Ade Rai Ungkap Manfaat Besar Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Ade Rai menjelaskan manfaat olahraga terhadap kesehatan jantung.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 29 Sep 2021, 12:00 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2021, 12:00 WIB
Sudah tak ikut kompetisi binaraga sejak 16 tahun lalu, Ade Rai tetap jaga kesehatan. (Foto: Instagram/ade_rai)
Sudah tak ikut kompetisi binaraga sejak 16 tahun lalu, Ade Rai tetap jaga kesehatan. (Foto: Instagram/ade_rai)

Liputan6.com, Jakarta - Binaragawan Indonesia I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai yang akrab disapa Ade Rai menjelaskan manfaat olahraga terhadap kesehatan jantung.

Menurutnya, olahraga memiliki manfaat yang sangat besar terhadap fungsi jantung. Fungsi kerja jantung akan optimal jika rajin dilatih.

“Makanya ada istilah, otot itu kalau kamu tidak gunakan maka kamu akan kehilangan. Sedangkan, otot yang paling penting di dalam tubuh kita itu adalah otot jantung atau cardiac muscle. Jantung kita sehat kalau rajin melatih pengencangan otot jantung,” ujar Ade kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Selasa (28/9/2021).

Ia menambahkan, melatih pengencangan otot jantung disebut juga dengan cardiovascular exercise atau aerobik aktivitas. Ini merupakan aktivitas olahraga yang melatih pengencangan otot jantung.

Latihan ini dapat dilakukan dalam tiga hal yaitu di luar ruangan, di dalam ruangan, dan terorganisir atau bersama-sama.

“Di luar ruangan bisa naik sepeda, jogging, hiking, walking, termasuk olahraga permainan. Kedua, olahraga dalam ruangan biasanya olahraga yang menggunakan alat bantu seperti treadmill, sepeda statis, dan sebagainya.”

Sedang, aktivitas olahraga untuk pengencangan otot jantung terorganisir adalah olahraga yang dikenal juga dengan group exercise seperti senam aerobik. Bisa yang sifatnya high impact atau low impact pada persendian.

“Semuanya masuk dalam kategori aktivitas olahraga untuk pengencangan otot jantung. Jadi kalau berbicara olahraga dan jantung ya langsung nyata karena jantung adalah otot yang paling penting, di sisi lain otot itu harus terus digunakan dengan aktivitas olahraga.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Olahraga Secara Umum

Ade juga menjelaskan bahwa secara umum olahraga tidak hanya untuk melatih otot jantung tapi juga melatih otot rangka.

“Melatih otot rangka ini juga dikenal sebagai resisten training atau di Indonesia disebut latihan beban. Jadi olahraga terbagi dua, melatih pengencangan otot jantung dan otot rangka.”

Secara umum, dua aktivitas olahraga itu akan membuat jantung menjadi lebih sehat karena berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung disebabkan karena penyakit metabolisme.

Penyakit metabolisme atau metabolic syndrome sebagian besar disebabkan perilaku makan sehari-hari dan kurangnya aktivitas fisik yang menyebabkan sel tidak sensitif terhadap insulin dan berakhir pada masalah kesehatan lain termasuk penyakit jantung.

“Jantung kita akan sehat jika kita punya perilaku yang sehat dengan berbagai kombinasi, baik pola makan, maupun pola gerak fisik, napas, dan pikiran.”


Jenis Olahraga Paling Baik untuk Jantung

Terkait jenis olahraga yang paling baik bagi jantung, Ade menyebut bahwa kombinasi cardiovascular exercise dan latihan beban adalah jawaban yang tepat.

“Misalnya mau lari mau naik sepeda itu bagus cuma jangan lupa latihan beban juga, boleh push up, squat, plank. Jadi latihan otot rangka dan latihan otot jantung adalah dua jenis olahraga yang harus dilakukan untuk kesehatan jantung.”

Ia juga mengingatkan tentang mentalitas kambing hitam. Misalnya, anggapan bahwa tubuh akan sehat hanya karena olahraga lari saja, badan akan sehat hanya karena angkat beban saja, orang meninggal karena kebanyakan futsal.

“Ini salah, karena setiap kali ada kesehatan dan kesakitan kita selalu mencari ‘kambing hitam’ untuk disampaikan pada masyarakat. Padahal, kesakitan atau kesehatan adalah konsekuensi dari akumulasi investasi perilaku kita,” pungkasnya.

     

 


Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya