Dibantu Dokter, Kira Si Gorila Melahirkan

Tim dokter yang terdiri dari dokter kebidanan dan kandungan, anestesi, ahli bedah, dan hewan membantu persalinan gorila bernama Kira.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 08 Jun 2017, 15:30 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2017, 15:30 WIB
Gorila
Gorila

Liputan6.com, Jakarta Setelah 24 jam berusaha, gorila bernama Kira tak kunjung juga melahirkan. Untungnya, tim dokter berhasil membantunya melahirkan secara normal lewat vagina. Bayi gorila berjenis kelamin laki-laki lahir dengan selamat.

Kira, si gorila 17 tahun yang tinggal di Kebun Binatang Philadelphia, Amerika Serikat, ini memang baru pertama kali hamil. Tanda-tanda dia akan melahirkan sebenarnya sudah nampak pada Kamis pekan lalu (1/6/2017). Namun hingga keesokan harinya Kira tak kunjung melahirkan.

Kondisi Kira dianggap tidak biasa karena pada umumnya persalinan gorila terjadi cepat. Si ibu gorila juga tidak tampak lelah, stres, atau merasa sedih tak karuan.

"Dia tampak lelah dan berperilaku buruk sepanjang hari dan nampaknya tidak ada kemajuan atau tanda-tanda segera melahirkan," kata pihak kebun binatang, mengutip laman People, Kamis (8/6/2017).

Akhirnya, pihak kebun binatang memutuskan untuk membantu persalinan hewan yang jumlahnya kini terbatas itu. Tim dokter yang terdiri dari dokter kebidanan dan kandungan, ahli bedah, anestesi, dan hewan bekerja sama membantu Kira melahirkan secara normal.

Sekitar 1,5 jam berlalu, tim dokter berhasil membantu Kira melahirkan bayi gorila laki-laki 2,3 kg.

Sesudah persalinan, dokter hewan membantu Kira dalam masa pemulihan. Keesokan paginya, ibu dan bayi gorila tersebut sudah bersama. Dan seperti ibu baru lainnya, Kira tampak asyik memeluk dan merawat anaknya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya