Cara Benar Membuang Obat Kedaluwarsa

Kita seringnkali menyimpan obat-obatan sampai lewat waktu kadaluarsa, sehingga obat tersebut tidak bisa digunakan lagi.

oleh Liputan6 diperbarui 13 Jun 2016, 13:30 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2016, 13:30 WIB
Obat Kedaluwarsa
Pada kenyataannya, mungkin akan sulit untuk mencari tempat yang layak untuk membuang obat kedaluwarsa.

Liputan6.com, Jakarta Kita seringkali menyimpan obat-obatan sampai lewat waktu kedaluwarsa, sehingga obat tersebut tidak bisa digunakan lagi. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui cara membuang obat yang sudah kedaluwarsa secara benar.

Cara yang sering dipakai kebanyakan orang adalah membuangnya ke tempat sampah atau toilet. Padahal obat yang dibuang ke tempat sampah bisa mencemari lingkungan, dan dapat ditemukan oleh anak-anak, hewan, bahkan orang-orang dewasa yang sedang mencari narkoba. Sedangkan obat yang dibuang lewat toilet bisa mencemari sungai, danau, serta persediaan air.

Pada kenyataannya, mungkin akan sulit untuk mencari tempat yang layak untuk membuang obat kedaluwarsa tersebut. Namun, cara yang paling aman dan paling ramah lingkungan adalah membawanya ke lokasi pengembalian obat.

Tetapi, jika Anda tidak bisa menemukan lokasi pengembalian atau pembuangan obat yang aman, Anda bisa mencermati saran agensi pemerintah Amerika sebagai berikut:

1. Campur dengan tanah

Singkirkan obat dari tempatnya dan campurkan dengan tanah, sampah kotoran atau bubuk kopi yang sudah digunakan. Hal itu dilakukan agar tak menarik perhatian anak-anak, hewan peliharaan, serta orang-orang yang sedang mencari obat untuk narkoba.

2. Masukkan dalam kantong segel

Sebelum membuangnya ke sampah, tempatkan campuran tersebut ke dalam kantong segel atau wadah lainnya untuk mencegah bocor.

3. Label obat

Buatlah informasi pribadi pada label obat untuk melindungi privasi Anda sebelum membuangnya. (Tassa Marita Fitradayanti)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya