kontur fasad rumah.


Berapa Tinggi Lantai 1 Mall?

Gedung mall memiliki standar ketinggian plafon untuk gedung komersial yaitu 3-4 meter dari lantai ke plafon. Maka dari itu, jika besar balok induk pada gedung mall adalah sebesar 30 cm x 80 cm, maka ketinggian lantai dari lantai satu ke lainnya adalah sebesar 4,5 meter.


Berapa Tinggi Lantai 1?

Rumah 1 lantai biasanya memiliki tinggi langit-langit 2,4 - 2,7 meter, yang berarti sekitar 8 - 9 kaki.

 


Berapa Ukuran Rumah yang Ideal?

Rumah dengan kapasitas empat orang dibutuhkan luas minimal 36 meter persegi. Dengan mengacu pada perhitungan tersebut, untuk sebuah rumah dapat dikategorikan sebagai rumah ideal, diperlukan luas lahan minimal 60 meter persegi, efektif 72-90 meter persegi, serta yang paling ideal seluas 200 meter persegi.


Berapa Tinggi Rumah 1 Lantai yang Ideal?

Syarat tinggi lantai bangunan umumnya berada di kisaran 3 - 3,75 m dengan ketinggian maksimum lima meter. Akan tetapi, jika rumah dua lantai tersebut menggunakan lantai mezzanine, maka lantai tersebut tidak dihitung penuh jika luas lantai kurang dari 50 persen dari luas lantai dasar.


Apa Itu Rumah 1,5 Lantai?

Rumah 1.5 lantai merupakan desain hunian yang tidak hanya estetik, tapi juga fungsional. Tak heran, banyak pemilik hunian yang ingin membuat rumahnya memiliki desain 1.5 lantai, seperti menggunakan mezzanine.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya