Penembakan di Sekolah California, Anak 12 Tahun Diduga Tersangka Ditangkap

Laporan penembakan mengirim petugas ke Madison Park Academy di lingkungan Sobrante Park sekitar pukul 13:30 waktu setempat.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 30 Agu 2022, 10:24 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2022, 10:08 WIB
Penembakan Senjata Api
Ilustrasi Foto Penembakan dengan Senjata Api (iStockphoto)

Liputan6.com, California - Penembakan di AS terjadi lagi, dilaporkan melanda Madison Park Academy di lingkungan Sobrante Park pada Senin 29 Agustus 2022 waktu setempat. 

"Laporan penembakan mengirim petugas ke Madison Park Academy di lingkungan Sobrante Park sekitar pukul 13:30," kata polisi seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (30/8/2022).

Polisi kemudian menemukan seorang anak laki-laki berusia 13 tahun dengan luka tembak, dan seorang anak laki-laki lainnya melarikan diri setelah penembakan tetapi segera ditahan, kata Kepala Polisi Oakland LeRonne Armstrong pada konferensi pers.

"Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun itu kemudian ditahan pada Senin 29 Agustus 2022 karena dicurigai menembak dan melukai seorang siswa di sebuah sekolah di Oakland timur," kata pihak berwenang.

Sementara itu, siswa yang terluka dirawat di rumah sakit dalam kondisi stabil.

Rincian lainnya tidak segera dirilis.

"Saya sedih bahkan berpikir bahwa seorang anak akan membawa senjata ke sekolah," kata Armstrong. "Tidak ada orang tua yang ingin mengirim anak-anak mereka ke sekolah pada hari itu dan kemudian dipanggil untuk diberitahu anak Anda tertembak. Itu hal terburuk yang bisa kamu dengar.”

Tidak jelas apakah anak berusia 12 tahun itu bersekolah di akademi yang memiliki sekitar 750 siswa di kelas enam hingga 12.

Sejauh ini pihak Oakland Unified School District yang terkait belum memberi komentar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pria Tak Dikenal Tembak Kerumunan di dalam Bar Los Angeles, 6 Orang Terluka

Ilustrasi Tembakan
Ilustrasi Tembakan (Steve Buissinne/Pixabay).

Sebelumnya, enam orang terluka setelah seorang pria melepaskan tembakan di dalam bar yang dalam keadaan ramai di kota Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu 28 Agustus dini hari. Media lokal melaporkan, penembakan itu terjadi sekitar pukul 12.45 waktu setempat di Holiday Bar yang terletak di 2471 Whittier Boulevard, Boyle Heights, menurut stasiun televisi KTLA.

Saksi mata mengatakan kepada polisi bahwa telah terjadi perkelahian antara beberapa orang ketika seorang pria mengeluarkan pistol dan menembak ke arah kerumunan, kata laporan itu, seperti dikutip dari laman Xinhua, Senin (29/8/2022).

Ia menambahkan bahwa empat pria dan dua wanita terluka, termasuk satu korban dalam kondisi kritis.

Tersangka, seorang pria berusia 25 tahun, ditahan. Insiden penembakan tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.


Penembakan di Mal Terbesar AS

Mall of America. (AFP)
Mall of America. (AFP)

Awal bulan ini, seseorang melepaskan tembakan pada Kamis 4 Agustus 2022 di Mall of America yang berada di pinggiran kota Minneapolis, Amerika Serikat. Peristiwa penembakan itu membuat pembeli berlarian mencari perlindungan, tetapi polisi mengatakan tampaknya tidak ada yang terluka.

Polisi Bloomington juga mengatakan mereka masih mencari tersangka setelah mengamankan tempat kejadian, Mall of America, sesaat sebelum pukul 06.00 sore waktu setempat.

Mereka mengatakan lockdown yang memaksa beberapa pembeli untuk berlindung di tempat itu, sementara yang lain melarikan diri, sedang dalam proses dicabut, tetapi mal itu tidak akan dibuka kembali pada hari Kamis.

Video yang diposting ke media sosial menunjukkan apa yang tampak seperti seorang pria berteriak ketika dia berjalan di dekat toko Nike di kompleks mal itu, dengan setidaknya melepaskan tiga tembakan.

Kepala Polisi Bloomington Booker T. Hodges selama konferensi pers Kamis malam di mal mengatakan dua kelompok terlibat pertengkaran di sebuah toko, satu kelompok pergi, tetapi seseorang dalam kelompok itu memutuskan untuk menembakkan tiga peluru ke sebuah toko dengan orang-orang di sekitarnya.

"Untungnya, saat ini tampaknya tidak ada yang terluka," kata Hodges seperti dikutip dari AP, Jumat (5/8/2022)

Polisi sedang mencari dua orang tetapi hanya satu yang membawa senjata, kata Hodges. Dia mengatakan seorang petugas polisi Bloomington berada di tempat kejadian dalam waktu 30 detik.

Hodges berkata jika seseorang memutuskan mereka tidak menghargai kehidupan manusia, "Saya tidak tahu apa yang bisa kita lakukan tentang itu."

Juru bicara mal Dan Jasper mengatakan mal akan dibuka kembali hari Jumat ini, dengan lebih banyak keamanan mal dan polisi di lokasi.

"Senjata tidak diperbolehkan di properti Mall of America," kata Jasper.

Mal, yang dibuka pada tahun 1992, adalah yang terbesar di AS dan merupakan tujuan wisata dan tempat berkumpulnya komunitas. 


Penembakan di Rumah Liverpool Tewaskan Bocah 9 Tahun, Pelaku Diburu

Penembakan Senjata Api
Ilustrasi Foto Penembakan dengan Senjata Api (iStockphoto)

Sebelumnya lagi, penembakan brutal melanda Liverpool. Seorang bocah jadi korban. Polisi terus memburu orang yang menembak mati seorang gadis berusia sembilan tahun di rumahnya di Liverpool.

Dilansir BBC, Rabu (24/8/2022), Olivia Pratt-Korbel dibunuh oleh seorang pria bersenjata bertopeng yang mengejar seorang pria tak dikenal ke sebuah rumah di daerah Dovecot pada Senin malam.

Polisi Merseyside telah mengimbau siapa pun yang memiliki informasi untuk melapor, termasuk anggota "persaudaraan kriminal" Liverpool.

Polisi sedang meninjau rekaman CCTV dan melakukan penyelidikan dari rumah ke rumah.

Mereka mengatakan pria bersenjata itu "menembak tanpa pandang bulu", memukul dada Olivia saat dia berdiri di belakang ibunya. 

Cheryl Korbel dipukul di pergelangan tangan dan di tubuhnya, selama penembakan di Kingsheath Avenue sekitar pukul 22:00 BST.

Mereka belum berbicara dengan pria yang terluka, yang belum ditangkap dan dirawat di rumah sakit dalam kondisi serius, tetapi tidak mengancam jiwa.

Sementara itu, Nyonya Korbel sedang dalam pemulihan akibat penembakan itu. Ia berada di rumah sakit lain.

 

Infografis Penembakan 31 Pekerja di Papua
Infografis Penembakan 31 Pekerja di Papua. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya