Saat Dorongan Seksual Merosot, Apa Penyebabnya?

Lenyapnya dorongan seksual juga disebabkan oleh banyak hal

oleh Liputan6 diperbarui 05 Agu 2014, 15:00 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2014, 15:00 WIB
Ilustrasi Hubungan Seks
Ilustrasi Hubungan Seks (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Liputan6.com, Jakarta Lenyapnya dorongan seksual juga banyak disebabkan oleh faktor psikis. Beberapa faktor psikis yang mudah mengakibatkan tekanan terhadap dorongan seksual ialah kejemuan seksual, tiadanya komunikasi yang baik, rasa tidak percaya, konflik, dan tidak tertarik lagi secara fisik.

Tetapi lenyapnya dorongan seksual yang disebabkan oleh faktor psikis bersifat selektif. Artinya, dorongan seksual tertekan atau lenyap hanya terhadap orang tertentu saja. Jadi kalau seseorang merasa tidak bergairah terhadap istri atau suaminya, tetapi ternyata sangat bergairah bila berhadapan dengan orang lain, hampir pasti penyebabnya adalah faktor psikik.

Tidak sedikit suami yang mengeluh dorongan seksualnya lenyap terhadap istrinya, tetapi terhadap perempuan lain sangat bergairah. Sebaliknya tidak sedikit juga istri yang mengeluh tidak bergairah lagi terhadap suaminya, tetapi tidak demikian terhadap orang lain. Keadaan seperti ini banyak dijumpai di masyarakat. Kejemuan terhadap pasangan merupakan faktor psikis yang acapkali muncul, khususnya pada pasangan suami istri yang telah lama menikah.

Seksolog yang juga dokter Ahli Andrologi dari Universitas Udayana, Bali Prof. Wimpie Pangkahila Sp.And, dalam satu kesempatan dia menyebutkan Kejemuan muncul karena mereka terperangkap dalam suasana yang monoton, mulai dari suasana irama hidup sehari-hari sampai ke suasana yang berhubungan langsung dengan aktivitas seksual, seperti suasana kamar, penampilan fisik, rangsangan seksual, dan posisi hubungan seksual. Keadaan menjadi lebih buruk kalau telah muncul sikap bermusuhan dan rasa tidak percaya antara suami istri.

Kalau ini terjadi, berarti dasar komunikasi seksual suami istri  telah terganggu. Boleh jadi bukan hanya lenyapnya dorongan seksual yang terjadi, melainkan juga telah muncul akibat lain yang lebih luas. Masih ada contoh lain faktor psikis yang dapat mengakibatkan dorongan seksual lenyap, yaitu perasaan cemas dan tertekan, pengalaman seksual yang bersifat traumatik, rasa rendah diri, perasaan bersalah, dan perasaan takut gagal melakukan hubungan seksual.

Pandangan keluarga yang bersifat negatif terhadap seks dapat menjadi penyebab timbulnya hambatan gairah seksual sejak awal, yaitu sejak masa remaja. Pada kasus ini, penderita sama sekali tidak pernah merasakan adanya gairah seksual sejak awal.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya