Pengobatan Wasir dengan Flash Optical Laser, Pasien Ambeien Bisa Langsung Pulang Setelah Tindakan

Salah satu pengobatan wasir atau ambeien yang modern adalah falsh optical laser

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 31 Jan 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi ambeien
Ilustrasi Ambeien atau Wasir (Photo by atlascompany on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Wasir atau yang lazim dikenal masyarakat awam dengan ambeien bisa terjadi karena adanya pembengkakan atau peradangan pada pembuluh darah balik (vena) di area sekitar anus (rektum) bagian bawah.

Meski penyakit yang dalam istilah medis disebut hemoroid bukan kondisi medis yang berat, tapi ambeien dapat mengurangi kualitas hidup seseorang.

Penyebab Wasir atau Ambeien

Dokter spesialis bedah dari Vena Wasir Center, dr Mozart SpB menjelaskan bahwa wasir disebabkan oleh peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di area sekitar anus. Salah satu pemicu tekanan tersebut adalah karena mengejan terlalu keras.

"Faktor lain yang dapat memicu terjadinya wasir antara lain, sembelit berulang, kehamilan, obesitas, usia lanjut, kebiasaan duduk terlalu lama dan mengangkat beban berat," kata Mozart dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 31 Januari 2023.

Umumnya, lanjut Mozart, wasir ditandai dengan gejala buang air besar (BAB) berdarah, gatal atau iritasi pada area sekitar anus, nyeri serta ketidaknyamanan pada anus, dan munculnya pembengkakan di sekitar anus.

Cara Mengobati Wasir

Pemeriksaan fisik dengan menggunakan anuskopi merupakan pemeriksaan paling akurat dan paling mudah untuk membedakan diagnosis penyakit wasir dengan penyakit lainnya, seperti kanker kolorektal.

Menurut Mozart terdapat berbagai cara mengobati wasir, yaitu dengan cara konvensional dan modern.

 


Cara Modern Mengobati Wasir atau Ambeien

Ilustrasi wasir
Ilustrasi wasir atau ambeien Image by Darko Djurin from Pixabay

Lebih lanjut dijelaskan Mozart bahwa cara konvensional untuk mengobati ambeien atau wasir masih memiliki risiko nyeri dan komplikasi pasca-operasi.

Namun, berkat teknologi yang semakin canggih, saat ini pengobatan wasir dapat dilakukan dengan cara modern atau dengan teknik Flash Optical Laser (FOL).

"Cara kerja Flash Optical Laser yaitu mengempeskan dengan energi sinar laser. Jika dibandingkan dengan konvensional, FOL lebih minim risiko, nyeri minimal, penyembuhannya lebih cepat, dan relatif lebih nyaman karena pasca-tindakan dengan FOL ini, pasien bisa beraktivitas seperti biasa," katanya.

Pemeriksaan Wasir

Meski begitu dia mengingatkan untuk menjalani pola gaya hidup sehat dan tidak ragu atau malu melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Sebab, kata Mozart, masih banyak penderita wasir merasa malu untuk melakukan pemeriksaan. Padahal, masalah kesehatan satu ini sebenarnya cukup umum terjadi.

 


Metode Flash Optical Laser

20170515-Panduan terapkan feng shui di kubikel kantor
Duduk Terlalu Lama Dapat Menyebabkan Terjadinya Wasir atau Ambeien (Image: Freepik)

Mozart, mengatakan, dengan melakukan pemeriksaan, wasir harus segera mendapatkan penanganan yang tepat dan menghindari risiko masalah kesehatan lainnya.

Sementara itu, Direktur Klinik Vena Wasir Center, Abdur Rahman S I Kom, mengatakan, metode Flash Optical Laser hadir sebagai metode unggulan di Klinik Vena Wasir Center dalam mengatasi masalah pada anorektal (anus).

"Penggunaan metode ini prosesnya sangat singkat dengan penanganan one day care yang artinya pasien bisa langsung pulang setelah tindakan, tanpa harus rawat inap," ujarnya.

INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya