5 Masalah Kaki yang Bikin Penyakit

Masalah kaki yang sering terpinggirkan ternyata bisa merembet menjadi penyakit.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 12 Des 2014, 19:00 WIB
Diterbitkan 12 Des 2014, 19:00 WIB
Foot Clinic
Foot Clinic. Foto: dok.Liputan6.com/Fitri Syarifah

Liputan6.com, Jakarta Masalah kaki yang sering terpinggirkan ternyata bisa merembet menjadi penyakit. Sebut saja bunion atau kondisi bergesernya tulang dekat ibu jari kaki. Hal ini bisa menyebabkan nyeri dan muncul cairan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Foot Specialist sekaligus Fisioterapis dari Foot Clinic Budi Indra Buwono, AMF mengatakan ada 5 kondisi kaki yang bisa menyebabkan penyakit, seperti:

1. Kaki rata (flat)

Kondisi ini paling umum terjadi dimana seluruh bagian telapak kaki rata dan menempel ke tanah.

Budi menerangkan, bila kondisi ini dibiarkan, bisa menyebabkan cedera dan kurang aktif. Selain itu, risiko nyeri sendi juga dapat terjadi.

2. Bentuk kaki X atau O

Hampir sama seperti kondisi kaki rata, bentuk kaki X atau O mengakibatkan keterbatasan gerak karena adanya pergeseran persendian.

3. Sakit tumit

Sakit tumit bisa disebabkan dari sejumlah alasan seperti penggunaan sepatu hak tinggil, menggunakan sepatu sempit atau terlalu sering berjalan menggunakan sepatu darat (flat shoe).

"Kondisi paling parah biasanya  Plantar Fasciitis, kondisi medis yang rasanya tidak nyaman saat bangun tidur, beberapa saat mungkin nyaman, tapi setelah aktivitas nyeri kembali mucul. Terutama saat kita berdiri, ubuh kita akan melakukan kompensasi, sakit pinggang dan tidak tahan berdiri," kata Budi.

Bila kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, maka bisa menyebabkan sakit lutut dan pinggang.

4. Cedera olahraga

Ini jelas masalah kaki utama yang sering dialami pecinta olahraga. Menurut Budi, penanganan cedera olahraga paling efektif adalah RICE (Rest, Ice, Compression and Elevation).

5. Bunion

Bunion, akata Budi, adalah pergeseran bentuk tulang didekat ibu jari kaki yang sering membuat tidak nyaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya