Pasar Kripto Loyo Akhir Pekan Ketiga Mei 2023, Ini Penyebabnya

Analis menyebut ada beberapa penyebab yang mengakibatkan pasar kripto terus dalam posisi bearish atau tertekan.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 21 Mei 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2023, 06:00 WIB
Pasar Kripto Loyo Akhir Pekan Ketiga Mei 2023, Ini Penyebabnya
Pasar kripto kembali tertekan menjelang akhir pekan ketiga Mei 2023. Harga Bitcoin dilaporkan melemah pada Jumat 19 Mei 2023 setelah turun tajam di bawah level kunci minggu ini USD 27.000 atau setara Rp 403,6 juta (Foto: Unsplash/Raphael Wild)

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto kembali tertekan menjelang akhir pekan ketiga Mei 2023. Harga Bitcoin dilaporkan melemah pada Jumat 19 Mei 2023 setelah turun tajam di bawah level kunci minggu ini USD 27.000 atau setara Rp 403,6 juta (asumsi kurs Rp 14.950 per dolar AS).

Di samping itu, indeks Dolar AS (DXY) melonjak ke puncak tertinggi dalam tujuh minggu, semakin menekan pasar kripto sehingga menghilangkan potensi reli akibat banyak investor yang mengalihkan dananya dari aset yang berisiko. 

Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menyebut ada beberapa penyebab yang mengakibatkan pasar kripto terus dalam posisi bearish. 

Komentar Pejabat The Fed

Fyqieh menjelaskan, Hal utama sentimen negatif adalah komentar Hawkish dari pejabat The Fed mengguncang pasar kripto minggu ini, karena prospek suku bunga AS tetap lebih tinggi dan tidak ada jeda, sehingga menunjukkan peningkatan peluang untuk memegang aset yang tidak terlalu berisiko, seperti dolar AS.  

"Dua pejabat The Fed, Dallas Lorie Logan dan James Bullard sepakat inflasi AS tampaknya tidak mendingin cukup cepat untuk memungkinkan Fed menghentikan sementara laju kenaikan suku bunga yang dimulai lebih dari setahun yang lalu,” ujar Fyqieh dalam analisis pasar harian, Minggu (21/5/2023).

Ketua The Fed, Jerome Powell dijadwalkan untuk berbicara pada Jumat malam dan investor mengantisipasi dia akan memperbarui pandangan tersebut sehubungan dengan data ekonomi yang bisa dibilang beragam sejak pertemuan terakhir The Fed pada awal Mei. 

 


inflasi Amerika Serikat

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)
Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Pidato yang akan disampaikan akan memperjelas apakah saat ini Fed akan fokus untuk menurunkan inflasi AS atau menjaganya tetap di angka 5 persen karena adanya banyak pertimbangan.

"Jika Fed memutuskan untuk menjaga angka inflasi di 5 persen, dolar AS kemungkinan besar akan mengalami koreksi dalam nilainya dan mayoritas aset berisiko akan bergerak naik,” tutur Fyqieh.

Tapi sebaliknya, jika memutuskan menurunkan inflasi dengan cara meningkatkan suku bunga acuan, maka akan ada efek yang lebih besar secara negatif untuk perekonomian Amerika, namun akan ada dampak positif secara jangka pendek untuk nilai dolar AS.

Pembicaraan Utang Amerika Serikat (AS)

Sentimen negatif lainnya, investor terus mempertimbangkan pembicaraan plafon utang yang sedang dibahas oleh pemerintah AS dan langkah peraturan terbaru. Kisaran perdagangan yang membuat frustrasi ini telah mematikan banyak investor dan jika fundamental kripto tidak membaik dalam waktu dekat, tekanan ke bawah dapat berlanjut.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Harga Kripto Sabtu 20 Mei 2023

Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.
Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Sabtu, (20/5/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau masih berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu, 20 Mei 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih melemah 0,06 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 0,38 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 26.886 per koin atau setara Rp 401,5 juta (asumsi kurs Rp 14.936 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali menguat. Ethereum naik tipis 0,20 persen sehari terakhir dan 0,34 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 27,07 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih terkoreksi. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 0,56 persen dan 0,01 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,60 juta per koin. 

Kemudian crypto Cardano (ADA) masih berada zona merah. ADA anjlok 1,77 persen selama 24 jam terakhir dan 0,30 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.503 per koin.

 


Harga Solana

Solana Kripto.
Solana Kripto.

Adapun Solana (SOL) juga turut memerah. SOL turun 0,38 persen dalam sehari dan 2,12 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 304.246 per koin.

XRP masih melanjutkan penguatan. XRP terbang 1,16 persen dalam 24 jam dan 8,72 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 6.993 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) turut kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 1,43 persen, tetapi masih menguat 1,87 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.099 per token.

Harga kripto hari ini untuk stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,12 triliun atau setara Rp 16.728 triliun. 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya