Warga di 5 Negara Gelar Pawai Solidaritas Dukung Palestina, Embargo Israel

Berikut adalah beberapa negara yang mengadakan demonstrasi untuk menunjukan dukungannya terhadap Palestina.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Mei 2021, 21:57 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2021, 20:30 WIB
Aksi Solidaritas Palestina di Bandung
Demonstran berbaris untuk mendukung warga Palestina selama unjuk rasa di Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (22/5/2021), di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina. (TIMUR MATAHARI / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Di seluruh dunia, pawai solidaritas pro-Palestina diadakan sebagai bagian dari demonstrasi untuk menuntut pemerintah masing-masing agar menjatuhkan sanksi dan embargo militer untuk menghentikan pasokan senjata ke Israel.

Protes-protes ini diadakan di London, Melbourne, Paris, dan juga di Kota Bandung.

Dikutip dari Al Jazeera, Minggu (23/5/2021), berikut adalah beberapa kota yang mengadakan demonstrasi untuk menunjukan dukungannya terhadap Palestina:


Inggris

FOTO: Dukungan Warga Dunia untuk Rakyat Palestina
Orang-orang memegang bendera Palestina saat mereka berbaris dalam solidaritas untuk rakyat Palestina di tengah konflik yang sedang berlangsung dengan Israel selama demonstrasi di London, Inggris, Sabtu (15/5/2021). (AP Photo/Alberto Pezzali)

Pada pawai di London, Paul Brennan dari Al Jazeera melaporkan bahwa ada "rasa lega" dengan serangan Israel yang sudah berhenti -- tetapi masih banyak yang harus dilakukan.

"Ada sentimen bahwa konflik tidak boleh dilupakan," katanya.

Beberapa dari yang ikut pawai dibungkus dengan bendera Palestina dan memicu asap merah dan hijau dengan yang lainnya membawa spanduk "Bebaskan Palestina", "Hentikan Pengeboman Gaza" dan "Sanksi Terhadap Israel."

 

Australia

Ratusan pengunjuk rasa berkumpul di luar Gedung Parlemen sebelum berbaris melalui pusat kota di Adelaide.

"Kita perlu ingat bahwa hanya karena mereka mengumumkan gencatan senjata, bukan berarti itu sudah berakhir. Ini tidak akan pernah berakhir sampai Palestina merdeka," ujar anggota komunitas Palestina Australia Jana Fandi yang menghadiri rapat umum tersebut.

Di Sydney, ribuan pengunjuk rasa berkumpul di Hyde Park sebelum berbasis di jalan-jalan, meneriakkan dan melambaikan spanduk mereka.

"Warga Palestina terus menghadapi kekerasan dari pasukan pendudukan Israel dan itu tidak akan berakhir sampai pendudukan berakhir," kata aktivis Kelompok Aksi Palestina Dalia al-Haj Qasem.


Prancis

FOTO: Dukungan Warga Dunia untuk Rakyat Palestina
Para pengunjuk rasa berkumpul di Alun-Alun Republique selama protes terlarang untuk mendukung warga Palestina di Jalur Gaza di Paris, Prancis, Sabtu (15/5/2021). Pawai untuk mendukung warga Palestina di Jalur Gaza diadakan di belasan kota di Prancis, tetapi fokusnya adalah di Paris. (AP Photo/Rafael

Protes solidaritas di ibu kota, Paris, diadakan dengan ribuan orang yang menghadiri pawai.

Bertrand Heilbronn, presiden Asosiasi Solidaritas Palestina Prancis yang mengorganisir untuk rasa Paris dan demonstrasi lainnya mengatakan bahwa gencatan senjat"Gencatan senjata tidak menyelesaikan pertanyaan itu. Pertarungan ini menyangkut semua orang yang terikat pada nilai-nilai keadilan, martabat dan hukum."

Para demonstran di ibu kota meneriakkan slogan-slogan seperti "Palestina akan hidup, Palestina akan menang", atau "Pembunuh Israel, kaki tangan Macron", "Kita semua adalah orang Palestina"

 

Jerman

Ratusan orang berunjuk rasa untuk mendukung warga Palestina dalam demonstrasi yang diadakan di kota Frankfurt dan Berlin, Jerman.

Di Berlin, ratusan orang datang ke unjuk rasa, banyak dari mereka yang mengibarkan bendera Palestina dan membawa poster dengan tulisan, "Bebaskan Palestina."

Demonstran berbaris untuk mendukung warga Palestina selama unjuk rasa di Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (22/5/2021), di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina. (TIMUR MATAHARI / AFP)

Indonesia

Kemarin, hari Sabtu 22 Mei 2021, massa dari Aliansi Masyarakat Jabar Peduli Palestina membentangkan bendera raksasa di depan Gedung Merdeka, Kota Bandung.

Bendera tersebut sebelumnya dibentangkan oleh massa dari Gedung Sate melalui jalan kaki hingga akhirnya tiba di depan Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika.

Koordinator aksi Julhayadi Arya Puntara mengatakan, perkiraan jumlah massa yang hadir dalam aksi solidaritas untuk Palestina ini diikuti 5.000 orang.

“Jadi kami melakukan aksi ini berawal dari Gedung Sate tadi pagi. Kita pembukaan dulu di sana, orasi-orasi, dan perform. Kemudian dilanjutkan long march dari Gedung Sate ke Gedung Merdeka,” kata Julhayadi.


Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina

Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya