Nol Kematian Ibu Hamil di RSUP Persahabatan Selama Gelombang COVID-19 Omicron

Ibu hamil dengan COVID-19 yang dirawat di RSUP Persahabatan di gelombang Omicron keluar dalam keaaan sehat, Hal ini berbeda dibandingkan pada saat gelombang Delta menghantam RI pada pertengahan 2021.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 13 Mar 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil/ Pexels
Ilustrasi Ibu Hamil (Foto oleh Dahlak Tarekegn dari Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis forensik RSUP Persahabatan Putri Diana Ika Meilia mengatakan di rumah sakit tempatnya bekerja belum ada kematian ibu hamil yang terpapar COVID-19 di gelombang yang didominasi varian Omicron saat ini.

"Di (RSUP) Persahabatan, untuk kematian maternal untuk di gelombang sekarang alhamdulillah belum ada. Tidak ada, insyaAllah," kata Putri dalam webinar pada 8 Maret 2022.

Hal ini berbeda dibandingkan pada saat gelombang Delta menghantam RI pada pertengahan 2021. Saat itu, kata Putri, ada delapan ibu hamil pasien COVID-19 yang meninggal dalam perawatan di rumah sakit yang terletak di Jakarta Timur itu.

Putri menambahkan, memang pada gelombang ketiga COVID-19 ini ada satu ibu hamil yang meupakan pasien COVID-19 di RSUP Persahabatan alami Intrauterine Fetal Death (IUFD). Ini adalah suatu kondisi janin meninggal setelah usia kehamilan 20 minggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Efek Omicron Beda dengan Delta

RSUP Persahabatan sebagai fasilitas kesehatan rujukan untuk COVID-19 merawat ibu hamil yang terpapar COVID-19. Biasanya, ibu hamil yang dirujuk ke sini karena rumah sakit pengirim tidak memiliki fasilitas memadai untuk merawat yang baik seperti disampaikan dokter spesialis paru Erlina Burhan di kesempatan yang sama.

Berdasarkan pengalaman praktiknya selama ini, Erlina mengatakan bahwa kondisi ibu hamil dengan COVID-19 yang datang ke RS dalam keadaan tidak terlalu parah. Erlina memprediksi hal ini karena virus Omicron bereplikasi lebih banyak di saluran napas atas. 

"Barangkali ini membuat tidak separah saat Delta," kata Erlina."Sehingga angka kematian pada ibu hamil tidak parah seperti gelombang Delta," lanjutnya.

 


Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19.

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya