Sering-Sering Makan Cokelat Hitam untuk Pertajam Daya Ingat

Bagi Anda penggemar cokelat hitam, makanan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Rutin mengonsumsi cokelat alami ini dapat membantu Anda memperkuat daya ingat dan sistem imun dalam tubuh.

oleh Aretyo Jevon Perdana diperbarui 26 Apr 2018, 12:00 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2018, 12:00 WIB
Cokelat
Perbanyak Konsumsi Cokelat Hitam untuk Daya Ingat yang Semakin Oke (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira bagi Anda penggemar cokelat hitam. Menurut sebuah penelitian terbaru, gemar mengonsumsi cokelat yang sangat sedikit atau bahkan tidak mengandung susu dan rendah gula ini, dipercaya bisa memperkuat daya ingat dan imunitas tubuh.

Dilansir dari Tech Times, Kamis (26/4/2018), sekelompok peneliti dari Loma Linda University yang dipimpin oleh Dr Lee S Berk, melakukan dua penelitian mengenai konsumsi cokelat yang mengandung kakao dalam jumlah besar pada seseorang.

Penelitian pertama berfokus pada dampak konsumsi cokelat yang mengandung 70 persen kakao terhadap sistem imun tubuh dan ekspresi gen sel dendritik. Temuan tersebut menunjukkan konsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan aktivasi T-cell, yang dapat mengaktifkan sinyal saraf dan sensorik.

Studi yang lain menunjukkan kebiasaan mengonsumsi cokelat hitam setiap hari dapat meningkatkan kesehatan otak. Dengan kondisi otak yang sehat, daya ingat seseorang pun akan semakin kuat.

"Kedua studi tersebut menunjukkan pada kita semakin tinggi konsentrasi kakao, semakin positif dampaknya bagi kognitif, daya ingat, suasana hati, sistem imun tubuh, dan manfaat lainnya," ujar Berk.

Meski demikian, Berk mengakui temuannya bersama tim mengenai cokelat hitam ini masih belum sempurna, sehingga perlu dilakukan penelitian pada populasi yang lebih besar guna mengonfirmasi temuan baru tersebut.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cokelat hitam miliki manfaat lainnya bagi kesehatan

Cokelat
Ilustrasi cokelat (iStockphoto)

Selain temuan baru ini, konsumsi cokelat hitam pun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan risiko diabetes pada seseorang. Terbiasa mengonsumsi cokelat murni ini pun dapat membantu Anda mencegah beberapa penyakit berbahaya, seperti kanker, penyakit jantung, dan gangguan penrurunan fungsi tubuh karena faktor usia.

Tak hanya itu, bagi wanita, konsumsi cokelat hitam dapat membantu mereka mengatasi kram menstruasi. Bagi Anda yang susah tidur, mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya