Cara Pilih dan Gunakan Test Pack yang Benar

Test pack untu memastikan kehamilan atau tidak harus dicari yang paling akurat

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Sep 2019, 09:00 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2019, 09:00 WIB
Kehamilan - test pack (iStock)
Apakah orgasme wanita memperbesar kemungkinan hamil? (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Bagi pasangan yang merencanakan kehamilan, pemilihan dan penggunaan test pack wajib diketahui. Sayangnya, pengetahuan tentang test pack masih terbatas.

Banyak pasangan belum memahami dengan baik bagaimana cara kerja test pack, terutama laki-laki. Pengetahuan seperti ini, harusnya sudah diketahui pasangan suami-istri, dan bukan hanya pihak perempuan saja yang dituntut harus tahu.

Kehamilan yang direncanakan adalah tanggung jawab bersama, jadi pasangan harus saling memahami.

Kelebihan menggunakan test pack adalah bisa dilakukan di mana saja, asalkan ada kamar mandi. Tes kehamilan ini berkerja untuk mendeteksi kandungan hormon hCG (Human Chorionic Honadotropin). Hormon ini hanya ada dalam urin perempuan hamil.

Tingkat keakuratan test pack tergantung pada jenis test pack yang digunakan dan waktu pengambilan urin. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

 


Jenis Test Pack

Semakin berkembangnya teknologi di bidang kesehatan, membuat semakin banyak inovasi dilakukan untuk mempermudah segala macam urusan, salah satunya soal tes kehamilan.

Kita bisa bebas memilih dan membeli test pack di apotek atau toko obat. Berikut beberapa jenis test pack yang bisa digunakan sendiri:

Test Pack Strips 

Jenis test pack yang paling umum, mudah ditemui dan harganya paling terjangkau dibanding jenis test pack lainnya. Bentuknya tipis memanjang dengan dua warna, putih dan biru.

Cara Menggunakan Test Pack

Test Pack dengan Wadah

Test pack jenis ini bentuknya lebih tebal dari test pack strips dan disertai wadah seperti mangkok kecil untuk menampung urin.

Test Pack Digital

Harga alat tes kehamilan ini terbilang mahal, karena bisa digunakan berulang dengan cara mengganti stripe di dalamnya.

Test Pack USB 

Jenis test pack ini, yang terbaru dan tercanggih, karena menggunakan teknologi perangkat lunak untuk mendeteksi hasilnya. Namun, alat tes kehamilan ini masih sulit diperoleh. Biasanya hanya ada di apotek besar.

Penulis : Siwi Nur Wakhidah / Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya