Singapura Terima Gelombang Pertama Obat COVID-19 Paxlovid Pfizer

Singapura telah menerima batch pertama pil Paxlovid Pfizer, setelah pihak berwenang mengumumkan pekan lalu bahwa mereka telah menyetujui tablet oral untuk pengobatan COVID-19.

oleh Hariz Barak diperbarui 13 Feb 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2022, 15:00 WIB
Obat COVID-19 Paxlovid buatan Pfizer
Obat COVID-19 Paxlovid buatan Pfizer. (Dok. Pfizer)

Liputan6.com, Singapura - Singapura telah menerima batch pertama pil Paxlovid Pfizer, setelah pihak berwenang mengumumkan pekan lalu bahwa mereka telah menyetujui tablet oral untuk pengobatan COVID-19 pada pasien dewasa yang berisiko terkena penyakit parah.

"Batch pertama Paxlovid telah tiba di pantai kami minggu ini," kata Menteri Kesehatan Ong Ye Kung dalam sebuah posting Facebook pada hari Sabtu 12 Februari, dikutip dari Channel News Asia, Minggu (13/2/2022).

"Ini adalah obat anti-virus oral pertama yang disetujui untuk pengobatan infeksi COVID-19 di Singapura. Ini akan diresepkan dan diprioritaskan bagi mereka yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit COVID-19 yang parah," tambahnya.

"Dengan lebih banyak pilihan pengobatan, kami sekarang berada dalam posisi yang lebih baik untuk memberikan perawatan yang baik bagi warga Singapura yang terinfeksi COVID-19."

Paxlovid telah ditemukan untuk mengurangi risiko rawat inap terkait COVID-19 atau kematian sebesar 88,9 persen ketika pengobatan diberikan dalam waktu tiga hari sejak timbulnya gejala, menurut tinjauan Otoritas Ilmu Kesehatan (HSA) terhadap data klinis berdasarkan studi Pfizer yang sedang berlangsung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rekomendasi Penggunaan Paxlovid

Singapura Segera Bagikan Alat Tes Covid-19 Mandiri Secara Gratis
Ilustrasi tes rapid antigen COVID-19. (dok. Mika Baumeister/Unsplash.com)

Paxlovid terdiri dari dua tablet nirmatrelvir dan satu tablet ritonavir, dikemas bersama untuk penggunaan oral. Nirmatrelvir adalah obat antivirus sementara ritonavir mempertahankan tingkat darah nirmatrelvir untuk khasiat antivirus.

Pil harus diminum dua kali sehari selama lima hari, kata HSA pada 3 Februari, dengan pengobatan dimulai "sesegera mungkin setelah diagnosis dibuat, dalam waktu lima hari sejak timbulnya gejala COVID-19".

HSA menambahkan bahwa data in vitro juga menunjukkan bahwa Paxlovid "aktif" terhadap varian yang berlaku, termasuk Delta dan Omicron.

Paxlovid sejauh ini telah diberi wewenang di beberapa negara termasuk Amerika Serikat dan Israel, sementara Uni Eropa telah mengizinkan negara-negara anggota untuk menggunakannya sebelum persetujuan resmi sebagai tindakan darurat terhadap varian Omicron.

Regulator produk medis China mengumumkan pada hari Sabtu bahwa mereka telah memberikan persetujuan bersyarat untuk Paxlovid, menjadikannya pil anti-coronavirus oral pertama yang disetujui di negara itu untuk mengobati penyakit tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya