Lansia di Inggris akan Disuntik Penguat Vaksin untuk Lawan 3 Varian COVID-19

Pemerintah Inggris akan memberikan suntikan penguat vaksin COVID-19 kepada warga berusia 70 tahun ke atas mulai September 2021.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Mar 2021, 21:05 WIB
Diterbitkan 29 Mar 2021, 21:00 WIB
ilustrasi vaksin
ilustrasi vaksin. Photo by Daniel Schludi on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Inggris akan memberikan suntikan penguat vaksin COVID-19 kepada warga berusia 70 tahun ke atas mulai September 2021. Suntikan penguat itu untuk melindungi mereka dari varian baru Virus Corona. 

Kepala vaksinasi Inggris Nadhim Zahawi menyatakan, selain kepada lansia, suntikan penguat juga akan diberkan kepada tenaga kesehatan di garis depan dan pekerja perawatan sosial. Mareka akan menjadi yang paling awal mendapatkan suntikan penguat vaksin COVID-19 sebanyak tiga dosis dalam 10 bulan pertama setelah suntikan digunakan.

Zahawi juga mengatakan, para menteri mengharapkan hingga delapan vaksin tersedia pada musim gugur, termasuk satu yang dapat melindungi dari tiga varian COVID-19 yang berbeda dalam satu suntikan.

Mengutip dari The Sun, Senin (29/3/2021), ketika ditanya kapan suntikan penguat akan dimulai, Zahawi berkata, "Waktu yang paling mungkin adalah September."

Saat ini, dua vaksin COVID-19 tersedia di Inggris - yang dibuat oleh AstraZeneca dan Pfizer - dengan dosis sepertiga, dibuat oleh Moderna, diharapkan pada April 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:


Vaksin Drive In Direncanakan

Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)
Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)

Zahawi juga mengatakan, "Pemerintah sudah berbicara dengan ketiga pabrikan itu tentang membuat versi baru vaksin yang akan lebih efektif terhadap varian virus COVID-19."

Delapan vaksin pada akhirnya dapat disetujui oleh regulator kesehatan Inggris, termasuk satu oleh Novavax yang dapat mencakup beberapa varian berbeda. "Teknologi Novavax memungkinkan kita untuk memiliki vaksin dua varian atau tri-varian seperti yang Anda lakukan dengan flu," kata dia.

"Jadi di dalam vaksin itu sendiri, vaksin itu bisa memiliki lebih dari satu varian." Dia menambahkan, Novavax akan tersedia untuk program vaksinasi musim gugur.

Vaksin COVID-19 dilaporkan tidak akan diberikan bersamaan dengan vaksin flu, meskipun kedua program akan berjalan berdampingan.

Itu terjadi setelah Government's Scientific Advisory Group for Emergencies (Sage) memperingatkan bahwa vaksin saat ini, termasuk Pfizer dan Moderna, mungkin 10 kali lebih efektif terhadap varian seperti yang dari Afrika Selatan.

Sementara itu, Zahawi mengatakan, pusat drive-through bagi orang-orang untuk mendapatkan vaksin kemungkinan besar akan muncul di seluruh Inggris dalam beberapa bulan mendatang. "Kami melakukan beberapa uji coba suntikan vaksin drive-in yang luar biasa yang berjalan dengan sangat baik. Dan lagi, saat kami mengikuti kelompok dalam penerapan saat ini, Anda akan melihat lebih banyak lagi."

 

Reporter: Veronica Gita


Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya