Penghormatan untuk Nelson Mandela, dari Obama Sampai Bill Gates

Wafatnya mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela menorehkan duka bagi para pemimpin dunia. Ini kata mereka:

oleh Tan diperbarui 06 Des 2013, 08:57 WIB
Diterbitkan 06 Des 2013, 08:57 WIB
mandela-130831b.jpg
Wafatnya mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela menorehkan duka bagi para pemimpin dunia. Ungkapan duka yang pertama kali datang dari Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma.

"Rakyat kami kehilangan seorang ayah. Meskipun kami sudah tahu hari ini akan datang juga. Kami sangat kehilangan," ujar Zuma seperti dimuat CNN, Jumat (6/12/2013).

Perjuangannya yang tak henti-hentinya untuk kemerdekaan, memang mambuat nama Mandela dan membuatnya dihargai dunia. Selain menginspirasi banyak orang termasuk para pemimpin dunia. Hal itulah yang membuat Presiden AS Barack Obama merasa begitu kehilangan.

"Bangsa kita kehilangan kehilangan putra terbaiknya," ucap Obama bernada sedih.

Perdana Menteri Inggris David Cameron, juga menyampaikan dukanya atas kepergian sang tokoh anti-apartheid.

"Kita telah kehilangan salah satu manusia yang paling berpengaruh, berani dan sangat baik yang pernah ada di dunia. Melalui kebesaran jiwa dan kemauan tinggi untuk mengorbankan kebebasannya sendiri bagi kemerdekaan orang lain, Madiba (panggilan Mandela di Afrika Selatan) telah mengubah Afrika Selatan dan menyentuh kita semua," tutur Cameron.

Duka terdalam juga dirasakan oleh Sekjen PBB Ban Ki-moon, yang menyerukan agar dilakukan pemasangan bendera setengah tiang. Sebagai wujud berduka cita. "Cahaya besar telah padam dari dunia. Nelson Mandela merupakan pahlawan saat ini. Saya telah meminta agar bendera di Downing Street Nomor 10 dikibarkan setengah tiang," ungkapnya.

"Nelson Mandela adalah 'raksasa' bagi keadilan dan inspirasi manusia bersahaja. Banyak pihak di dunia dipengaruhi oleh perjuangan tanpa pamrih untuk martabat manusia, persamaan dan kemerdekaan. Ia menyentuh hidup kami," tambah Ban Ki-moon.

Ucapan bela sungkawa juga banjir di jejaring sosial Twitter, salah satunya dari Presiden Dewan Eropa Herman Van Rompuy. Yang menganggap Mandela merupakan salah seorang politikus besar zaman ini.

"Marilah kita mengenangnya dengan komitmen kolektif pada demokrasi," kata Rompuy.

Masih dari Eropa, Ketua Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan bahwa Mandela begitu berjasa bagi negaranya. "Mandela mengubah jalur sejarah bagi rakyatnya, negaranya, benuanya dan dunia."

Sementara bagi pendiri Microsoft, Bill Gates, dan istrinya Melinda, sosok Mandela benar-benar manusia luar biasa tak kenal lelah.

"Dari tahanan menjadi presiden, Nelson Mandela tidak pernah lelah mewujudkan persamaan dan keadilan bagi rakyatnya," ungkap mereka.

Menurut mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, dunia sekarang lebih baik karena kehidupan yang pernah ditempuh Mandela. "Hari ini dunia kehilangan salah seorang pemimpin paling penting dan salah seorang paling baik di dunia," tutur Clinton. (Tnt/Yus)

Baca juga:

Obama Samakan Nelson Mandela dengan George Washington

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya