10 Tahun Berdiri, IKEA Berkomitmen Dukung Pelaku UMKM Secara Berkelanjutan

IKEA Indonesia berkomitmen mendukung pelaku UMKM secara berkelanjutan melalui program Teras Indonesia dan I-SEA.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 17 Okt 2024, 13:02 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 13:02 WIB
10 Tahun Berdiri, IKEA Berkomitmen Dukung Pelaku UMKM Secara Berkelanjutan
Foto bersama kedua narasumber Acara Media Class 10 Tahun IKEA Indonesia, Irfansyah Kurnia Putra, Country Marketing Manager IKEA Indonesia dan Tasha Sianturi, Sustainability Representative IKEA Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - IKEA mengelar acara Media Class dalam rangka 10 tahun berdirinya IKEA, di Jakarta, pada Rabu (16/10/2024). Sejak 10 tahun berdiri, IKEA telah menghadirkan 7 toko (Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali) dan 14 gerai Pick Up Point (POP).

POP merupakan cara pembelian yang dapat dilakukan oleh konsumen baik melalui toko offline maupun online dengan menawarkan mengantaran gratis ongkir di POP terdekat.

“Selama 10 tahun dari 2014 pertama kali toko di buka di Alam Sutra, kita cukup bangga dengan perkembangan selama 10 tahun terakhir. Dari 2019 sampai 2022 rentan waktu kurang dari 4 tahun kami agresif untuk ekspansi. Ada di IKEA Sentul kemudian lanjut di kota Bandung di Parahyangan, kemudian di Bali, Surabaya, dan yang terkahir di Mall Taman Anggrek Jakarta,” ujar Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Irfansyah Kurnia Putra, dalam Acara Media Class, Rabu (16/10/2024).

IKEA memiliki website dan aplikasi berisi produk yang terdapat di toko. Website dan aplikasi ini dibuat dengan tujuan mempermudah para konsumen untuk melakukan pembelian. Hal ini menjadi salah satu solusi yang ditawakan kepada konsumen yang tidak dalam jangkauan toko IKEA itu sendiri.

Selain itu, IKEA juga menawarkan layanan service seperti Interior Design Service dan IKEA for Business yang dapat membantu memberikan solusi bagi para konsumen terkait rencana pembangun, renovasi, dan perlengkapan ruangan di rumah, kator, maupun tempat-tempat usaha UMKM seperti cafe dan sebagainya.

Tiap tahuan sebanyak satu hingga dua kali IKEA melakukan visit study dengan melakukan kunjungan ke konsumen. Ini bertujuan untuk memberikan solusi memahami living situasi konsumen.

Set room berbeda menyesuaikan dengan situasi konsumen di daerah tersebut. Setiap solusi menyesuaikan dengan kebutuhan rumah masing-masing konsumen,” ucap Irfansyah.

Memperingati ulang tahun yang ke-10, IKEA menawarkan berbagai macam promo menarik kepada para konsumennya. Promo menarik ini berlaku pada 11-27 Oktober 2024.

“Kita punya gratis layanan ongkir, kita punya potongan harga berbagai macam produk hingga 50%, di bagian makanan, IKEA Swedish Meatball itu ada promosi juga,” kata Irfansyah.

Irfansyah menambahkan, konsumen tidak perlu khawatir di luar periode tersebut IKEA memiliki banyak promo yang ditawarkan.

“IKEA akan terus konsisten menjalankan misi mmeberi kehidupan bagi masyarakat menjadi lebih baik. Mudah-mudahan kami terus bisa tumbuh dan hadir lebih banyak di kota lainnya,” sambungnya.

2 program untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah

Acara Media Class 10 Tahun IKEA Indonesia.
Press Conference Acara Media Class 10 Tahun IKEA Indonesia di Titik Temu Cafe, Sarinah.

Sebagai perusahaan retail berkelanjutan, IKEA berkomitmen menjadi perusahaan yang berdampak bagi lingkungan sekitar. Secara keseluruh IKEA di berbagai negara menerapkan komitmen berkelanjutan dengan strategi yang berbeda-beda.

IKEA Indonesia memiliki 3 strategi untuk mewujudkan komitmen berkelanjutan tersebut. Pertama, memberikan inspirasi kepada konsumen untuk hidup lebih sehat dan berkelanjut. Kedua, berkomitmen memberikan dampak yang lebih positif kepada lingkungan. Lalu, berkomitmen memberikan dampak positif kepada komunitas dan masyarakat.

Untuk mewujudkan 3 komitmen tersebut, IKEA membentuk dua program dengan sebutan Teras Indonesia dan IKEA Social Entrepreneurship Acceleration atau I-SEA.

Teras Indonesia merupakan wadah bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk dapat memamerkan produknya selama satu bulan di area toko-toko IKEA. Kegiatan ini dibuka secara gratis untuk para pelaku UMKM.

“Awalnya dilakukan tahun 2017 karena ada kerja sama antara IKEA Indonesia dengan Kementrian Koperasi dan UMKM, dan pada saat itu baru hanya ada di Alam Sutra. Seiring dengan berjalannya ekspansi, Teras Indonesia di buka di seluruh store IKEA Indonesia,” ungkap Sustainability Representative IKEA Indonesia, Tasha Sianturi.

Hingga saat ini sudah sekitar 900 lebih UMKM yang tergabung menjadi bagian dari Teras Indonesia.

 

Fokus di bidang UMKM

Acara Media Class 10 Tahun IKEA Indonesia.
Pemaparan Narasumber Acara Media Class 10 Tahun IKEA Indonesia, Irfansyah Kurnia Putra.

Dalam pelaksanaannya, IKEA Indonesia bekerja sama dengan kementrian dan dinas terkait yang memiliki spesifikasi dan fokus di bidang UMKM.

Sementara itu, IKEA Social Entrepreneurship Acceleration (I-SEA) lebih berfokus pada wirausaha sosial di seluruh dunia yang bekerja sama dengan loko partner, installer.

“Ini merupakan tahun ke dua jalan tahun ketiga kami melakukan I-SEA. Sudah ada 10 social entrepreneur yang terakselerasi dari batch pertama. Kemudian di tahun 2024 kita meluncurkan batch ke 2. Antusias program ini cukup besar sehingga partnership ini akan terus berlangsung sampai 2026,” ujar Tasha.

Rencana kedepannya IKEA akan melanjutkan program ini hingga dapat mengakselarasi generasi social entrepreneurship selanjutnya. Dengan harapan tahun 2025 dapat mengakselarasi 20 entreprise.

Infografis desain-desain interior rumah
Infografis desain-desain interior rumah yang bisa menjadi ide untuk menata kembali rumah Anda. (Dok: Liputan6/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya