Kaki Wanita Ini Tersangkut di Travelator Bandara Thailand, Luka Parah dan Diamputasi

Turis, yang belum teridentifikasi ini sedang dalam perjalanan mengejar penerbangan domestik di bandara internasional Bangkok Thailand ketika kaki kirinya 'tertelan' oleh travelator. Nahas ia harus diamputasi.

oleh Chesa Andini Saputra diperbarui 30 Jun 2023, 19:40 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2023, 19:40 WIB
Pemandangan terminal kedatangan yang kosong di Bandara Internasional Don Mueang di Bangkok.
Pemandangan terminal kedatangan yang kosong di Bandara Internasional Don Mueang di Bangkok. (Sumber: AFP)

Liputan6.com, Bangkok - Nasib nahas dialami seorang wanita Thailand berusia 57 tahun pada Kamis 29 Juni 2023 lalu di bandara. Ia harus rela kakinya diamputasi akibat terjebak di travelator atau lintasan jalan bergerak di bandara internasional Bangkok.

Kecelakaan aneh ini belum sepenuhnya dijelaskan oleh pihak berwenang.

Direktur Bandara Internasional Don Mueang, Karant Thanakuljeerapat, mengatakan insiden itu terjadi sekitar pukul 08:27 waktu setempat di koridor selatan terminal penumpang domestik.

Berbicara pada konferensi pers, Karant mengatakan wanita itu, yang sedang melakukan perjalanan ke kota selatan Nakhon Si Thammarat, mengalami kecelakaan parah itu di ujung jalan yang bergerak setelah kaki kirinya tersangkut.

Petugas medis merespons dengan cepat dan wanita itu dipindahkan ke rumah sakit terdekat, meskipun parahnya kondisi luka menyebabkan kakinya harus diamputasi sampai ke tempurung lutut, mengutip dari CNN, Jumat (30/6/2023).

Saat ini, korban wanita itu telah dipindahkan ke Rumah Sakit Internasional Bumrungrad, salah satu fasilitas medis terbaik di negara itu.

"Saya ingin menyampaikan kesedihan terdalam kami," kata Karant kepada wartawan.

Dia mengatakan Airports Of Thailand (AOT), perusahaan milik negara yang mengoperasikan bandara di seluruh negeri, akan menanggung semua biaya pengobatan dan memberikan kompensasi.

Semua jalan yang bergerak bandara telah ditangguhkan layanannya. Selain itu penyebab insiden tragis itu juga tengah diselidiki dan para insinyur melakukan pemeriksaan keamanan, tambahnya.

"Penyebab kejadian masih dalam penyelidikan. Kita mungkin perlu membentuk komite pencari fakta dengan orang dari luar untuk bergabung, agar mencapai ketidakberpihakan dan transparansi," kata Karant lagi.

Rekaman CCTV di salah satu bandara Thailand itu tersedia hanya ada dari jauh, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelidiki.

Maka dari itu, Karant tidak ingin membuat kesimpulan pada tahap awal ini. Tetapi ia tetap bersikeras membela adanya pemeliharaan rutin dan pemeriksaan bandara, dan mengatakan jalan setapak telah beroperasi selama 39 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pariwisata Thailand

Ilustrasi bendera Thailand (AP/Sakchai Lalit)
Ilustrasi bendera Thailand (AP/Sakchai Lalit)

Bandara Don Mueang adalah salah satu dari dua bandara internasional di Bangkok yang terletak di bagian utara ibu kota. Sebelumnya merupakan bandara utama hingga 2006, dan digantikan posisinya oleh Bandara Suvarnabhumi yang lebih besar.

Thailand adalah tujuan wisata yang sangat populer bagi mereka yang mencari cuaca hangat dan pantai berpohon palem. Negara ini juga telah mendorong keras pariwisata kesehatan dengan adanya banyak rumah sakit swasta.

Sebelum pandemi Virus Corona COVID-19 pada tahun 2019, sektor pariwisata Thailand menyumbang sekitar 12% dari perekonomian negara dengan hampir 40 juta wisatawan.

Jumlah kedatangan tercatat berkurang selama pandemi COVID-19, tetapi mulai pulih dalam beberapa bulan terakhir. Thailand mengalahkan target turisnya pada kuartal pertama 2023, mencatat 6,15 juta kedatangan antara Januari dan Maret.


Horor, Eskalator Tiba-Tiba Arahnya Berbalik Cepat

Wanita Salah Naik Eskalator
Ilustrasi eskalator ramai (Sumber: TikTok/ig_andikopangrib121)

Berikut adalah kisah tragedi lain yang menyangkut eskalator dan semacamnya. 

Kejadian yang satu ini berlangsung di sebuah mal Tiongkok. Sebuah eskalator di Langham Place Mall, Hongkong tiba-tiba berbalik arah dengan kecepatan tinggi.

Akibatnya kecelakaan tak terhindarkan. Para pemakai tangga jalan itu berhamburan jatuh.

Seperti dilansir Shanghaiist, video kecelakaan itu beredar luas di media sosial. Dalam video itu tampak orang-orang menumpuk karena gagal menyelamatkan diri. 

Orang-orang yang berjatuhan ke lantai itu mengalami cidera. Ada sebanyak 18 orang pengunjung mal tersebut luka-luka. Tampak orang tua mengalami cidera parah. Dia harus dipapah untuk bisa keluar dari tempat horor tersebut.


Penyebab Kecelakaan

5 Fakta Unik Terciptanya Eskalator yang Belum Banyak Orang Tahu, Ada Sejak 1892
Ilustrasi eskalator (Sumber: Thyssenkrupp)

Departemen terkait yang menangani masalah tersebut mengatakan, penyebab kecelakaan eskalator itu karena salah rantainya putus. Namun tim mekanik mal tersebut tidak menjelaskan kenapa sistem pengereman eskalator gagal menghentikan lajunya. 

Karena kecelakaan ini, Langham Place Mall langsung melakukan pengecekan pada semua eskalatornya. Pihak manajemen mal juga menyatakan, eskalator yang "error itu baru saja lulus pengecekan hanya beberapa hari sebelum kejadian.

Polisi setempat telah menangkap 2 pekerja kontraktor yang bertanggungjawab pada eskalator mal tersebut.

Untuk membaca secara lengkap, klik link ini.

Infografis . Setahun Pandemi Covid-19, Pariwisata Dunia dan Indonesia Terpuruk
Infografis . Setahun Pandemi Covid-19, Pariwisata Dunia dan Indonesia Terpuruk
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya