Menkes: Target Vaksinasi COVID-19 Penyandang Disabilitas di Jawa-Bali Sebanyak 225 Ribu

Menkes menargetkan 225 ribu penyandang disabilitas di Jawa dan Bali menerima vaksinasi COVID-19

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 09 Jul 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2021, 18:00 WIB
Penyandang Disabilitas menjalani vaksinasi di Yogyakarta
Penyandang Disabilitas menjalani vaksinasi di Yogyakarta. dok Kemenkes

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa hingga saat ini, sudah ada lebih dari 20 ribu penyandang disabilitas yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menkes dalam sambutannya secara virtual di Pencanangan Vaksinasi COVID-19 Bagi Penyandang Disabilitas-Sentra Vaksinasi Hippindo Kemenkop UKM.

Dalam kegiatan tersebut, Budi Gunadi mengungkapkan bahwa sebelumnya ia juga telah mengunjungi beberapa lokasi vaksinasi seperti di Sentra Vaksinasi Serviam dan Rumah Sakit Jiwa Bogor.

"Targetnya memang kita ingin sesegera mungkin bisa melakukan vaksinasi disabilitas terhadap 225 ribu sasaran di Jawa dan Bali," kata Budi Gunadi pada Jumat (9/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini


Prioritas di Jawa dan Bali

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menghadiri acara Mata Najwa dalam sesi 'Beres-beres Kursi Menkes' pada 6 Januari 2021. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Menkes mengatakan, Jawa dan Bali menjadi prioritas untuk vaksinasi disabilitas karena termasuk zona merah COVID-19, dengan kenaikan kasus yang tinggi.

Budi Gunadi mengatakan bahwa sebagai bagian dari warga Indonesia, penyandang disabilitas memang memiliki keterbatasan untuk mengakses program vaksinasi COVID-19.

"Kementerian Kesehatan tanggal 16 April yang lalu sudah mengeluarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan untuk memasukkan kelompok disabilitas ini, sebagai kelompok yang prioritasnya sama dengan prioritas tenaga publik."


Disabilitas dalam Prioritas Vaksinasi

Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Disabilitas dan ODGJ
Petugas Puskesmas Gembor melakukan vaksinasi Covid-19 kepada anak berkebutuhan khusus dengan mendatangi langsung dari rumah kerumah di kecamatan Priuk, Kota Tangerang, Selasa (8/6/2021). Vaksinasi diberikan untuk memberikan kekebalan tubuh agar terhindar dari Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Surat tersebut adalah SE Menkes No. HK.02.01/MENKES/598/2021 Tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Bagi Masyarakat Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas, Serta Tenaga Pendidik, dan Tenaga Pendidikan.

"Dengan demikian, mereka bisa mendapatkan prioritas vaksinasi yang lebih dahulu, sebelum masyarakat umum," kata Budi Gunadi.


Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!
Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M! (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya