Kenali Jurus Masak Sehat Ala Pakar Gizi

Makanan sehat saja belum tentu sehat apabila diproses dengan cara yang salah.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 22 Mei 2015, 06:00 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2015, 06:00 WIB
Lakukan 15 Hal Ini untuk Menyambut Usia 30an yang Lebih Baik
Belajar masak

Liputan6.com, Jakarta Setelah mengetahui makanan sehat, Anda perlu tahu juga cara masak yang sehat. Karena makanan sehat saja belum tentu sehat apabila diproses dengan cara yang salah.

Seperti disampaikan dokter spesialis gizi klinik dari RS Cipto Mangunkusumo, Inge Permadi bahwa ada empat pola makan yang sehat, yaitu mengatur jumlah makanan yang dikonsumsi, jenis makanan yang dikonsumsi, jadwal makan dan jurus masaknya. 

"Jika Anda ingin sehat, disarankan mengonsumsi makanan kukus, rebus, pepes, panggang dan kuah. Dan hindari makanan yang ditumis, goreng, dimasak dengan suhu tinggi, diawetkan dan diasap," kata Inge pada wartawan di acara `Jakarta Health Week 2015`, ditulis Jumat (22/5/2015).

Menurut Inge, lemak sehat pun bisa menjadi sumber penyakit apabila digunakan pada suhu tinggi. "Lemak jenuh berpotensi meningkatkan kadar LDL kolesterol. Apalagi minyak yang digunakan berkali-kali, karena bisa menciptakan trans fat yang berbahaya bagi jantung."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya