PM Israel Ngamuk, Berjanji Perang Tanpa Ampun dengan Hamas di Gaza Palestina

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersumpah akan mengerahkan kekuatan penuh militer Israel melawan kelompok Hamas di Jalur Gaza.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 08 Okt 2023, 13:02 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2023, 13:02 WIB
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Dok. AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersumpah akan mengerahkan kekuatan penuh militer Israel melawan kelompok Hamas di Jalur Gaza.

Ia memperingatkan Israel akan mengalami hari-hari sulit di masa depan ketika negara itu membalas serangan mengejutkan yang telah menyebabkan ratusan orang tewas dan mengubah kota-kota perbatasan yang sepi menjadi zona perang.

“Pasukan Pertahanan Israel akan segera bertindak untuk menghancurkan kemampuan Hamas,” kata Netanyahu dalam pidato yang disiarkan televisi, dikutip dari BBC, Minggu (8/10/2023).

“Kami akan melumpuhkan mereka tanpa ampun dan membalas hari kelam yang mereka timbulkan terhadap Israel dan warganya,” dikutip dari laman

“Warga Gaza, keluarlah sekarang. Kami akan berada di mana saja dan dengan segenap kekuatan kami,” tambahnya, ketika ribuan tentara cadangan menuju pangkalan militer untuk melakukan serangan balasan.

Benjamin Netanyahu menyampaikan kemarahannya sekitar 16 jam setelah ratusan teroris Hamas menyusup ke Israel dari Gaza, menyerang kota-kota.

Tindakan Hamas ini menewaskan sedikitnya 250 orang Israel, banyak dari mereka warga sipil, melukai lebih dari 1.500 orang dan menyandera puluhan orang.

 


Aksi Penculikan Warga Sipil

Bendera Israel. (AFP Photo/Thomas Coex)
Bendera Israel berkibar di dekat Gerbang Jaffa di Kota Tua Yerusalem (20/3). Gerbang Jaffa adalah sebuah portal yang dibuat dari batu yang berada dalam deret tembok bersejarah Kota Lama Yerusalem. (AFP Photo/Thomas Coex)

Ribuan roket dari Gaza menghantam wilayah selatan dan wilayah sejauh Tel Aviv dan Yerusalem dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Mereka adalah musuh yang membunuh anak-anak dan wanita di rumah mereka, di tempat tidur mereka. Musuh yang menculik orang tua, anak-anak, remaja," kata Netanyahu.

"Pembunuh yang membantai dan membantai warga negara kita, anak-anak kita, yang hanya ingin bersenang-senang di hari raya kita.”

“Apa yang terjadi hari ini belum pernah terjadi sebelumnya di Israel, dan saya akan memastikan hal itu tidak terjadi lagi.”

Sambil mengepalkan tinjunya dan melontarkan kata-katanya dengan kemarahan, Netanyahu bersumpah bahwa Israel akan “memenangkan perang ini,” namun memperingatkan akan konsekuensi yang besar, dan mengisyaratkan kemungkinan serangan darat.

“Perang ini akan memakan waktu. Ini akan sulit. Kami menghadapi hari-hari sulit di depan kami,” katanya.

Menuduh Hamas melancarkan “perang yang kejam dan jahat,” perdana menteri tersebut mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin dunia lainnya yang dia ajak bicara telah “berjanji bahwa Israel akan memiliki kebebasan bertindak untuk melanjutkan pertempuran ini.”


230 Orang Palestina Dilaporkan Tewas

Protes Warga Palestina Pascaserangan Militer Israel ke Kota Nablus
Warga Palestina mengibarkan bendera nasional saat protes terhadap serangan militer Israel ke Kota Nablus, Tepi Barat, di sepanjang pagar perbatasan dengan Israel di sebelah timur Kota Gaza, 22 Februari 2023. Para pejabat Palestina mengatakan sejumlah warga Palestina telah terbunuh dan lebih dari seratus orang terluka dalam serangan tentara Israel yang jarang terjadi di Tepi Barat. (AP Photo/Adel Hana)

Lebih dari 230 warga Gaza telah terbunuh dan 1.000 lainnya terluka sejauh ini, menurut para pejabat di sana.

Tentara Israel telah meminta penduduk di tujuh wilayah berbeda di Gaza yang telah lama diblokade untuk meninggalkan rumah mereka dan pindah ke pusat kota atau berlindung di tempat penampungan.

Para saksi mata mengatakan kepada BBC bahwa puluhan keluarga mulai meninggalkan rumah mereka dan berlindung di sekolah-sekolah yang dikelola PBB.

Di X (sebelumnya Twitter), pengguna di Gaza menggambarkan serangan udara tersebut sebagai serangan yang "terus menerus" dan "besar-besaran".


Israel Akan Putus Jaringan Listrik di Gaza

Ilustrasi Bendera Israel dan Yerusalem (AFP)
Ilustrasi Bendera Israel dan Yerusalem (AFP)

Israel juga dilaporkan akan memutus pasokan listrik, bahan bakar, dan barang ke Gaza, menurut laporan media yang mengutip pernyataan dari kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Gaza sudah dilanda kegelapan pada Sabtu (7/10) ketika pemerintah Israel memutus aliran listrik ke wilayahnya.

Selain Mesir, Israel juga memblokade Jalur Gaza sejak tahun 2007 dengan alasan keamanan.

Israel mengontrol wilayah udara di Gaza dan garis pantainya serta membatasi siapa dan barang apa yang boleh masuk dan keluar melalui penyeberangan perbatasannya.

Demikian pula, Mesir mengontrol siapa yang masuk dan keluar melalui perbatasannya dengan Gaza.

Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya