Kisah Dua Orang Asing Bertemu di Sungai Nil, Jatuh Cinta dan Akhirnya Menikah

Christina Ward baru mengenal Wahid Kandil selama enam bulan ketika dia memintanya untuk menikah dengannya "Berlayar di Sungai Nil itu ajaib," katanya.

oleh Linda Sapira diperbarui 13 Mei 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2023, 11:00 WIB
Foto Christi dan Wahid di Piramida Mesir (Tangkapan layar dari website cnn.com)
Foto Christi dan Wahid di Piramida Mesir (Tangkapan layar dari website cnn.com)

Liputan6.com, Kairo - Christina Ward baru mengenal Wahid Kandil selama enam bulan ketika dia memintanya untuk menikah dengannya.

Pasangan itu sedang duduk di bangku yang menghadap ke Sungai Nil suatu malam, Kuil Luxor kuno menyala di belakang mereka. Wahid menoleh ke Christina. "Jadi, apakah kita akan menikah?," Dia bertanya.

Christina hampir tertawa, pertanyaan itu entah dari mana dan sudah lama ditunggu-tunggu olehnya. Sejak bertemu sebagai rekan kerja di kapal wisata Nil, Christina dari Inggris dan Wahid asal Mesir menghabiskan setiap momen yang mereka lakukan bersama. 

"Untuk bisa mengatakan saya jatuh cinta saat berlayar menyusuri Sungai Nil di bawah bulan dan bintang terdengar sangat romantis, tapi itulah yang terjadi," kata Christina kepada CNN Travel yang dikutip Sabtu (13/5/2023).

Christina tiba di Mesir pada bulan Oktober 1996, atas keinginannya sendiri. Dia berusia 28 tahun dan sangat ingin melihat dunia, jadi tugasnya selama enam bulan sebagai pemandu wisata yang berbasis di Mesir untuk sebuah perusahaan perjalanan petualangan merupakan kesempatan yang sempurna. Dia pada dasarnya dibayar untuk bepergian, di sisi lain mencintai Mesir dan terpesona oleh sejarah kuno negara itu. 

Sebagai pemimpin tur, Christina bertanggung jawab untuk mengurus kelompok yang terdiri dari 25 wisatawan dalam perjalanan selama dua minggu ke seluruh penjuru Mesir.

"Kami akan mengunjungi Luxor, Aswan, Hurghada, dan Kairo. Juga melakukan banyak perjalanan sampingan seperti menunggang keledai saat matahari terbit ke Valley of the Kings atau Lembah Para Raja, menunggang unta ke biara-biara yang ditinggalkan di padang pasir, dan makan malam di rumah keluarga Suku Nubia," kenang Christina.

Bagian dari setiap perjalanan berlangsung di tempat yang disebut Christina sebagai "the backpackers boat of the Nile".

Dirinya berlayar di sebuah Kimo, yaitu kapal wisata kecil yang menampung serangkaian kabin berisi tempat tidur susun, tempat Christina dan anak buahnya akan tidur saat berada di atas kapal, serta ruang makan dan tempat berjemur, tempat pesta parau berlangsung, dan berlayar menyusuri sungai. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perkenalan Christina kepada Kru Kimo, Awal Mula Bertemu Wahid

Situs Mesir Kuno Turut Terdampak Perubahan Iklim
Ilustrasi Peradaban Mesir Kuno. (dok. Unsplash.com/Spencer Davis)

Pada malam pertamanya di Mesir, Christina memperkenalkan diri kepada kru Kimo. Dia ingin membangun hubungan yang baik dengan rekan-rekan barunya.

Dia sangat ingin bertemu dengan manajer kapal, Wahid Kandil yang berusia 26 tahun, karena mereka akan bekerja sama dengan erat. Sebagai manajer, adalah tugas Wahid untuk memastikan semua yang ada di kapal berjalan lancar, serta menjaga kru, perbekalan, anggaran, dan membantu Christina memastikan para turis bersenang-senang.

Wahid yang lahir di Kairo sebelumnya memiliki gelar di bidang hortikultura dan sempat menjadi insinyur pertanian di sebuah pertanian besar di padang pasir, tetapi menurutnya bekerja di kapal wisata jauh lebih menyenangkan.

Wahid senang bertemu orang-orang dari seluruh dunia – dan dia masih bisa menyalurkan kecintaannya pada berkebun ketika mengajak turis dalam perjalanan sampingan ke pulau-pulau yang tersebar di sepanjang Sungai Nil, dan mengajari mereka tentang spesies tanaman lokal.

Pada malam keduanya di Mesir, Christina mendapati dirinya duduk di sebelah Wahid di luar salah satu kabin Kimo. Keduanya merokok bersama dan "sedikit menggoda" seperti yang dikatakan Chirstina.

Dia langsung menyukai Wahid, dan malam itu Christina menulis satu atau dua baris tentang dia di buku hariannya. Wahid juga menyukai Christina, tapi dia waspada.

Selama bekerja di Kimo, dia melihat sebuah tren – wanita muda akan datang dari Inggris untuk bekerja sementara di bidang pariwisata Mesir dan menikmati hubungan singkat dengan penduduk setempat. Dia merasa mereka mencari pacar orang Mesir demi hal baru, dan Wahid biasanya menjauhi romansa itu.

"Saya selalu menolak itu," kata Wahid.

Namun seiring berlalunya hari, Wahid dan Christina tertarik satu sama lain. Tentu, mereka berdua sibuk dengan tur – dan tidak ada privasi di Kimo, jadi tidak ada percakapan mendalam, seperti yang dikatakan Wahid. Tapi mereka mencuri waktu setiap ada kesempatan untuk mengobrol dan menggoda.


Jatuh Cinta di Sungai Nil

Sungai Nil (1)
Ilustrasi matahari terbenam seperti tampak dari El Mansoura pada 4 April 2010. (Sumber Flickr/HuTectShOts)

Sejak hari pertama, Christina senang bekerja sebagai pemandu wisata. Dia menikmati bepergian keliling Mesir, terutama dirinya menyukai hari-hari yang dihabiskan di atas Kimo.

"Berlayar di Sungai Nil itu ajaib," katanya. Suatu malam, Christina menurunkan rombongan turnya untuk makan malam di darat, Kota Aswan, Mesir.

Kemudian dia muncul kembali ke perahu untuk melihat apakah dia bisa mengunjungi Wahid. Dia melihatnya, berjalan mendekat untuk menyapa, dan bertanya apa yang dia lakukan nanti.

"Aku tidak bermaksud apa-apa dengan itu," kata Christina hari ini. "Ya, memang begitu," kata Wahid sambil tertawa.

Wahid mengatakan dia ada pada malam itu, jadi dia dan Christina berjanji untuk bertemu di bar hotel terdekat. Tapi kemudian Christina mendapat panggilan dari tugas pemandu wisatanya, dan dia akhirnya terlambat 45 menit dari waktu yang ditentukan.

Dia tidak punya cara untuk menghubungi Wahid dan memberi tahu dia, juga tak punya ponsel. Jadi, setelah menyelesaikan pekerjaan, baru dirinya pergi ke hotel secepat yang dia bisa.

"Saat saya masuk, wajahnya seperti petir," kata Christina. Wahid berdiri di dekat resepsionis, menulis catatan untuk calon kencannya, yang akan dia tinggalkan bersama staf.

"Itu nada yang cukup marah," kata Wahid kepada CNN, mengingat bahwa dia telah menulis, "Tidak ada yang pernah memperlakukan saya seperti ini". 


Berkomitmen untuk Menikah

Menikah - Vania
Ilustrasi Menikah/https://www.shutterstock.com/KiryIV 

Begitu pasangan itu duduk di tepi Sungai Nil di Luxor, mereka langsung berbicara tentang prospek pernikahan. Saat itu, Christina yakin dia dan Wahid akan berbagi masa depan.

Tetapi ada banyak hal yang tidak diketahui dalam persamaan ini. Di mana mereka akan tinggal?, Apa yang akan dipikirkan keluarga mereka?, Haruskah mereka menunggu sedikit lebih lama sebelum terjun ke dalam komitmen ini?.

"Saya tidak mengatakan 'ya', tidak juga mengatakan 'tidak' – saya bingung apa yang harus dilakukan," kata Christina.

Christina mempertanyakan apakah dia harus kembali ke Inggris untuk sementara waktu, "Menghapus diri saya secara logis dan melihat apakah ini hal yang benar untuk dilakukan," tambahnya.

Tetapi ketika sampai pada saat itu, Christina tidak dapat memaksa dirinya untuk kembali. "Saya hanya tahu saya tidak bisa meninggalkan Mesir tanpa dia," tuturnya.

Christina sedang bersama rombongan tur di Kairo ketika dia membuat keputusan. Itu adalah hari yang panjang dan menegangkan, dan dia mendapati dirinya berharap Wahid ada di sisinya.

Menikah, kata Wahid, adalah sebuah janji bahwa "dengan orang inilah Anda ingin menghabiskan hidup Anda."

Bagi Christina dan Wahid, pernikahan adalah awal babak baru. Mereka memutuskan tidak akan tinggal di Mesir, dan mereka juga tidak akan tinggal di Inggris – mereka akan memulai dari awal, di tempat yang baru.

"Kami berdua ingin memulai hidup baru bersama di suatu tempat," kata Christina. "Kami hanya tahu kami ingin melakukannya bersama".

Keluarga Wahid memberi semangat, mengatakan kepadanya bahwa dia harus melakukan apa yang benar untuknya, meskipun salah satu saudara perempuannya menyuarakan beberapa kekhawatiran.

Sementara itu, Christina menelepon ibunya yang ada di Inggris. "Anda harus datang ke Mesir untuk berkunjung," tambahnya. "Ada seseorang yang aku ingin kau temui".

Ketika ibu Christina bertemu Wahid, dia langsung tahu, bahwa putrinya ingin menikah dengan Wahid.

Kini mereka sudah menikah selama 25 tahun.

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah
Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya