Mengenal Lebih Dekat Kripto Pendle Coin

Salah satu keunggulan Pendle Finance yaitu memiliki proses yang transparan antara Pendle Finance dan investor.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 14 Jul 2023, 13:17 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2023, 13:17 WIB
Mengenal Lebih Dekat Kripto Pendle Coin
Pendle Finance memiliki proses yang transparan antara Pendle Finance dan investor untuk mendukung banyak protokol dan aset. (Foto: Unsplash/Traxer)

Liputan6.com, Jakarta - Pendle Finance adalah protokol DeFi pertama yang memungkinkan perdagangan hasil token masa depan dalam sistem pembuat pasar otomatis (AMM), kripto Pendle Coin menjadi utilitas dari jaringan ini.

Dilansir dari Coinmarketcap, hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pemilik aset yang menghasilkan imbal hasil untuk menghasilkan pengembalian tambahan dan mengunci pengembalian di masa mendatang, sambil menawarkan investor paparan langsung ke aliran pengembalian di masa depan tanpa memerlukan agunan dasar.

Bertujuan untuk memberikan manajemen hasil yang holistik dan bebas gangguan pada satu platform dengan mendukung banyak protokol dan aset, Pendle Finance memiliki proses yang transparan antara Pendle Finance dan investor. Semua transaksi di jaringan dilakukan dan diverifikasi oleh smart contract (dApps), yang menunjukkan operasi berbasis kejujuran.

Kripto PENDLE adalah token utilitas yang dapat digunakan dalam transaksi tata kelola setelah Pendle Finance cukup matang. Melayani peran kunci dalam mekanisme dan tata kelola akrual nilai protokol, koin PENDLE mengadopsi model inflasi hibrida. 

Emisi dimulai dengan insentif tetap sebesar 1,2 juta PENDLE per minggu selama 26 minggu pertama, kemudian insentif likuiditas turun 1 persen per minggu hingga minggu ke-260. Pada titik ini, tingkat inflasi terminal 2 persen per tahun didasarkan pada pasokan token yang beredar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membedah Kripto CRE Coin dan Gerak Harganya

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, CRE Coin atau Carry adalah kripto yang dikembangkan oleh proyek blockchain milik Carry Protokol. Dilansir dari situs resminya, Kripto CRE Coin adalah proyek blockchain yang mengkompensasi konsumen untuk berbagi data offline dan menerima iklan.

Data tersebut bertujuan untuk mengembalikan kontrol privasi data dan hak monetisasi kembali ke konsumen. Tujuan utama Carry adalah menjadi cryptocurrency pertama yang digunakan secara luas oleh konsumen sehari-hari.

Untuk menarik massa, CRE Coin bermitra dengan pemain terbesar di Korea Selatan untuk memulai penyebaran dan mempercepat pertumbuhan, termasuk Dodo Point, layanan loyalitas terbesar Korea untuk toko offline dengan 22.000 lebih pedagang offline sebagai klien dan 25 juta pengguna di Korea dan Jepang.

Carry bertujuan untuk menciptakan ekosistem di mana semua konsumen, toko, dan pengiklan dapat memperoleh manfaat. 

Ini dapat membantu toko untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsumen mereka dengan data pembelian yang dibagikan konsumen, membantu pengiklan mengirim lebih banyak iklan bertarget ke pelanggan yang tepat, dan memberdayakan konsumen untuk memiliki hak untuk mengontrol dan memonetisasi data mereka.

Dilansir dari situs Indodax Academy, CRE Coin sendiri saat ini sudah tersedia di platform pertukaran kripto lokal yaitu Indodax. Jadi, CRE Coin bisa menjadi salah satu kripto yang dilirik oleh investor lokal. 

Harga CRE Coin

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu (12/7/2023), harga Carry (CRE Coin) adalah Rp 57,90 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 1,3 triliun. Carry melemah 28,28 persen dalam 24 jam terakhir. 

Sedangkan peringkatnya di Coinmarketcap saat ini adalah 433, dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp 568 miliar Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 8.785.037.464 CRE koin dengan maksimal suplai tidak tersedia.

 


Perusahaan Pinjaman Kripto Bangkrut, DCG Dituntut

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, pertukaran mata uang kripto Gemini, kreditur terbesar dari perusahaan pemberi pinjaman kripto yang bangkrut, Genesis Capital, menggugat perusahaan induk Digital Currency Group (DCG) dan CEO-nya. 

Gugatan ini dilakukan sehari setelah DCG melewatkan tenggat waktu pertukaran karena menyetujui kesepakatan restrukturisasi untuk unit bermasalah perusahaan modal ventura.

DCG dan Gemini, dua pemain terkemuka di industri kripto, telah berselisih beberapa kali selama beberapa bulan terakhir setelah keruntuhan Genesis, yang mengajukan kebangkrutan pada Januari.

Gugatan tersebut menuduh DCG dan CEO-nya Barry Silbert salah mengartikan perlakuan akuntansi atas kewajiban tertentu yang diasumsikan DCG dari Genesis sebagai akibat dari kerugian yang diderita Genesis akibat runtuhnya dana lindung nilai kripto yang berbasis di Singapura Three Arrows Capital pada Juni 2022.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara DCG mengatakan pihaknya berharap untuk segera menyelesaikan kasus kebangkrutan Genesis. 

"Setiap saran tentang kesalahan oleh DCG atau karyawannya tidak berdasar, memfitnah, dan sepenuhnya salah. Sejak hari pertama, DCG tetap berkomitmen untuk mencapai solusi damai bagi semua pihak atas kebangkrutan Genesis," kata juru bicara itu, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (11/7/2023).

Perselisihan antara Gemini dan DCG memuncak awal pekan ini setelah Gemini menetapkan tenggat waktu bagi DCG untuk menyetujui kesepakatan restrukturisasi pada Kamis. Salah satu pendiri Gemini, Cameron Winklevoss mengatakan setelah tenggat waktu itu, perusahaannya akan menuntut DCG dan Silbert.

Meskipun unit pemberi pinjaman Genesis awalnya telah menguraikan rencana untuk keluar dari kebangkrutan pada Mei, namun belum mencapai kesepakatan tentang rencana restrukturisasi dengan kreditur, yang berutang lebih dari USD 3 miliar atau setara Rp 45,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.135 per dolar AS).

Menurut pengajuan pengadilan, Gemini berusaha untuk mendapatkan kembali lebih dari USD 1,1 miliar atau setara Rp 16,6 triliun dari Genesis.

 


Ekosistem Kripto Kecolongan hingga USD 30 Miliar Sejak 2012

Aset Kripto
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Sejak 2012 hingga saat ini, lebih dari USD 30 miliar crypto telah diretas dalam 1.101 insiden yang terdokumentasi. Menurut perusahaan keamanan blockchain, SlowMist, lima besar peretasan yang paling umum terkena pencurian adalah terkait kerentanan smart contract, rug pulls, serangan flash loan, penipuan, dan kebocoran kunci pribadi. Kerugian mewakili sekitar 2,5 persen dari kapitalisasi pasar cryptocurrency saat ini.

Dari total insiden, ada 118 peretasan pertukaran, 217 peretasan ekosistem Ethereum, 162 peretasan ekosistem BNB Smart Chain, 119 peretasan ekosistem EOS, dan 85 peretasan terkait token nonfungible, atau NFT.

Melansir Cointelegraph, Minggu (9/7/2023), kerugian nilai tukar adalah yang paling tajam, berjumlah lebih dari USD 10 miliar hilang dalam dekade terakhir. Peristiwa peretasan dengan kerugian lebih dari USD 1 miliar memuncak pada awal 2010-an dan dari 2019 hingga 2021.

Insiden keamanan agak diredam sejak 2022 dan seterusnya, yang konsisten dengan laporan lain. Pada hari-hari awal Bitcoin, serangan penting termasuk peretasan Mt.Gox 2014 dan peretasan Bitfinex 2016.

Mt.Gox adalah pertukaran Bitcoin terbesar di dunia pada saat ia mengajukan kebangkrutan pada 2014 setelah menemukan 850.000 BTC pelanggannya (USD 25,2 miliar pada saat publikasi) telah dicuri melalui peretasan selama beberapa tahun. Perusahaan sejak itu telah memulihkan 200.000 BTC (USD  6,1 miliar) dan mendistribusikannya kembali ke kreditor.

Demikian pula, pada 2016, Bitfinex mengalami pelanggaran keamanan yang mengakibatkan hilangnya 119.576 BTC senilai sekitar USD 70 juta pada saat itu dan USD 3,7 miliar sekarang. Pada 8 Februari 2022, 94.000 BTC yang dicuri ditemukan kembali oleh agen khusus yang bekerja untuk Departemen Kehakiman Amerika Serikat.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya