Dari China, Prabowo Lanjut Kunjungi Jepang pada 2-3 April

Pernyataan resmi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta menyebutkan bahwa Prabowo akan bertemu dengan para pejabat pemerintah Jepang. Belum ada informasi lebih detail siapa saja para pejabat yang dimaksud.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 02 Apr 2024, 18:47 WIB
Diterbitkan 02 Apr 2024, 15:00 WIB
Prabowo Subianto dan Xi Jinping
Menteri pertahanan sekaligus presiden terpilih Republik Indonesia Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada Senin (1/4/2024) di Balai Agung Rakyat, Beijing. (Dok. Xinhua)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri pertahanan sekaligus presiden terpilih Republik Indonesia Prabowo Subianto akan melanjutkan lawatannya ke Jepang usai mengunjungi China pada 31 Maret - 2 April 2024. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

"Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menginfokan bahwa presiden terpilih Y.M. (Yang Mulia) Bapak Prabowo Subianto dijadwalkan mengunjungi Jepang pada tanggal 2 hingga 3 April 2024 dan sedang dalam proses untuk mengatur pertemuan dengan para pejabat pemerintah Jepang," demikian pernyataan singkat Sekretaris Ketiga Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Koichi Furunobu, yang diterima Liputan6.com pada Selasa (2/4).

Selama kunjungannya ke China, Prabowo bertemu dengan orang nomor satu di negara itu, Presiden Xi Jinping. Keduanya bertatap muka pada Senin (1/4) di Balai Agung Rakyat, Beijing.

Dalam kesempatan itu, Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Prabowo usai ditetapkan sebagai presiden terpilih menyusul kemenangannya dalam Pilpres 2024. Selain itu, Xi Jinping juga menitipkan salam kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prabowo Penuhi Undangan Xi Jinping

Prabowo Subianto dan Xi Jinping
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memenuhi undangan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping, di the Great Hall of the People in Beijing, Senin (1/4/2024) (Dok. Istimewa)

Prabowo mengunjungi China atas undangan dari Presiden Xi Jinping. Hal tersebut diungkapkan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian dalam konferensi pers pada 29 Maret 2024 seperti dimuat dalam situs web Kedutaan Besar Republik Rakyat China di Jakarta.

"Atas undangan Presiden Xi Jinping, presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto akan mengunjungi China mulai 31 Maret hingga 2 April. Presiden Xi Jinping akan mengadakan pembicaraan dengannya. Dia (Prabowo) juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang. Mereka akan bertukar pandangan mengenai hubungan bilateral dan isu-isu yang menjadi kepentingan bersama," tutur Lin Jian saat itu.

"Kunjungan Pak Prabowo ke China akan menjadi kunjungan luar negeri pertamanya sebagai presiden terpilih. Hal ini sepenuhnya menunjukkan kuatnya hubungan China-Indonesia. Kunjungan ini merupakan peluang besar untuk lebih meningkatkan persahabatan tradisional, memperdalam kerja sama strategis yang komprehensif, dan menyinergikan strategi pembangunan dengan lebih baik untuk memberikan contoh yang baik tentang negara-negara berkembang yang merangkul masa depan bersama dan bekerja dalam solidaritas untuk pembangunan bersama serta menjadi sumber stabilitas dan kekuatan untuk kebaikan di kawasan dan sekitarnya."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya