1 Juta Masker dari Jokowi untuk Aceh

Sejumlah lebih dari 1 juta masker dan ribuan liter hand sanitizer akan dibagikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya ke Aceh, esok, Selasa, 25 Agustus 2020.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 24 Agu 2020, 18:51 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2020, 18:51 WIB
Jokowi Pastikan RS Darurat Siap Beroperasi
Presiden Joko Widodo merapihkan masker yang digunakannya saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Dalam kunjungannya Jokowi memastikan Rumah Sakit Darurat siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah lebih dari 1 juta masker dan ribuan liter hand sanitizer akan dibagikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya ke Aceh, esok, Selasa, 25 Agustus 2020.

Bantuan masker dikirim dengan kargo hari ini, Senin (24/8/2020) oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tenaga Ahli BNPB Bidang Media Egy Massadiah mengatakan, bantuan tersebut telah tiba di Banda Aceh sore tadi.

"Satu juta masker dari Bapak Presiden Jokowi untuk rakyat Aceh. Itu masker dipakai ya," ujar Kepala BNPB Doni Monardo, di Jakarta.

Bantuan masker tersebut sesuai dengan salah satu dari empat arahan terbaru Jokowi terkait penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional, yakni bagikan dan ajak pakai masker.

"Sebelum ada vaksin, kuncinya paling penting adalah pemakaian masker. Segera yang berkaitan dengan ajakan memakai masker dan membagi masker pelaksanaannya dipercepat," tutur Jokowi, Senin (24/8/2020).

Berikut bantuan yang akan dibagikan oleh Jokowi esok hari:

  • Masker N95= 10.000
  • Masker KN95= 10.000
  • Masker Medis/ bedah= 200.000
  • Masker kain= 1.000.000
  • Face shield= 10.000
  • Ventilator = 5 unit
  • Hand sanitizer jerigen= 4000 L.

Selain ajakan menggunakan masker, Jokowi juga kembali berpesan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti menjaga jarak dan mencuci tangan.

 

Masker untuk Aceh
1 juta masker dari Jokowi untuk Aceh

Saksikan juga video menarik berikut ini:


4 Arahan Terbaru Jokowi

4 Arahan Terbaru Jokowi
4 Arahan Terbaru Jokowi

Ada empat arahan yang disampaikan oleh Jokowi terkait penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional dalam Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (24/8/2020).

1. Seimbangkan Gas & Rem Dalam Takaran yang Tepat

"Agar komite dan Mendagri mengingatkan kembali kepada Satgas di daerah, gubernur, bupati, wali kota agar betul-betul serius dan bekerja keras," tutur Jokowi.

2. Bagikan dan Ajak Pakai Masker

"Sebelum ada vaksin, kuncinya paling penting adalah pemakaian masker. Segera yang berkaitan dengan ajakan memakai masker dan membagi masker pelaksanaannya dipercepat."

3. Pengadaan Vaksin

"Trek kita sudah betul, negara lain belum mencari kita sudah ke sana ke sini. Sampai 2021 kita sudah mendapatkan komitmen 290 juta, baik yang diproduksi di sini maupun di luar negeri. Sampai akhir 2020 kita akan dapat 20-30 juta."

4. Pemulihan Ekonomi

Percepat Bantuan Sosial

"Skema cash transfer, bantuan langsung ke masyarakat agar dipercepat. Menko PMIK terus patau BLT Desa, Bansos Tunai, BPNT, Banpres Produktif dan Subsidi Gaji agar sampai pertengahan September sudah selesai."

Kunci Pertumbuhan Ekonomi

"Di kuartal ketiga kuncinya konsumsi domestik dan harus ada jurus yang lain untuk meningkatkan investasi."

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya