Kebakaran Rumah Sakit di Rumania Tewaskan 9 Orang

Insiden kebakaran di RS Rumania bukanlah hal baru.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 02 Okt 2021, 13:00 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2021, 13:00 WIB
Sembilan Pasien COVID-19 Tewas Akibat Kebakaran di RS Rumania
Staf medis membantu pasien bernapas melalui masker oksigen setelah kebakaran di bagian ICU COVID-19 Rumah Sakit Penyakit Menular di pelabuhan Laut Hitam Constanta, Rumania (1/10/2021). Pihak berwenang mengatakan kebakaran telah menewaskan sembilan pasien COVID-19 di ICU. (AP Photo/Costin Dinca)

Liputan6.com, Constanta - Sebuah rumah sakit di Rumania mengalami kebakaran yang menimbulkan korban jiwa. Ini bukan pertama kalinya Rumania mengalami insiden kebakaran rumah sakit selama pandemi COVID-19.

Berdasarkan laporan euronews, Sabtu (2/10/2021), kebakaran ini terjadi pada Jumat kemarin di Rumah Sakit Penyakit Menular di Constanta. Saat itu, ada 113 orang yang sedang dirawat, dan 10 lainnya di ruang rawat intensif.

Pemicu kebakaran belum diketahui. 

Sembilan orang meninggal dunia akibat kebakaran ini. Pada foto-foto yang beredar, tampak para pasien duduk di halaman rumah sakit sambil memakai alat kesehatan.

Presiden Klaus Iohannis mengakui bahwa sistem kesehatan Rumania sudah ketinggalan zaman. Pandemi COVID-19 pun memperparah situasi.

"Ini adalah drama baru yang mengerikan yang mengkonfirmasi adanya infrastruktur yang defisien di sistem kesehatan Rumania," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sejarah Berulang

Sembilan Pasien COVID-19 Tewas Akibat Kebakaran di RS Rumania
Seorang pasien bersandar di pohon yang terbungkus selimut setelah kebakaran di bagian ICU COVID-19 Rumah Sakit Penyakit Menular di pelabuhan Laut Hitam Constanta, Rumania (1/10/2021). Pihak berwenang mengatakan kebakaran telah menewaskan sembilan pasien COVID-19. (AP Photo/Costin Dinca)

Rumania sudah dua kali mengalami kebakaran rumah sakit di tengah pandemi COVID-19. Pertama di Desember 2020, kemudian April 2021. 

Para keluarga korban di RS di Constanta itu berkumpul di depan rumah sakit dan mengkritik sejarah yang berulang ini. 

"Sejarang terulang. Tak ada yang dilakukan untuk meningkatkan kondisi-kondisi di rumah sakit," ujar seorang wanita kepada media lokal. Ibunya meninggal pada insiden ini.

Direktur RS, Stela Halichidis, berkata telah memperbaiki masalah listrik dan instalasi pemanas pada Januari lalu.

Menteri Kesehatan Attila Cseke berkata investigasi telah dilakukan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya