Topan Lupit Terjang Barat Daya Jepang, Peringatan Banjir-Longsor Dikeluarkan

Menurut Badan Meteorologi Jepang, Topan Lupit diperkirakan akan mencapai Laut Jepang setelah mendarat di dekat Kure di Prefektur Hiroshima.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 09 Agu 2021, 13:03 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2021, 13:03 WIB
Ilustrasi topan
Ilustrasi topan

Liputan6.com, Kyushu - Topan Lupit menerjang Jepang barat dengan angin kencang dan hujan lebat pada Senin 9 Agustus 2021 pagi.

Sebelumnya, angin topan dan hujan lebat itu mendarat di wilayah barat daya Kyushu Minggu 8 Agustus malam, kata badan cuaca setempat seperti dikutip dari laman Xinhua, Senin (9/8/2021).

Menurut Badan Meteorologi Jepang, Topan Lupit diperkirakan akan mencapai Laut Jepang setelah mendarat di dekat Kure di Prefektur Hiroshima pukul 05:00 waktu setempat.

Topan ini diperkirakan sambil membawa hujan deras dan angin kencang ke wilayah Jepang barat, timur dan utara hingga Selasa 10 Agustus.

Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap kemungkinan tanah longsor dan banjir.

Peringatan tanah longsor dikeluarkan di beberapa bagian prefektur Hiroshima, Shimane, Ehime, dan Oita.

Beberapa sungai di Prefektur Hiroshima dan Yamaguchi, Jepang pun dilaporkan berada di tingkat peringatan banjir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perkiraan Lebih Lanjut

Ilustrasi topan badai di pesisir (AFP Photo)
Ilustrasi topan badai di pesisir (AFP Photo)

Diperkirakan dalam 24 jam hingga Selasa pagi, curah hujan akan mencapai 300 mm untuk wilayah Tokai di Jepang tengah dan antara 100 mm hingga 180 mm di wilayah yang terbilang luas termasuk, Kanto dan Kinki.

Pada Senin pukul 06:00 waktu setempat, topan bergerak ke timur laut dengan kecepatan sekitar 45 km per jam sekitar 70 km selatan-barat daya Yonago, Prefektur Tottori.

Tekanan atmosfer Topan Lupit pada pusatnya adalah 985 hectopascal, dan kecepatan angin mencapai 126 kpj.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya