Tak Hanya Lezat, Selai Kacang Juga Kaya Manfaat Sehat

Selai kacang enak dioleskan ke roti atau dicampur dalam oatmeal Anda. Tak hanya lezat, ternyata selai kacang juga simpan berbagai manfaat.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Okt 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2022, 09:00 WIB
Racikan Jus untuk Menambah Berat Badan
Selai Kacang / Sumber: iStock

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang doyan kacang-kacangan, selai kacang bisa menjadi alternatif produk olahan kacang agar tak bosan. Tak hanya kaya rasa, selai kacang juga kaya manfaat.

Selai kacang dapat dikonsumsi bersama berbagai makanan lain seperti crepes, roti, maupun oatmeal. Selai kacang mengandung lemak baik yang bagus bagi tubuh. Bahkan, selai kacang tetap bisa dikonsumsi saat diet.

Beberapa kelebihan dan manfaat selai kacang bagi kesehatan menurut situs WebMD yaitu:

1. Mengontrol Berat Badan

Benar bahwa kacang memiliki banyak lemak. Akan tetapi, itu tidak berarti Anda harus menghindarinya.

Protein dan serat yang tinggi membuat Anda merasa kenyang dan berenergi. Ini menyebabkan Anda makan lebih sedikit kalori sehingga berat badan turun.

Kacang-kacangan juga dapat membantu tubuh Anda membakar lebih banyak energi bahkan ketika sedang istirahat.

Jika sedang diet, Anda bisa tetap makan kacang. Hanya saja, jangan berlebihan.

2. Kaya Akan Lemak Baik Untuk Menstabilkan Gula Darah

Sebagian besar lemak dalam kacang-kacangan tidak jenuh, yang lebih baik untuk Anda daripada lemak jenuh dalam daging atau lemak trans dalam berbagai makanan olahan. Lemak baik dapat membantu menstabilkan gula darah serta hormon yang mengaturnya yaitu insulin.

3. Kaya Akan Nutrisi

Bukan hanya protein tinggi, serat, dan lemak sehat yang baik untuk Anda. Kacang-kacangan juga memiliki banyak nutrisi lain seperti Vitamin E dan B6, asam folat, niasin, magnesium, seng, tembaga, dan kalium.

Pastikan lihat komposisi pada merek selai kacang sebelum mengonsumsinya. Beberapa merk menambahkan garam, gula, pengawet, dan lemak tidak sehat yang menimbulkan berbagai dampak negatif. Pilihlah selai kacang alami tanpa gula tambahan atau pengawet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Kaya Akan Antioksidan

Ilustrasi Selai Kacang
Ilustrasi selai kacang (dok. Pixabay.com/Shutterbug75/Putu Elmira)

Selai kacang kaya akan antioksidan termasuk mineral seperti selenium dan mangan, vitamin C dan E, serta flavonoid, fenol, polifenol, dan zat lainnya. Mereka bekerja sebagai tim untuk membantu melindungi sel Anda.

Inilah alasan mengapa orang yang makan lebih banyak kacang dan selai kacang memiliki jantung yang lebih sehat. Kandungan ini bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari kanker usus besar.

5. Menjaga Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat mengeraskan arteri serta menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Almond, kenari, dan kacang lainnya dapat menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

Tubuh memproduksi sebagian besar kolesterol. Akan tetapi, sebagian didapatkan dari makanan yang Anda makan.

6. Mencegah dan Mengontrol Diabetes Tipe 2

Ini karena kacang-kacangan dapat mengontrol kenaikan berat badan serta tingginya kadar gula (glukosa) dan lemak (lipid) dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit.

Kacang-kacangan juga dapat menjaga lapisan pembuluh darah (endotelium) agar tetap elastis dan sehat. Dengan demikian mengonsumsi selai kacang dapat mencegah masalah jantung yang berhubungan dengan diabetes.


7. Mencegah Penyakit Jantung

Ilustrasi crepes pisang selai kacang
Ilustrasi crepes pisang selai kacang (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Penyakit jantung yang juga disebut penyakit kardiovaskular terjadi ketika pembuluh darah mengeras (aterosklerosis) yang melemahkan jantung dan menyebabkan gagal jantung. Tak hanya itu, ini juga dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, atau detak jantung tidak teratur (aritmia).

Akan tetapi, orang yang makan lebih banyak kacang atau selai yang terbuat dari kacang cenderung tidak mengalaminya. Sekitar 28 gram atau 2 sendok makan selai kacang, dua kali seminggu, tampaknya cukup untuk membantu.

8. Kaya Akan Magnesium

Mineral ini baik untuk saraf, otot, tulang, gula darah, tekanan darah, dan bahkan materi genetik atau DNA. Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, dan kacang tanah, serta selai yang dibuat dari kacang mengandung banyak magnesium.

Beberapa jenis selai kacang yang baik bagi tubuh yaitu:

1. Selai Almond

Selai almond merupakan sumber vitamin B7 yang juga disebut biotin. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu tubuh memproses lemak, gula, dan protein yang dikonsumsi. Ini juga membantu mempertahankan kestabilan gula darah serta menjaga kesehatan kulit.


2. Selai Mete

Kacang Almond yang Direndam
Ilustrasi Almond Credit: pexels.com/Karolina

 

 

Secara teknis, mete bukan kacang melainkan biji dari sejenis apel. Buah apel sendiri adalah kelezatan yang sangat berharga di daerah pesisir Brasil tempatnya tumbuh.

Baik Anda menyebutnya kacang atau biji, mete adalah sumber tembaga yang bagus bagi tubuh untuk menyehatkan jaringan dan darah, serta menghasilkan energi. Mete juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan.

3. Selai Kacang Brazil

Kacang Brazil adalah sumber selenium yang sangat baik. Ini karena ia membuat kelenjar tiroid bekerja, membantu tubuh membuat materi genetik (DNA), dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selenium juga melindungi sel-sel dari partikel perusak yang disebut radikal bebas. Orang-orang dengan asupan selenium rendah lebih mungkin terserang beberapa jenis kanker.

4. Selai Kacang Kenari

Kacang kenari adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 non-hewani terbaik yang menyehatkan jantung. Kenari mengandung asam alfa-linolenat (ALA) yang bertindak sebagai blok bangunan untuk jenis omega-3 lainnya.

Selai kadang memang tidak selalu mudah ditemukan di toko, tetapi Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya