Manfaat Sehat Pijat Bayi Prematur

Pijatan lembut pada bayi prematur dianjurkan karena bisa memberi manfaat kesehatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jul 2018, 09:00 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2018, 09:00 WIB
Ibu dan bayi (iStockphoto)
Ibu dan bayi (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Umumnya lahir saat usia kandungan di bawah 37 minggu, kondisi bayi prematur masih rentan dan belum cukup kuat. Pada usia kandungan itu, organ tubuh bayi belum berkembang sempurna dan tidak stabil. Tapi, pijatan lembut pada bayi prematur dianjurkan karena bisa memberi manfaat kesehatan.

dr. Bernie Endyarnie Medise, SpA(K), MPH dari UKK Tumbuh Kembang Pediatri Sosial, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan agar para orangtua bisa melakukan pijatan pada bayi prematur untuk mendapatkan ragam manfaat, tak hanya dari segi kesejatan tapi juga fisiknya.

Menurutnya pijatan yang lembut pada bayi prematur, diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi karena fungsi sistem kekebalan tubuhnya juga meningkat.

"Bahkan ada sebuah penelitian yang mengungkap, bayi prematur yang secara rutin dipijat mengalami kenaikan berat badan hingga 47 persen lebih tinggi dibandungkan bayi prematur yang tidak dipijat. Jadi manfaatnya besar sekali," ujar dia dalam acara Johnson's Sentuhan Cinta, di Jakarta, Rabu (4/7).

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perhatikan Ini Saat Memijat Bayi Prematur

Hati-hati, Ini Nama Bayi Paling Menyebalkan bagi Kakek Nenek
orangtua dapat memperhatikan beberapa hal sebelum memijat bayi prematur, mengingat kondisi bayi yang mudah mengalami hipotermia, nadi dan nafas yang mudah berubah. (iStockphoto)

Nah moms, dr. Bernie juga mengatakan agar orangtua dapat memperhatikan beberapa hal sebelum memijat bayi prematur, mengingat kondisi bayi yang mudah mengalami hipotermia, nadi dan nafas yang mudah berubah.

Sebaiknya, berat badan bayi sudah di atas 2500 gram dan bebas dari selang atau infus. Untuk memijat bayi prematur, tahapannya juga berbeda dengan bayi yang lahir cukup bulan.

"Memegang atau sentuhan itu sudah masuk dalam tahapan pertama memijat. Bisa juga dengan gaya Kanguru, dengan meletakan mereka di dada ibu sambil disentuh dengan lembut bagian punggungnya," ujar dia.

Dengan menjalani tahapan ini, diharapkan perkembangan motorik bayi orematur akan semakin baik, proses tidurnya semakin berkualitas, dan mengurangi rasa cemas. Pemijatan terhadap bayi prematur akan membuat suhu tubuh mereka juga bisa lebih stabil.

 

Reporter: Anisha Saktian Putri

Sumber: Vemale.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya