Kepala Intelijen Rusia Ungkap Alasan Serangan ke Ukraina

Kepala intelijen Rusia mendukung tindakan Presiden Vladimir Putin untuk menyerang Ukraina.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 17 Mar 2022, 14:01 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2022, 14:01 WIB
Korban Perang Ukraina Terlihat dalam Gambar dan Air Mata
Sebuah kendaraan militer yang rusak terparkir di Kharkiv, Ukraina, Rabu, 16 Maret 2022. Invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-21. Berbagai upaya negosiasi menuju kompromi telah dilakukan demi menuju perdamaian di antara kedua belah pihak. (AP Photo/Andrew Marienko)

Liputan6.com, Moskow - Kepala intelijen Rusia berkata masa depan negaranya sedang dipertaruhkan. Di tengah invasi Ukraina ini, ia berkata negaranya berada di momen bersejarah.

Ia pun membenarkan invasi yang dilakukan Presiden Rusia Vladimir Putin ke negara lain. Rusia menyebut invasi ini sebagai "operasi militer khusus".

"Rusia sedang hidup di momen bersejarah. Masa depan dan tempat Rusia di masa depan sedang dipertaruhkan," ujar Direktur Foreign Intelligence Service, Sergey Naryshkin, dikutip media pemerintah Rusia, TASS, Kamis (17/3/2022).

Sergey Naryshkin berkata Presiden Putin telah melakukan operasi militer dengan visi yang realistis terkait situasi dunia. Apabila operasinya ditunda, maka situasi bertambah negatif.

Intelijen Rusia juga berkata melakukan operasi militer demi melindungi populasi Donbass yang separatis. Meski demikian, Rusia justru menyerang kota-kota yang berjauhan dari Donbass, termasuk Kyiv.

"Keputusan presiden untuk melaksanakan operasi militer khusus dengan tujuan melindungi populasi Donbass dan melindungi keamanan negara kita memerlukan analisis hukum-hukum sejarah dan visi yang sangat tepat dan realistis pada situasi dunia," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sebagian Warga Ukraina Pilih Kembali Pulang Meski Perang

Korban Perang Ukraina Terlihat dalam Gambar dan Air Mata
Seorang tentara memeluk kerabat yang melarikan diri dari perang, beberapa menit sebelum berangkat dengan bus menuju Polandia, di Vinnytsia, Ukraina, Rabu, 16 Maret 2022. (AP Photo/Rodrigo Abd)

Stasiun di kota Lviv, Ukraina barat, dipenuhi penumpang yang keluar, berlomba-lomba untuk mendapatkan kursi di kereta agar bisa meninggalkan negara yang dilanda serangan Rusia. Meskipun bersyukur atas sambutan negara Eropa lain, banyak yang mendapati diri mereka tidak dapat memulai hidup baru di luar negeri.

Sambil menyeka air mata, Svitlana Natalukha (60), mengatakan keluarganya melakukan perjalanan selama total lima hari, pertama melarikan diri dari Ukraina, kemudian kembali, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (17/3).

Ia bersama putrinya yang berusia 28 tahun Galyna Kanuka, dan dua cucunya meninggalkan rumah di wilayah Kharkiv timur dan tiba dengan selamat di Polandia, tetapi datang lagi ke Lviv (Ukraina) pada Rabu kemarin.

Keluarga itu memuji keramahan Polandia tetapi dilumpuhkan oleh prospek besar kehidupan baru yang tak menentu di luar negeri. "Relawan banyak membantu," kata Kanuka, meringkuk di platform di samping gundukan tas yang masih ia kemas.

"Mereka menyuruh kami untuk melanjutkan perjalanan ke kota-kota lain dan mencari lebih banyak sukarelawan di sana."

Ia juga menyebutkan kendala bahasa yang memperumit pengobatan penyakit anak laki-lakinya, sehingga memutuskan untuk kembali.


Infografis Invasi Rusia:

Infografis Upaya Gencatan Senjata Rusia-Ukraina
Infografis Upaya Gencatan Senjata Rusia-Ukraina (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya