Menkes Terawan: Proyeksi Lansia pada 2025 Capai 33,7 Juta Orang

Menkes Terawan menyampaikan proyeksi lansia pada 2025 mencapai 33,7 juta orang.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 22 Sep 2020, 11:40 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2020, 11:40 WIB
Terawan Agus Putranto
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pasien tanpa gejala diisolasi mandiri Wisma Atlet Kemayoran di tower 4 dan 5 saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (14/9/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyampaikan, proyeksi lanjut usia (lansia) pada tahun 2025 mencapai 33,7 juta orang. Jumlah ini diperhitungkan mengalami peningkatan dibanding sekarang.

"Saat ini, jumlah lansia di Indonesia sekitar 27,1 juta orang. Ya, hampir 10 persen dari total penduduk," ujar Terawan saat membuka Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Tahun 2020 yang digelar Kementerian Kesehatan, Selasa (22/9/2020).

 "Dan pada tahun 2025 diproyeksikan meningkat menjadi 33,7 juta atau 11,8 persen. Ini berarti terjadi peningkatan jumlah lansia."

Adanya peningkatan jumlah lansia, berbagai masalah kesehatan muncul, seperti penyakit penyerta yang bisa dialami lansia. Lansia pun rentan tertular penyakit.

"Berbagai masalah ini menjadi tantangan untuk mempersiapkan lansia sehat dan mandiri. Agar meminimalisir beban bagi masyarakat dan negara," lanjut Terawan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Edukasi untuk Lansia

Peringati Hari Lansia Nasional 2019, Masyarakat Cek Risiko Neuropati
Para lansia memeriksa kesehatan saraf saat CFD di Jakarta, Minggu (7/7/2019). Kemenkes bersama Neurobion, produsen vitamin neurotropik dari P&G Health Indonesia memberikan cek kesehatan mengenai risiko neuropati di acara puncak Hari Lanjut Usia Nasional 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, lansia yang menderita penyakit tidak menular dapat memperberat penurunan kesehatan. Hal ini berdampak pada penurunan daya tahan tubuh dan tingkat kemandirian lansia serta faktor risiko demensia.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Kirana Pritasari menambahkan, perlu upaya penguatan pelayanan kesehatan terhadap lansia.

"Penguatan pelayanan kesehatan, pemanfaatan teknologi layanan dan edukasi sangat diperlukan, termasuk kepada lansia. Agar mereka tidak terpapar COVID-19," ujar Kirana.


Tingkat Kelaparan Penduduk Indonesia

infografis Tingkat Kelaparan Penduduk Indonesia
Tingkat Kelaparan Penduduk Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya