Spoiler Serial Best Foot Forward, Diangkat Dari Kisah Nyata Seorang Difabel

Satu lagi serial drama keluarga yang menceritakan kisah nyata seorang penyandang disabilitas disebut akan menyetuh hati pemirsa.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 28 Jul 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2022, 10:00 WIB
Joshua Sundquist. Foto: instagram @joshsundquist
Joshua Sundquist. Foto: instagram @joshsundquist

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi serial drama keluarga yang akan menyentuh hati penonton lewat kisah nyata seorang penyandang disabilitas.

Serial drama keluarga Apple TV+ Best Foot Forward mengisahkan tentang seorang anak laki-laki berusia 12 tahun bernama Josh yang hidupnya berubah drastis ketika ia pindah dari homeschooling ke sekolah umum. Ia sangat bersemangat untuk berteman dan memiliki pengalaman baru yang luar biasa, tetapi ia harus mempersiapkan diri untuk banyak hal yang tidak ia duga.

Karya sutradara Matt Fleckenstein ini adalah pertunjukan yang menyenangkan yang berfokus pada pencarian jati diri seorang anak laki-laki dalam menyesuaikan diri dengan dunia yang baru.

Dilansir dari The Cinemaholic, 'Best Foot Forward' merupakan cerita hidup Joshua Sundquist yang telah mencapai banyak hal dalam hidupnya; ia menceritakan beberapa pengalamannya dalam buku 'Just Don't Fall: How I Grow Up, Conquered Illness, and Made it Down the Mountain.'

'Best Foot Forward' ini fokus pada saat ia menginjak usia remaja. Pada usia sembilan tahun, Joshua didiagnosis menderita kanker tulang langka, yang menyebabkan salah satu kakinya diamputasi. Beberapa tahun kemudian, ia dinyatakan bebas dari kanker, dan sejak itu, ia mencoba beberapa hal dan mengasah kemampuan dirinya.

Sementara kisah-kisah seperti itu mungkin memotivasi banyak orang, Joshua tidak menganggapnya sebagai cerita menarik. Namun ketika ia ditawari untuk menceritakan kisahnya pada usia 12 tahun, ia pun setuju.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Terkenal sebagai pembalap ski

Joshua diketahui telah mewakili AS di Paralimpiade Turin sebagai pembalap ski dan juga seorang penulis terkenal dan motivator.

Mengingat kehidupan yang ia miliki, sebelumnya ia telah mendengar banyak cerita yang berfokus pada penyandang disabilitas sebagai pusatnya. Namun, baginya, semua cerita ini tampak lebih terfokus pada disabilitas daripada orangnya.

Mereka umumnya hanya berputar di bagaimana orang tersebut mengalami nasib buruk menimpa mereka dan bagaimana mereka berhasil dalam usaha mereka meskipun tragedi mereka.

Dalam 'Best Foot Forward,' ia menemukan kesempatan untuk memiliki kehidupan praremaja pada umumnya dengan perjuangannya.

 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kehidupan di sekolah umum

Kala itu Josh keluar dari lingkungan homeschoolingnya ke dalam sistem sekolah umum, yang membuka dunia peluang baru serta tantangan baginya. Meskipun ia memiliki kaki palsu, itu tidak menentukan hidupnya, dan kisahnya lebih fokus pada dirinya yang menjalani sekolah menengah seperti anak lainnya.

Untuk memiliki cerita yang memiliki daya tarik universal, seperti kesempatan besar bagi penulis.

"Ini bukan hanya tentang kanker dan bagaimana hal itu mempengaruhi kehidupan anak-anak. Itu setelah semua itu, pasca-homeschooling, saya keluar dari zona aman--rumah. Itu bisa menjadi cerita anak berusia dua belas tahun; kaki palsu itu kebetulan menjadi bagian dari dirinya," ujarnya.

 


Tumbuh dewasa dalam disabilitas

Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, Joshua berbagi, “Sesuatu yang benar-benar membuat saya tertarik adalah, kami menceritakan kisah universal tentang tumbuh dewasa… hanya melalui lensa perspektif unik dari karakter utama yang unik.”

Joshua percaya bahwa cerita seperti itu sangat penting dalam membawa perubahan perspektif pada penonton mengenai penyandang disabilitas, itulah mengapa sangat penting bagi 'Best Foot Forward' untuk diceritakan dengan cara yang benar.

Apalagi itu perlu karena acara semacam ini jarang terlihat di televisi. Sebagai seorang anak, atlet Paralimpiade telah melihat banyak orang dengan satu kaki dalam kehidupan nyata, tetapi tidak ada yang mewakili mereka di TV atau di film.

Joshua menambahkan, “Fakta bahwa karakter unik seperti Josh sudah sejak lama didambakan namun baru terlihat di layar saat ini adalah hal yang konyol.” Sehingga, dengan 'Best Foot Forward,' penulis bertujuan untuk mengubah perbedaan itu dalam representasi sambil juga menyajikan serial sehat yang dapat ditonton keluarga bersama.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya