Cara Sederhana Beritahu Anak tentang Pendidikan Seks

Agar anak tidak terjerumus untuk melakukan hubungan seksual di luar nikah, sudah seharusnya bagi orangtua untuk memberikan pendidikan seks

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 04 Mar 2014, 11:53 WIB
Diterbitkan 04 Mar 2014, 11:53 WIB
100602akes-seks.jpg
.

Liputan6.com, Jakarta Agar anak tidak terjerumus untuk melakukan hubungan seksual di luar nikah, sudah seharusnya bagi orangtua untuk memberikan pendidikan seks kepada anak-anaknya. Meski saat ini di sekolah sudah disediakan banyak pelajaran mengenai seks, itu saja dirasa tidak cukup. Orangtua juga harus melakukan hal yang sama, agar informasi yang diterima si anak beragam.Jika anda tidak tahu bagaimana cara untuk memberitahu mengenai pendidikan seks ini, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (4/3/2014)1. Cara memulaiBagian paling sulit dari pembicaraan mengenai seks adalah cara untuk memulainya. Untuk menunggu saat yang tepat, cobalah memulai topik dalam percakapan yang sedang berlangsung. Misalnya saja membahas berita yang ada di televisi.2. Bersikap jujur dan langsungKejujuran sangat penting ketika Anda ingin membicarakan seks kepada anak Anda. Jika merasa tidak nyaman, biarkan anak Anda tahu tentang hal itu, dan seberapa pentingnya topik ini.Cobalah memulai dari yang mendasar, sampai pendidikan dan pengetahuan tentang seks oral, kehamilan, dan penyakit menular seksual.3. Jangan seperti menceramahiJangan biarkan apa yang Anda sampaikan terdengar seperti menceramahi. Usahakan pembicaraan itu mengalir seperti sebuah diskusi terbuka. Jangan pernah menghakimi anak Anda, karena pertanyaan yang dilontarkannya. Ini adalah waktu yang tepat bagi Anda, untuk membahas secara menyeluruh.4. Ajarkan etika dan tanggung jawabSelama berbicara empat mata dengan anak-anak Anda, usahakan untuk tidak berfokus tentang seks itu sendiri. Ajarkan juga pada anak-anak Anda tentang sebuah etika dan tanggung jawab, ketika memutuskan untuk melakukan hubungan seks di luar pernikahan.5. Cinta tidak selalu tentang seksDalam kesempatan itu, ajarkan juga pada anak-anak Anda untuk dapat menolak ajakan pacarnya untuk berbuat yang tidak-tidak. Jika dirasa tidak nyaman, bilang pada anak itu, untuk dapat mengambil sebuah tindakan.Tekankan juga pada anak-anak Anda bahwa cinta tidak selamanya mengenai seks. Berhubungan seksual hanya dapat dilakukan bila keduanya sudah menikah secara resmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya