Lesti Kejora Melahirkan di Usia Kehamilan 34 Minggu, Kenali Faktor Risiko Kelahiran Prematur

Komplikasi kelahiran prematur adalah penyebab utama kematian pada anak di bawah usia 5 tahun

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Des 2021, 16:00 WIB
Diterbitkan 27 Des 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi Bayi Prematur
Ilustrasi Bayi Prematur Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta - Lesti Kejora dikabarkan melahirkan anak pertamanya dengan Rizky Billar pada Minggu, 26 Desember 2021, malam. Kelahiran bayi pertama Rizky Billar dan Lesti Kejora harus dipercepat lantaran kondisi dari Lesti. 

"Setelah periksa CTG, observasi, kontraksinya banyak. Akhirnya disarankan dirawat saja," kata Puspa, dokter yang mengawal Lesti Kejora, dikutip dari YouTube Leslar Entertainment, Senin (27/12/2021).

Kelahiran prematur merupakan kelahiran yang terjadi sebelum minggu ke-37 atau lebih awal dari hari perkiraan lahir. Kondisi ini terjadi ketika kontraksi rahim mengakibatkan terbukanya leher rahim (serviks), sehingga membuat janin memasuki jalan lahir.

Gejala kelahiran prematur hampir serupa dengan gejala atau tanda mau melahirkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menjadi Penyebab Utama Kematian Anak di Bawah 5 tahun

 Penyebab umum kelahiran prematur diantaranya kehamilan anak kembar, infeksi dan kondisi kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Namun, seringkali tidak ada penyebab yang teridentifikasi. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sebanyak 15 juta bayi lahir terlalu dini setiap tahun. Sekitar 1 juta anak meninggal setiap tahun karena komplikasi kelahiran prematur. 

 


Bayi Prematur Dapat Diselamatkan

Mencegah kematian dan komplikasi dari kelahiran prematur dapat dimulai dengan kehamilan yang sehat. Perawatan berkualitas sebelum, di antara dan selama kehamilan akan memastikan semua wanita memiliki pengalaman kehamilan yang positif. 

Pedoman perawatan antenatal WHO mencakup intervensi kunci untuk membantu mencegah kelahiran prematur, seperti:

  • konseling tentang diet sehat dan nutrisi optimal, serta penggunaan tembakau dan zat.
  • pengukuran janin, termasuk penggunaan ultrasound untuk membantu menentukan usia kehamilan dan mendeteksi kehamilan ganda.
  • minimal 8 kontak dengan profesional kesehatan selama kehamilan untuk mengidentifikasi dan mengelola faktor risiko lain, seperti infeksi. 

Jika kelahiran prematur tidak dapat ditunda dengan penanganan awal, atau jika janin serta ibu dalam kondisi yang mengancam nyawa, maka proses persalinan akan dimulai. Dokter kandungan mungkin menyarankan kepada ibu hamil untuk melahirkan secara operasi caesar.

Reporter: Lianna Leticia


Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19
Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya