RS Al-Shifa yang Terbesar di Gaza Lumpuh, Dokter Minta Bayi-bayi Prematur Diselamatkan

Para dokter memohon bantuan setelah rumah sakit terbesar di Gaza, Al-Shifa di Kota Gaza, lumpuh dan berhenti berfungsi sebagai rumah sakit pada akhir pekan. Di antara pasien yang paling rentan adalah bayi baru lahir.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 14 Nov 2023, 21:20 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2023, 21:20 WIB
Bayi prematur di Rumah Sakit Al Shifa Gaza dibaringkan di atas aluminium foil agar tetap hangat setelah inkubator mereka dimatikan karena listrik padam pada Minggu, 12 November 2023. (Medical Aids for Palestine)
Bayi prematur di Rumah Sakit Al Shifa Gaza dibaringkan di atas aluminium foil agar tetap hangat setelah inkubator mereka dimatikan karena listrik padam pada Minggu, 12 November 2023. (Medical Aids for Palestine)

Liputan6.com, Gaza - Para dokter memohon bantuan setelah rumah sakit terbesar di Gaza, Al-Shifa yang berada di Kota Gaza, lumpuh dan berhenti berfungsi sebagai rumah sakit pada akhir pekan ketika listrik padam dan ledakan terjadi di halaman, tempat ribuan orang berlindung di tengah perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung.

Anggota staf di dalam menggambarkan adegan putus asa saat mereka berjuang untuk menjaga pasien mereka yang paling rentan tetap hidup.

"Kami tidak mempunyai listrik. Tidak ada air di rumah sakit. Tidak ada makanan. Orang-orang akan meninggal dalam beberapa jam jika ventilator tidak berfungsi," kata seorang dokter dari kelompok kemanusiaan internasional Doctors Without Borders/Médecins Sans Frontières (MSF) dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan Senin 13 November 2023, dikutip dari ABC News, Selasa (14/11/2023).

"Di depan gerbang utama banyak jenazah. Ada juga jenazah yang terluka, kami tidak bisa membawa mereka masuk," lanjut pernyataan itu, seraya menambahkan bahwa upaya untuk mengevakuasi pasien berakhir dengan penyerangan.

Ahmed Mokhallalati, kepala operasi plastik Al-Shifa, mengatakan kepada ABC News dalam sebuah wawancara telepon hari Senin bahwa bau busuk dari jenazah di luar sangat buruk sehingga mereka harus menutup jendela rumah sakit.

Tapi dia, bersama para dokter yang masih tinggal di RS Al-Shifa, tidak mau meninggalkan pasiennya.

"Tim medis setuju untuk meninggalkan rumah sakit hanya jika pasien dievakuasi terlebih dahulu: Kami tidak ingin meninggalkan pasien kami," kata pernyataan MSF.

Di antara pasien yang paling rentan adalah bayi baru lahir.

"Bayi-bayi yang baru lahir…merekalah yang kami khawatirkan akan meninggal satu demi satu karena kami didorong untuk memindahkan mereka ke luar area inkubator," kata Mokhallalati kepada ABC News.

Tiga dari 39 bayi yang dirawat di unit neonatal Al-Shifa telah meninggal sejak inkubator mereka berhenti bekerja pada Sabtu, 11 November, kata Mokhallalati. Staf rumah sakit telah berusaha semaksimal mungkin untuk merawat mereka, membedong mereka dan menggunakan sumber tenaga yang tersisa untuk memanaskan ruangan tempat mereka berada.

"Mereka berada di tempat tidur biasa yang dilengkapi pemanas," Mokhallalati menjelaskan, dan dia mengirimkan foto-foto bayi-bayi itu ke ABC News yang semuanya berbaris dan dibungkus dengan seprai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Situasi Mengancam Jiwa Para Bayi di RS Al-Shifa: Tak Ada Listrik, Staf dan Air

Anak-Anak Palestina
Dokter Palestina merawat bayi yang lahir prematur di Rumah Sakit Al Aqsa, Deir el-Balah, Jalur Gaza, Minggu (22/10/2023). (AP Photo/Adel Hana)

Shireen Noman Abed, seorang ahli neonatologi dan hingga saat ini kepala unit neonatal Al-Shifa, menjelaskan situasi yang mengancam jiwa bayi-bayi ini.

"Mereka tidak memiliki listrik untuk memberi mereka kehangatan. Mereka tidak mempunyai staf untuk merawat mereka," tutur Shireen Noman Abed kepada ABC News.

"Kebanyakan adalah bayi prematur yang membutuhkan inkubator, membutuhkan listrik, membutuhkan makanan khusus, membutuhkan perawatan," ujarnya lagi.

Kekhawatiran khusus bagi Noman Abed adalah kurangnya air yang aman untuk dicampur dengan susu formula bayi.

"Kami memperkirakan semua orang akan mati karena mereka tidak mempunyai air untuk menyiapkan [susu formula] bagi mereka," katanya kepada ABC News.

Rumah Sakit Al-Shifa telah berjuang untuk beroperasi dengan bahan bakar yang terbatas selama berhari-hari, dan para dokter memperingatkan bahwa rumah sakit tersebut akan segera runtuh. Pada Jumat 10 November, pertempuran di sekitar rumah sakit meningkat dan serangan terjadi di halaman luar rumah sakit.

 


Klaim Tentara Israel Siap Evakuasi Bayi-Bayi Tapi Dihalangi Hamas

Bayi di RS Al-Shifa berbaring berdampingan dalam foto yang dikirim oleh Dr. Ahmed El Mokhallalati. (Dok Dr. Ahmed El Mokhallalati)
Bayi di RS Al-Shifa berbaring berdampingan dalam foto yang dikirim oleh Dr. Ahmed El Mokhallalati. (Dok Dr. Ahmed El Mokhallalati)

Di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap pasien termuda Al-Shifa, Daniel Hagari, juru bicara Israel Defense Forces (IDF) atau Pasukan Pertahanan Israel, mengklaim mereka siap untuk mengevakuasi bayi-bayi tersebut tetapi dihalangi oleh Hamas.

"Kepemimpinan Hamas, bersama Kementerian Kesehatan Hamas, mencegah hal ini dan memberikan tekanan pada rumah sakit Al-Shifa untuk tidak menerima bantuan kami. Jika rumah sakit meminta, kami akan membantu mereka dengan bahan bakar dan mengevakuasi bayi prematur," kata Hagari kepada wartawan Minggu 12 November. "Bahan bakarnya hanya untuk sistem esensial dan evakuasi bayi akan dilakukan ke rumah sakit lain. Komunikasi kami dengan Rumah Sakit Al-Shifa akan terus berlanjut."

Militer Israel juga mengatakan telah membuka jalur evakuasi keluar dari sisi timur rumah sakit.

"Tidak ada pengepungan, saya ulangi, tidak ada pengepungan, di rumah sakit Al-Shifa," kata Hagari. Sisi timur rumah sakit terbuka untuk jalur aman warga Gaza yang ingin meninggalkan rumah sakit. Namun staf rumah sakit mengatakan banyak yang merasa tidak aman untuk mengambil jalur tersebut setelah dokter melaporkan pada hari Sabtu bahwa beberapa orang yang mencoba melarikan diri dari rumah sakit ditembaki.

"Kami melihat beberapa orang mencoba meninggalkan Al-Shifa, mereka (tentara Israel) membunuh mereka, mereka (tentara Israel) membom mereka, penembak jitu membunuh mereka," kata seorang dokter MSF di dalam rumah sakit dalam sebuah pernyataan.

"Kami berbicara langsung dan rutin dengan staf rumah sakit. Staf Rumah Sakit Al-Shifa telah meminta agar Senin 13 November, kami bantu bayi-bayi di bagian anak agar bisa sampai ke rumah sakit yang lebih aman. Kami akan memberikan bantuan yang dibutuhkan," Lanjut Hagari.

Namun Dr. Mokhallalati mengatakan kepada ABC News pada hari Senin bahwa mereka belum menerima tawaran serius dari Israel, dengan mengatakan: "Kami tidak ditawari evakuasi yang layak untuk anak-anak dan tidak ada bahan bakar yang layak."

Hingga malam hari di Gaza, masih belum ada evakuasi.


Saling Menyalahkan Israel Vs Hamas

Thumbnail tentara israel kepung rs di gaza
Thumbnail tentara israel kepung rs di gaza

IDF mengklaim pada akhir pekan bahwa mereka telah menyediakan 300 liter bahan bakar untuk Rumah Sakit Al-Shifa tetapi, menurut Mokhallalati, staf menghitung bahwa hal itu tidak sebanding dengan risiko mengambil bahan bakar tersebut, yang menurutnya telah ditinggalkan oleh Israel sejauh 1 kilometer dari rumah sakit tersebut dari gerbang.

Pihak Israel mengatakan bahan bakar tersebut berjarak 300 meter dari rumah sakit dan tersedia untuk diambil.

"Kami merasa tidak aman untuk mendapatkan 300 liter bahan bakar ini," kata Mokhallalati, sambil menambahkan: "Itu bukan apa-apa, karena Al-Shifa mengkonsumsi 10.000 liter bahan bakar sehari, jadi ini adalah angka yang bodoh… itu tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar lebih dari satu jam."

Adapun Israel menyalahkan Hamas, dan mengatakan bahwa tekanan dari kelompok teroris tersebut menghentikan staf mengumpulkan bahan bakar. Sementara Hamas membantah hal ini dan bersama Dr. Nidal Abuhadrous, direktur rumah sakit bedah Al-Shifa, menyerukan Komite Internasional Palang Merah untuk memberikan jalan yang aman bagi staf rumah sakit dan pasien untuk keluar dari kompleks Al-Shifa.

"Kami ingin ICRC [Komite Palang Merah Internasional] bertanggung jawab dan hadir secara fisik di rumah sakit, untuk evakuasi dan bantuan yang datang ke Al-Shifa, baik itu bahan bakar atau makanan," kata juru bicara Hamas kepada ABC News.

Dalam pernyataan yang diposting di X, sebelumnya Twitter, pada Minggu malam, ICRC mengatakan, "Kami siap memenuhi peran kami sebagai perantara netral dan mendukung evakuasi fasilitas medis di Gaza, namun hal ini memerlukan kesepakatan banyak pihak."

"Gaza saat ini adalah tempat terjadinya pertempuran sengit dan evakuasi rumah sakit di sana (memindahkan tempat tidur rumah sakit, pasien, obat-obatan, dan sistem pendukung kehidupan yang penting) sangatlah kompleks dan sarat dengan risiko," tambah ICRC dalam pernyataannya.

Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya