Selebriti dengan ADHD/ADD, Justin Timberlake dan Adam Levine Masuk Daftar

ADHD merupakan gangguan otak yang memengaruhi cara seseorang memperhatikan, duduk diam, dan mengendalikan perilaku, ini daftar selebriti yang memiliki ADHD/ADD.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 21 Jul 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 17:00 WIB
Justin Timberlake pada 2022. (Jordan Strauss/Invision/AP, File)
Justin Timberlake pada 2022. (Jordan Strauss/Invision/AP, File)

Liputan6.com, Jakarta Attention Deficit Disorder (ADD) dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan gangguan otak yang memengaruhi cara seseorang memperhatikan, duduk diam, dan mengendalikan perilaku.

ADHD ditandai dengan kurangnya perhatian, hiperaktivitas, dan terkadang impulsivitas yang terus-menerus, umumnya dimulai sejak masa kanak-kanak dan sering kali berlanjut hingga dewasa.

Sebanyak 2 dari 3 anak dengan ADHD terus mengalami gejala saat dewasa. Gejala ADHD dapat berbeda pada setiap orang, tetapi ada tiga tipe dasar ADHD.

Setiap tipe diidentifikasi berdasarkan gejala hiperaktivitas, impulsivitas, dan kurangnya perhatian.

ADHD cenderung diturunkan dalam keluarga. Ketika seseorang didiagnosis ADHD, ada kemungkinan 25%-35% bahwa anggota keluarga lainnya juga akan mengalami kondisi yang sama, dibandingkan dengan 4%-6% pada masyarakat umum.

Para ahli mengatakan bahwa dengan perawatan dan dukungan yang tepat, ADHD sebenarnya dapat menjadi kekuatan. Berikut ini beberapa selebriti dan tokoh terkenal yang memiliki ADHD, seperti dilansir dari WebMD pada Minggu, 21 Juli 2024.

1. Justin Timberlake

Beberapa selebritas yang mengidap ADHD mengungkapkan bahwa kondisi tersebut telah berkontribusi pada kesuksesan mereka, memberikan mereka dorongan kreativitas dan energi yang tinggi.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa mereka menghadapi berbagai tantangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan kondisi tersebut.

Aktor, penyanyi, dan komposer asal Amerika Serikat, Justin Timberlake mengatakan dirinya memiliki OCD bersamaan dengan ADD.

"Saya mengidap OCD yang bercampur dengan ADD. Cobalah untuk hidup dengan keduanya," kata  pelantun "Can't Stop The Feeling" ini.

OCD atau Obsessive Compulsive Disorder adalah gangguan mental yang ditandai dengan adanya pikiran obsesif yang berulang dan perilaku kompulsif yang dilakukan untuk mengatasi kecemasan. Gangguan ini dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang, serta memengaruhi hubungan dengan orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Adam Levine

Adam Levine
Adam Levine (Carlo Allegri/AP Photo)

Menulis untuk Majalah Additude, vokalis Maroon 5, Adam Levine mengungkapkan bahwa ia telah berjuang melawan ADHD sepanjang hidupnya.

"Sulit bagi saya untuk duduk, fokus, dan mengerjakan tugas sekolah," kata Levine.

Di masa dewasa, Levine mengungkapkan bahwa gangguan perhatian yang ia hadapi sering kali menimbulkan masalah saat ia mencoba menulis lagu atau melakukan rekaman di studio.

"Saya terkadang kesulitan menulis lagu dan rekaman di studio," tulisnya. "Saya tidak selalu bisa fokus dan menyelesaikan semua yang harus saya lakukan," ungkapnya.

Meskipun ia tahu bahwa ADHD tidak hilang saat bertambah tua, Levine menyadari bahwa orang dengan ADHD dapat menemukan cara untuk berfungsi dan berkembang.

"ADHD bukanlah hal yang buruk, dan Anda seharusnya tidak merasa berbeda dari mereka yang tidak memiliki ADHD," katanya.


3. Paris Hilton

Paris Hilton Tampil Cantik Berkilau di Versace Fall/Winter 2023
Sosialita AS Paris Hilton. (ANGELA WEISS/AFP)

Sosialita dan pebisnis wanita terkenal ini memulai memoar barunya, "Paris: The Memoir," berbicara jujur tentang ADHD.

Sejak halaman pertama dan setidaknya 45 kali sepanjang buku, ia menggambarkan bagaimana ADHD sangat memengaruhi dan bahkan membentuk hidupnya di berbagai momen.

"Namun, gangguan itu juga membentuk siapa saya sekarang, jadi jika saya ingin mencintai hidup saya, saya harus mencintai ADHD saya. Dan saya memang mencintai hidup saya," tulisnya, seperti mengutip dari Today.

Hilton mengatakan dirinya menderita ADD sejak berusia sekitar 12 tahun. Dia mengatakan kepada Larry King dari CNN bahwa hal itu tidak memengaruhi kariernya.

"Itu adalah sesuatu yang telah saya hadapi sepanjang hidup saya." 


4. Greta Gerwig

Pesona Greta Gerwig Tampil Cantik di Festival Film Venice 2022
Greta Gerwig (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP)

Mengutip dari Today, sutradara dan aktor film Barbie, Greta Gerwig mengatakan kepada The Guardian pada bulan Juli 2023 bahwa dirinya didiagnosis ADHD saat dewasa.

"Waktu kecil, ibu saya berkata, 'Ayo daftarkan dia ke setiap kegiatan. Ayo buat dia lelah.' Saya selalu punya antusiasme yang besar," kenangnya.

"Saya tertarik pada hampir semua hal. Imajinasi saya sangat aktif. Saya memiliki banyak perasaan yang dalam dan saya sangat emosional," ujarnya.

Infografis Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental
Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental.(Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya