Indira Kalistha Anggap Enteng Corona, Dokter Minta Dia Buat Video Klarifikasi

Salah satu tenaga medis, dokter Yusuf meminta Indira Kalistha membuat video klarifikasi soal virus Corona.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 16 Mei 2020, 15:50 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2020, 15:21 WIB
Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)
Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah tenaga medis mengecam ucapan pemengaruh Indira Kalistha soal virus Corona. Dalam video bersama Gritte Agatha, Indira menyampaikan bahwa virus Corona itu biasa saja dan dia merasa tidak perlu memakai masker bila keluar rumah.

Dalam video tersebut, Indira Kalistha dan Gritte membahas tentang  Corona Covid-19. Indira dengan enteng, berujar, “Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai tiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu aku enggak pakai, kecuali kayak ditegur gitu baru pakai. Tapi kalau enggak ditegur kita lepas lagi.

Terkait ucapan itu, salah satu tenaga medis dr Muhammad Yusuf SpOG(K) menegur Indira lewat postingan di Instagram @@dokteryusuf.spog.

"Tidak satu kata pun dari apa yang diucapkan oleh @indirakalistha bisa dibenarkan.Sekali anda dikenal sebagai influencer, dan cari " makan " dari status itu. Maka apa yang anda ucapkan dan lakukan adalah pertanggung jawaban terhadap orang lain, karena itu akan di contoh"

"Anda sangat Egois, dan tidak sensitif terhadap kami : Medis, Perawat, dan Rumah sakit yang yang berjibaku menangani wabah ini, mengedukasi masyarakat agar mentaati protokol kesehatan COVID-19," tulis Yusuf. 

 


Minta Buat Video Klarifikasi

Unggahan dr. Muhammad Yusuf. (Foto: Instagram @dokteryusuf.spog)
Unggahan dr. Muhammad Yusuf. (Foto: Instagram @dokteryusuf.spog)

Yusuf meminta agar Indira membuat video klarifikasi bahwa ucapan yang pernah disampaikan tersebut adalah tidak tepat.

"Yang saya harapkan dari dia adalah video klarifikasi, bahwa yang dia ucapkan tidak benar menurut aturan protokol kesehatan, menurut pemerintah," kata Yusuf saat dihubungi Health-Liputan6.com. 

Dokter yang praktik di RS Kanker Dharmais Jakarta ini melihat Indira memiliki jutaan pengikut di YouTube maupun Instagram rata-rata berusia belasan tahun. Sebagai pemengaruh, tentu apa yang disampaikan Indira punya pengaruh yang kemungkinan diikuti oleh pengikutnya. 

Diharapkan dengan adanya video klarifikasi pengikutnya tahu langkah tepat menjalani kehidupan saat pandemi COVID-19. Salah satunya menggunakan masker saat berada di luar rumah.

"Agar apa? Agar anak-anak ini bisa diselamatkan. Video klarifikasi ini untuk mengedukasi follower dia bahwa yang yang dia sampaikan kemarin itu salah," kata Yusuf tegas.

Salah satu protokol kesehatan saat pandemi COVID-19 adalah penggunaan masker saat berada ke luar rumah. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto berulang kali mengingatkan hal ini dalam setiap konferensi pers terkait update kasus Corona di Indonesia. Penggunaan masker bisa menurunkan risiko tertular maupun menularkan COVID-19. 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya