Hormon Suami Juga Berubah Selama Istri Hamil

Calon ayah mengalami penurunan hormon estradiol dan testosteron selama istri hamil.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 12 Jan 2015, 12:00 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2015, 12:00 WIB
5 Hal Ini Berubah Saat Hamil
Apa sajakah hal yang berubah saat wanita hamil?

Liputan6.com, New York- Hamil merupakan fase yang sangat menarik bagi perempuan. Selama sembilan mengandung akan berjibaku dengan rasa mual, emosi yang fluktuatif serta perubahan fisik. Siapa sangka, apa yang dialami istri pun membuat turunya kadar testosteron dalam tubuh suami.

Hal ini diketahui dalam sebuah studi terhadap 29 pasangan yang sedang menantikan anak pertama. Peneliti menggunakan air liur untuk mengukur kadar hormon kedua calon orang tua selama empat kali selama istri hamil.

Seperti diungkapkan dalam laman Cosmopolitan,Senin  (12/1/2015), hasilnya mengejutkan. Para suami mengalami penurunan hormon seks estradiol dan testosteron selama sembilan bulan alias dari awal kehamilan istri hingga melahirkan.

Peneliti tak tahu apa penyebab turunnya kadar hormon ini. Namun, untuk penurunan kadar testosteron dalam tubuh pria membuat pria lebih memiliki rasa untuk memelihara, merawat, dan loyal seperti yang diungkapkan psikolog dan direktur Personality, Relationships, and Hormones Lab di University of Michigan. Dalam teori, hal tersebut bisa menjadikan suami sebagai ayah dan pasangan yang lebih baik.

Hal menarik lainnya adalah adanya persamaan antara tingkat hormon progesteron dan kortisol atau hormon stres ini. Artinya, tingkat stres calon ibu dan ayah ternyata sama pada saat kehamilan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya